Cara Bisnis Ikan Hias yang Dapat Membuahkan Hasil Jutaan

  • by

Berbagai macam bisnis pada saat ini memang banyak yang menguntungkan salah satunya Bisnis Ikan Hias, baik itu ikan hias air tawar atau air laut.

Berikut kita akan membahas tentang bagaimana cara bisnis ikan hias dimulai dari tempat pembudidayaan hingga pembibitannya. Oleh karena itu, simak artikel yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Bisnis ikan hias mulai dari menyiapkan tempat untuk pembudidayaan seperti akuarium kaca, mengenal jenis ikan hias serta harga nya sendiri.

Jenis Ikan Hias

  1. Ikan Mas Koi
    Bisnis Ikan HiasIkan Koi ini merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar yang berwarna cerah. Ciri-ciri ikan Mas Koi ini adalah mata nya yang agak keluar dan menonjol.
  2. Ikan Arwana
    Bisnis Ikan HiasJenis ikan kali ini adalah ikan yang memiliki banyak nama selain Arwana contohnya Ikan Naga, Ikan Payang, Siluk, Silok, Kalikasa, kalasa dan khayangan. Ikan ini bertubuh besar dengan sisik yang mengkilat.Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias tercantik dan sangat digemari oleh para pecinta ikan hias. Warna-warna nya yaitu arwana super red, ikan arwana silver, dan ikan arwana golden red.Untuk harga ikan arwana sangat bervariasi Dilihat dari jenis warnanya. Untuk harganya, Mulai dari Rp50.000;. Ada juga ikan Arwana dengan harga yang sangat mahal sampai jutaan rupiah.
  3. Ikan Cupang
    Bisnis Ikan HiasIkan Cupang mempunyai nama lain yaitu Beta Splendens dan ikan ini memiliki bentuk badan yang memanjang dan mempunyai warna yang beraneka ragam seperti coklat, hijau, merah, biru, kuning, abu-abu dan putih.Sirip Ikan Cupang akuarium tanpa oksigen ini berbentuk panjang menjuntai hingga terlihat seperti seluruh tubuh ikan tertutupi sirip yang berwarna-warni.Ikan cupang tidak disarankan untuk berada dalam tempat yang sama dengan ikan cupang lainnya. Karena jika ikan-ikan tersebut di satukan tempatnya maka mereka akan saling serang satu sama lain.
  4. Ikan Guppy
    Bisnis Ikan HiasIkan Guppy biasanya dipelihara karena ikan ini memiliki keindahan warna dan bentuk siripnya. Salah satu jenis ikan aquascape terbaik ini sangat cocok untuk dipelihara dalam akuarium kecil dan tanpa oksigen di akuarium.Ukuran ikan guppy sekitar 2,3 cm-5 cm untuk ikan guppy jantan dan untuk ikan guppy betina bisa mencapai 4 cm-6 cm.
    Ikan guppy yang terkenal yaitu ikan guppy dragon, ikan guppy koi, ikan guppy dragon, dan ikan guppy cobra. Untuk harga mulai dari 35ribu-an hingga 45ribu-an.

Jenis Ikan Hias

  1. Ikan Louhan
    Bisnis Ikan HiasIkan hias yang bernama Ikan Louhan ini memiliki warna yang cantik dengan benjolan di kepala yang menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan ini. Seringkali ikan louhan disebut sebagai ikan jenong.Semakin besar benjolan yang ada, semakin tinggi pula nilai jual ikan ini.Jenis ikan yang biasa dipelihara yaitu ikan louhan kamfa, ikan louhan cencu, ikan louhan srd, dan ikan louhan bonsai. Harga dari ikan louhan dewasa sangat mahal dengan dipatok hingga jutaan rupiah. Namun harga ikan louhan kecil masih murah.
  2. Ikan Koi
    ikan koiIkan koi masih mempunyai hubungan kerabat dengan ikan Mas dan ikan Mas Koki. Tubuh ikan ini bulat memanjang menyerupai torpedo.Ikan koi ini biasanya berwarna hitam, putih, merah, kuning, perak dan keemasan. Ikan ini tidak mempunyai kemampuan menyimpan kelebihan makanan dalam bentuk lemak. Karena itu, untuk memelihara ikan koi harus memberi makan sedikit-sedikit namun sering. Untuk harga mulai 40ribu-an hingga ratusan ribu.
  3. Ikan Komet
    Bisnis Ikan Hias kometIkan komet hampir mirip dengan ikan mas dan ikan mas koki. Dan ikan ini kerap disebut ikan slayer karena bentuk sirip dan ekornya seperti slayer.Warna ikan komet juga sangat cantik. Untuk harga, ikan komet dipatok Rp5.000; hingga Rp60.000;.

