Cara Membuat Gelato Tanpa Ribet, Dijamin Anti Gagal!

cara membuat gelato

ice crePada kesempatan kali ini, saya akan membagikan artikel dengan judul Cara Membuat Gelato Tanpa Ribet, Dijamin Anti Gagal!. Seperti yang telah tertera di dalam judul, selain cara membuatnya, saya juga akan memberikan beberapa tips dalam membuatnya supaya berhasil dalam sekali percobaan!

Apa itu Gelato?

Gelato, siapa yang tidak kenal dengan es krim hits yang satu ini? Pasti kebanyakan dari kalian sudah pernah mencobanya bukan? Walaupun asalnya dari Negara Spaghetti, yakni Italia. Namun, walaupun makanan hits ini sudah buka gerai di Indonesia, tidak semua daerah memiliki gerai gelato lho!

Jangan sedih dulu! Kini, kalian bisa membuat gelato sendiri di rumah tanpa perlu merogoh kocek banyak ke caffe. Sebelum beranjak ke tips dan cara membuatnya, yuk simak dulu mengenai apa sih gelato itu?

Gelato berasal dari kata congelato dalam bahasa Italia, yang berarti beku. Sedangkan congelare berarti membekukan yang menjadi proses utama dalam pembuatan gelato.

Gelato umumnya memiliki lebih banyak varian rasa daripada dessert beku lainnya, memiliki kepadatan dan rasa yang membedakannya daripada es krim lain. Gelato dapat disajikan layaknya es krim pada umumnya, seperti dalam cup, con, gelas, topping roti, dan wadah lainnya.

Perbedaan Cara Membuat Gelato, Es Krim, dan Sorbet?

Masih adakah beberapa dari kalian yang menganggap bahwa gelato adalah es krim bungkusan yang dijual di swalayan? Tentu saja bukan.

Atau adakah yang masih menganggap bahwa es krim Turki (Sorbet) adalah gelato? Berbeda lho.

Bukankan sama saja ya? Nah sebelum salah kaprah, mari kita bahas terlebih dahulu perbedaan antara Gelato, Es Krim, dan Sorbet di bawah ini dilansir dari berbagai sumber:

Gelato

cara membuat gelato

Gelato dibuat dari bahan-bahan seperti susu, gula, kuning telur, dan air. Karena bersifat ‘homemade’, dalam hal bahan baku gelato lebih dinamis dibanding dengan es krim lainnya.

Gelato ini diolah dengan pengadukan berkecepatan pelan. Sehingga membuat teksturnya lebih padat. Kemudian dibekukan pada suhu yang lebih panas dibanding dengan es-es lainnya, sekitar -10 derajat Celcius. Dengan suhu ini, gelato lebih tak tahan lama dan mudah cair. Jadi, ketika diambil untuk di-serving tidak perlu memerlukan effort yang besar.

Es Krim

cara membuat gelato

Es Krim sesuai dengan namanya, memiliki rasa krim yang sangat kuat. Bahan bakunya, selain bahan utama krim, yakni susu full cream, dan campuran kuning telur. Proses pencampuran bahan-bahan ini yaitu dengan diaduk secara cepat dan kuat.

Umumnya cara membuat es krim tidak lagi manual, tetapi sudah menggunakan bantuan mesin. Hal ini membuat lebih banyak gelembung udara yang masuk ke dalam bahan yang sedang diaduk. Sehingga es krim memiliki tekstur yang lebih berbusa.

Sorbet

cara membuat gelato

Dalam sejarahnya sorbet adalah makanan yang dibuat dari salju. Jadi, teksturnya layaknya serbuk es atau yang umum kita ketahui di Indonesia adalah es serut. Bahan baku sorbet modern sangatlah sederhana karena hanya terdiri dari air, buah, dan gula.

Proses pembuatannya hampir menyerupai cara membuat gelato, hanya saja menghilangkan unsur susu, krim, dan kuning telur. Sorbet juga terkenal dengan rasa buahnya yang dominan.