Jenis Ikan Hias

  1. Ikan Platy
    Bisnis Ikan Hias platyIkan platy adalah salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar tercantik karena memiliki warna cerah. Tubuh ikan ini besar dan mempunyai bibir yang imut.Jenis ikan platy mulai dari ikan platy pedang atau swordfish, ikan platy micky mouse karena bermuka mirip tokoh kartun micky mouse, ada ikan platy gold wagtail, dan ikan platy red ballon hiffin. Untuk harga ikan platy kisaran Rp2.000 hingga Rp5.000.
  2. Clown Fish
    Bisnis Ikan HiasClown fish atau ikan Badut ini adalah jenis ikan hias yang hidup di air laut. Ikan ini terkenal karena film Finding Nemo. Untuk dapat merawat ikan ini cukup mudah. Masukkan terumbu karang di akuarium agar mereka merasa nyaman.
  3. Ikan Diskus
    Bisnis Ikan HiasIkan diskus atau Symphysodon aequifasciata memiliki bentuk bulat pipih seperti piring yang telungkup. Salah satu ikan hias populer ini disukai oleh banyak orang. Hal ini karena ini ikan air tawar ini bisa dicampur dengan ikan lainnya dalam satu akuarium.

Setelah melihat jenis dan harga yang sangat tinggi dan terkadang tidak masuk pada logika apabila seseorang membeli ikan hias dengan harga jutaan, maka dari itu melakukan bisnis ikan hias ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Berikut adalah hal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis ikah hias ini.

Hal Yang Harus Disiapkan Ketika Memulai Bisnis Ikan Hias

  1. Tempat Memulai BisnisHal ini sangat perlu untuk anda pertimbangkan, karena hal ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap kelangsungan serta perjalanan bisnis anda. Seperti tempat-tempat ramai dan banyak orang berlalu-lalang mampu memberikan promosi dan menarik minat para calon-calon konsumen. Jika ada Anda juga perlu memiliki relasi pecinta ikan hias maupun penggagas komunitasnya. Dengan begitu, akan memberikan peluang tambahan bagi anda untuk usaha dan berkembang.
  2. Pangsa Pasar Ikan Hias
    Usaha ikan hias mempunyai target yang tidak dipengaruhi oleh usia. Karena hal ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki hak yang sama dalam menyukai hobi satu ini. bahkan, juga dari berbagai kalangan juga dapat menyukai ikan hias ini. maka dari itulah, anda mempunyai yang peluang besar dalam melancarkan usaha ikan hias ini.Tetapi anda harus mencoba mengerti tentang keinginan konsumen dan memiliki wawasan lebih mengenai ikan hias agar mendapatkan kriteria hingga langkah tepat untuk memulai usaha ikan hias ini.

Memulai Bisnis Ikan Hias

  1. Mengenal Hal-Hal Tentang Ikan HiasBanyak peralatan yang harus anda ketahui dan harus memilikinya demi memperlancar usaha ikan hias ini. Salah satunya adalah aquarium tempat tinggal ikan, pompa air, filter, jaring, hingga assesoris untuk mempercantik aquarium.Karena peralatan yang anda miliki sudah lengkap, maka akan semakin giat serta meyakinkan anda dalam menjalankan usaha ikan hias, tak hanya itu anda juga akan semakin mudah menjaring pelanggan.
  2. Pahami Jenis dan Nama Ikan HiasSeperti yang sudah kita bahas diatas. Ada kurang lebih 700 macam ikan hias di perairan Indonesia, Tetapi memang ada yang harus dilindungi, dan ada juga yang boleh di kembang biakan. Sama dengan pangsa pasar yang beragam, pelanggan pun juga akan hadir dari berbagai kalangan.
    Untuk kelas menengah ke bawah contohnya, anda bisa menjual ikan hias jenis cupang, koi, seperti yang sudah kita bahas diatas. Untuk kalangan menengah ke atas ada yang tertarik pada ikan louhan, arwana, dan masih banyak lagi yang lainnya yang sudah kita bahas.Dari hal itulah anda mampu mengenali pangsa pasar lebih luas untuk lebih mengetahui minat masing-masing pelanggan.

Bisnis Ikan Hias

  1. Teknik PerjodohanHal ini merupakan bagian penting yang harus dipelajari adalah bagaimana cara mengembangbiakkan ikan-ikan tersebut.
  2. Mencari Bibit
    Bibit adalah hal penting. Carilah informasi ke berbagai tempat. Setelah mendapatkan berbagai pengalaman anda akan menemukan bibit yang pas.Bibit yang pas akan menghasilkan anakan yang pas. Hasil dari bibit anakannya bisa anda jual dengan harga tinggi, tentunya mendapatkan untung lebih besar.
  3. Promosi Ikan HiasAnda perlu mempromosikan ikan hias sebagai usaha. Ada banyak macam cara yang bisa anda jadikan contoh jitu dalam memperlancar usaha ikan hias ini. Contohnya anda bisa memanfaatkan media sosial, dan anda juga bisa mengenalkan berbagai macam ikan hias dengan lengkap. Mulai dari nama, jenis ikan, foto, hingga harga yang anda cantumkan.
  4. Nilai Tambah UsahaSalah satu contoh nilai tambah usaha anda adalah anda bisa memberikan layanan seperti pesan-antar untuk para pelanggan yang sangat berminat namun tidak memiliki banyak waktu dalam membeli secara langsung. Jadi anda dapat untuk mengambil bola, dan tidak hanya menunggu bola.Cara lainnya seperti menambahkan paket makanan hingga aksesoris ikan agar pelanggan lebih mudah dalam mengatur ketersediaan makanan ikannya. Karena adanya ini maka konsumen anda dapat menggunakan jadwal makanan ikan yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

Ikan Hias Termahal Di Dunia

 

  1. Arwana Platinum (Rp5,5 Milyar)
    Menjadi ikan hias paling langka dan banyak diminati, Arwana Platinum saat ini menjadi jenis ikan hias yang paling mahal di dunia. Jenis ikan air tawar yang bisa ditemukan di perairan Afrika, Amerika Serikat hingga Asia Tenggara ini memiliki harga yang sangat paling fantastis untuk saat ini. Bukan hanya itu saja, Arwana Platinum bahkan biasanya memiliki chip khusus di dalam tubuhnya, peralatan ini ditanam dengan tujuan untuk membedakannya dari ikan lainnya.
  2. Peppermint Angelfish (Rp400 Juta)
    Ikan hias yang satu ini menjadi salah satu yang terlangka, bahkan diperlihatkan untuk terakhir kalinya di tahun 2012 kepada khalayak ramai. Corak unik berwarna garis merah dan putih di tubuhnya membuat Peppermint Angelfish begitu menarik, ditambah lagi dengan tingkat kesulitan mendapatkannya yang harus menggunakan kendaraan khusus yang bisa mencapai kedalaman tertentu di bawah laut.
  3. Bladefin Basslet (Rp135 Juta)
    Memiliki ukuran rata-rata 1,5 inchi saja, Bladefin Basslet memang begitu mungil dan tentunya sulit ditangkap. Ikan ini bisa ditemukan di perairan dalam sekitar Karibia dan biasanya hanya hidup di celah-celah karang yang terdapat di dasar laut saja. Untuk membawa pulang ikan hias yang mungil ini.
  4. Golden Basslet (Rp110 Juta)
    Ikan laut yang tergolong pemalu ini bisa ditemukan di sekitar perairan Pasifik dan juga Atlantik. Sifatnya yang pemalu membuatnya betah berlama-lama di tempat persembunyian, sehingga semakin sulit untuk ditemukan. Untuk mendapatkan Golden Basslet biasanya akan dibutuhkan perangkap yang dibuat secara khusus.
  5. Neptune Grouper (Rp80 Juta)
    Neptune Grouper merupakan ikan hias yang hidup di laut yang dalam, meskipun sesekali bisa ditemukan di area yang sedikit dangkal. Ikan ini memiliki corak yang beragam, bahkan bisa berbeda ketika masih muda dan ketika sudah dewasa. Jika di usia muda ikan ini bercorak kekuningan dan juga oranye, maka ketika dewasa corak ini akan berubah menjadi merah kekuningan.