Fakta Unik Seputar Gelato

Setelah mengetahui bahwa sebenarnya gelato dan es krim berbeda, yuk kita simak fakta-fakta unik dan menarik mengenai Gelato yang telah dihimpun dari berbagai sumber berikut ini!

  1. Menurut Morgan Morano pakar dalam gelato, gelato ini memiliki tekstur yang lebih lembut, halus, dan padat daripada es krim. Hal ini dikarenakan, gelato menyimpan sedikit udara dalam proses pengadukan, dan lemak susu yang dikandung dalam gelato lebih sedikit.
  2. “Lemak susu melapisi langit-langit dalam mulut pada jumlah yang sedikit, anda jadi bisa mencicipi rasanya lebih cepat,” kata Morgan Morano, dikutip dari NPR.
  3. Gelato harus disimpan pada tempat yang memiliki suhu sedikit lebih hangat daripada es krim. Jika es krim biasanya disimpan dalam suhu antara -17 sampai -12 derajat Celcius, maka gelato idealnya disimpan dalam suhu antara -13 sampai -9 derajat Celcius.
  4. Pada temperatur yang lebih hangat, mengartikan bahwa gelato bertekstur lembut, halus, dan lebih memanjakan indera perasa. Dalam kondisi suhu seperti ini menyebabkan lidah kita lebih rileks (tidak kaget saat memakannya). Sehingga, dapat lebih merasakan kelezatan tiap suapannya.
  5. Jika kalian ingin gelato yang tampak autentik untuk difoto, jangan membelinya dari kedai yang menggunakan scoop es krim untuk mengambil gelatonya, ya! Karena ternyata gelato seharusnya diambil menggunakan sendok kayu datar layaknya sekop.
  6. Setiap tahun, berbagai tim dari seluruh dunia berkompetisi dalam Gelato World Cup. Sebutan untuk kompetisi ini di Italia adalah Coppa del Mondo della Gelateria yang berarti, Piala Dunia Gelato.

Tips Membuat Gelato Anti Gagal

Alangkah sebalnya apabila kita sudah meluangkan waktu dan uang untuk membuat es krim gelato, namun gagal. Es menjadi kurang padat, tidak lembut, dan bahkan cepat sekali mencair. Padahal sudah mengikuti resep melalui internet. Kenapa masih bisa gagal? Nah, untuk meminimalisir kegagalan tersebut sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tips-tips cara membuat gelato di bawah ini:

1. Menggunakan Susu yang Rendah Lemak

Es krim memiliki bahan utama susu yang mengandung lemak. Lemak inilah yang menjadikan es krim kita lembut dan lezat. Oleh karena itu, saat membeli bahan baku untuk membuat es krim gelato ini pastikan kamu memilih susu full cream atau full fat ya!

Apa yang terjadi ketika kita menggunakan susu low fat, selain menjadikan es krim kurang enak? Saat dibekukan, es krim tidak akan membeku dengan sempurna. Jadi, jika kalian tidak ingin mengonsumsi es krim dengan susu full cream ini, pilih sorbet sebagai alternatifnya. Karena sorbet sama sekali tidak mengandung susu.

2. Wadah Tidak Dingin

Dalam membuat es krim, tentu kita akan sangat fokus kepada bahan-bahan baku yang akan digunakan. Hal-hal lainnya seperti alat atau media yang digunakan kerap kali disepelekan. Media yang digunakan sebaiknya terbuat dari aluminium atau besi yang dapat menahan dingin.

3. Bahan Baku dalam Keadaan Tidak Dingin

Selain wadah yang sebaiknya bersuhu dingin, bahan-bahan baku yang digunakan pun lebih baik dalam keadaan dingin. Maka dari itu, sebelum membuat es krim gelato letakkan terlebih dahulu bahan baku ke dalam kulkas. Suhu bahan baku yang dingin dapat mempercepat es krim gelato menjadi padat.

4. Takaran Bahan Baku Terlalu Banyak

Bagi kalian yang akan membuat es krim gelato menggunakan mesin, sebaiknya perhatikan takaran bahan baku yang dipakai. Adonan yang terlalu banyak akan menjadikan es krim gelato kita tidak cepat padat. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu total takaran yang dapat ditampung oleh mesin kalian.

5. Tidak Bisa Menahan Kesabaran

Membuat es krim gelato sendiri di rumah bukanlah hal yang sulit, namun dibutuhkan kesabaran. Hal ini dikarenakan, es krim gelato harus berkali-kali dikocok dan dibekukan. Langkah tersebut harus diulangi kurang lebih sebanyak 3 kali untuk memperoleh es krim gelato yang lembut dan padat.

Beberapa Cara Membuat Gelato:

Nah, setelah mengetahui beberapa tips supaya kalian dapat berhasil membuat es krim gelato, yuk langsung eksekusikan resep membuat es krim gelato di bawah ini!

1. Basic Gelato

cara membuat gelato

Basic Gelato adalah gelato dasar atau gelato yang masih belum tercampur dengan bahan-bahan perasa seperti buah-buahan ataupun ekstrak makanan lainnya. Umumnya gelato ini memiliki warna putih, karena warna asli dari susu lebih dominan. Berikut ini resep gelato dasar:

Bahan yang Dibutuhan:

  • 60 gr susu bubuk putih
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 700 ml air putih
  • 2 sdm tepung maizena

Cara Membuat Gelato Dasar:

  1. Kocok terlebih dahulu kuning telur (jangan sampai ada putih telur yang tercampur) dengan mixer kecepatan tinggi.
  2. Sementara itu, larutkan susu bubuk putih, gula, dan air putih di dalam panci. Kemudian, aduk dan panaskan dengan api kecil hingga mendidih.
  3. Setelah kuning telur yang dikocok tadi kaku, tambahkan tepung maizena dan rebusan susu yang masih hangat aduk cepat supaya telur tidak menyusut. Lalu panaskan dengan api kecil hingga mendidih.
  4. Diamkan adonan hingga dingin (suhu ruangan) lalu masukkan dalam lemari pendingin.
  5. Tuangkan adonan dalam wadah penghantar dingin yang baik, sebelumnya isilah dengan potongan es batu.
  6. Kocok dengan mixer hingga lebih mengental.
  7. Masukkan kembali ke dalam freezer hingga beku.
  8. Lalu setelah kurang lebih 30 menit – 1 jam keluarkan kembali adonan yang telah beku, kocok kembali dengan mixer,  kemudian masukkan kembali ke dalam freezer. Ulangi langkah ini sampai kurang lebih 3 kali.
  9. Setelah kali ketiga, simpan adonan ke dalam freezer dan tunggu hingga 4 jam.
  10. Gelato siap disajikan! Karena ini gelato dasar, kalian juga bisa menambahkan topping seperti meses, kacang almond, atau potongan buah-buahan sebagai penambah rasanya.

2. Gelato Choco Nutella

Sesuai dengan namanya, gelato ini memiliki rasa coklat nutella yang manis pekat. Walaupun rasanya manis, tidak membuat kita berhenti untuk memakannya. Sudah penasaran bagaimana cara membuatnya? Lihat yang di bawah ini, yuk.