Ikan Hias Termahal Di Dunia

  1. Nami Green Arowana (Rp70 Juta)
    Meski tidak menjadi jenis arwana yang paling langka, Nami Green Arowana juga sudah mengalami penurunan populasi yang sangat tinggi saat ini. Ikan air tawar yang tadinya cukup banyak ditemukan di perairan air tawar Asia ini sudah semakin sulit ditemukan, karena banyak yang menjadikannya target buruan. Hal ini juga membuat harganya semakin tinggi di pasaran.
  2. Australian Flathead Perch (Rp67 Juta)Menjadi salah satu ikan hias yang sulit ditangkap, Australian Flathead Perch memang lebih senang bersembunyi di celah karang. Ikan ini bahkan hanya akan keluar sesaat saja, yakni ketika mereka sedang mencari makan.  Jika ingin mendapatkannya, menyelam ke dasar laut adalah hal yang tidak bisa ditawar. Dengan tingkat kesulitan seperti ini, wajar saja jika harga Australian Flathead Perch ini bisa semahal itu.
  3. Wrought Iron Butterflyfish (Rp32 Juta)
    Ikan yang hanya berukuran sekitar 6 inchi ini termasuk jenis ikan mungil dan pada umumnya mudah ditemukan di perairan Jepang. Tergolong ke dalam jenis Butterflyfish, Wrought Iron Butterflyfish juga terbilang lincah dan gerakannya begitu menarik.  Wrought Iron Butterflyfish memiliki warna dasar hitam keabu-abuan dengan tambahan garis yang berwarna kuning terang di sekitar area siripnya.

Ikan Hias Termahal Di Dunia

  1. Clarion Angelfish ( Rp 30 Juta)
    Ikan hias yang satu ini bisa ditemukan di area pantai lepas Pasifik Meksiko, Kepulauan Revillagigedo, tepatnya di sekitar pulau Cipperton yang terpencil. Meski ukurannya terbilang kecil, Clarion Angelfish memang memiliki warna yang cantik dan cerah, sehingga sangat menarik minat para kolektor. Untuk memelihara ikan ini, dibutuhkan izin resmi dari pemerintah Meksiko.
  2. Candy Basslet ( Rp 14 Juta)
    Ikan hias air asin ini bisa ditemukan di sepanjang Pantai Curacao di perairan Karibia. Ikan langka ini termasuk dalam kelompok ikan hias yang kaya akan warna yang sangat beragam, namun terbilang sulit ditemukan.Kemampuannya yang baik dan senang bersembunyi di antara celah karang membuat Candy Basslet hanya bisa ditemukan di titik tertentu saja. Bahkan untuk mendapatkannya, dibutuhkan perjuangan yang kuat untuk menyelam ke bawah lautan. Namun saat ini Candy Basslet sudah mulai dibudidayakan, sehingga bisa dibeli langsung pada penangkarnya.

Cara Memelihara Ikan Hias Dalam Akuarium

1. Jenis ikan
Pilihlah ikan yang mudah dipelihara, jenis ikan hias air tawar lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan jenis ikan hias air laut.

2. Ukuran akuarium

Hal penting yang juga harus diperhatikan adalah ukuran akuarium. Ukuran akuarium sebaiknya mengikuti ukuran ikan hias yang ingin dipelihara. Jangan sampai terlalu sesak sehingga ikan mudah mati.

3. Pemilihan jenis dan kualitas air

Kualitas adalah komponen penting dalam pemeliharan ikan hias. Kondisi air yang baik akan membuat ikan hias tetap sehat, sebaliknya jika kondisi air buruk maka kesehatan ikan pun ikut terganggu.

4. Pakan ikan hias

Asupan makanan untuk ikan hias juga tidak kalah pentingnya dengan kualitas air. Pakan olahan banyak ditemukan di toko khusus penyedia pakan ikan, Anda juga bisa memberikan pakan alami seperti kutu air, cacing sutra, jentik nyamun dan jenis lainnya.

5. Perawatan akuarium

Untuk menjaga agar air tetap bersih dan sehat maka perlu dilakukan penggantian air minimal sekali seminggu. Sisakan sekitar 25% air dalam akuarium sebelum menambahkan air baru.