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 2 cup susu full cream
  • 1 cup heavy whipped cream
  • 4 butir kuning telur
  • 0,5 cup gula pasir
  • 200 gr Nutella original

Cara Membuat Gelato Choco Nutella:

  1. Panaskan terlebih dahulu susu full cream dan heavy whipped cream ke dalam panci, dengan api yang medium-high hingga tepi permukaan menggelembung.
  2. Sembari menunggu, kocok kuning telur dengan gula pasir hingga lembut dan mengental. Pengocokan ini dapat menggunakan alat whisk atau mixer sesedianya kalian saja.
  3. Jika susu sudah sesuai dengan gambaran langkah pertama, matikan.
  4. Setelah itu, masukkan 1/3 bagian adonan susu ke dalam kocokan telur sambil diaduk cepat supaya tercampur rata. Perlahan masukkan kembali adonan susu yang tersisa dan aduk cepat lagi hingga benar-benar rata.
  5. Panaskan kembali dengan api kecil lalu masukkan Nutella ke dalam adonan. Masak hingga mengental, lalu matikan.
  6. Setelah adonan dingin (suhu ruangan), masukkan ke dalam freezer selama 30 menit.
  7. Selanjutnya keluarkan kembali adonan yang telah beku, kocok ulang dengan mixer, kemudian masukkan kembali ke dalam freezer. Ulangi langkah ini sampai kurang lebih 3 kali.
  8. Setelah 3 kali, simpan adonan ke dalam freezer dan tunggu hingga kurang lebih 3 – 4 jam.
  9. Gelato siap disantap.

3. Gelato Chruncy Mocca Oreo

Es krim gelato, tapi chruncy? Yakin tidak mau mencobanya? Tenang, sekarang kalian dapat dengan mudah memiliki stock gelato ini sendiri di rumah. Perpaduan manisnya oreo dan sedikit pahit dari mocca ini sangat cocok bagi kalian pecinta oreo yang dicelupkan ke kopi. Namun bedanya, adanya sensasi dingin yang menyegarkan.

Mau tau bagaimana rasanya? Yuk praktekin yang di bawah ini:

Bahan yang Dibutuhkan:

Meringue:

  • 3 butir putih telur
  • Secukupnya lemon juice/vanilla essence (untuk mengurangi bau amis dari telur)

Custard:

  • 3 butir kuning telur
  • 4 sdm datar (tidak munjung) gula pasir
  • Secukupnya lemon juice/vanilla essence

Adonan:

  • 450 ml susu full cream
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sch kopi rasa Moccacino
  • Secukupnya oreo, hancurkan dengan cara cincang kasar

Cara Membuat Gelato Chruncy Mocca Oreo:

  1. Pertama-tama, buatlah meringue terlebih dahulu dengan cara masak bahan meringue dengan menggunakan teknik double boiler dengan api kecil. Aduk supaya telur tidak matang dan menggumpal. Proses ini ditujukan untuk mematikan bakteri pada putih telur.
  2. Setelah panas (tidak mendidih), angkat lalu kocok bahan meringue tersebut menggunakan mixer. Mixer dengan kecepatan rendah sampai sedang. Kocok hingga kaku, simpan ke dalam freezer selama 1 jam.
  3. Selanjutnya membuat custard dengan mengocok kuning telur, gula, dan penghilang bau amis menggunakan mixer. Pengocokan dilakukan hingga bahan tercampur rata, mengembang, lembut, dan berwarna pucat.
  4. Lalu, rebus adonan susu cair, kopi rasa moccacino, dan tepung maizena dengan menggunakan api kecil hingga hangat. Hangat ini ditandai dengan munculnya sedikit gelembung di tepi panci. Setelah hangat, angkat.
  5. Kemudian campurkan rebusan adonan tadi ke dalam custard sedikit demi sedikit sambil diaduk terus supaya kuning telur tidak menggerindil dan gosong. Lalu, rebus kembali hingga muncul letupan kecil dan mengental.
  6. Setelah adonan mengental, biarkan pada suhu ruang, kemudian campur dengan meringue yang telah disimpan di dalam freezer. Aduk perlahan dengan menggunakan spatula.
  7. Lalu tuang adonan di loyang atau wadah lainnya, dan simpan di dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  8. Kemudian, ambil loyang dan cek apakah teksturnya sudah membeku atau belum. Jika sudah, mixer hingga lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer selama 45 menit. Ulangi sebanyak 3 kali untuk melembutkan teksturnya.
  9. Setelah 3 kali perulangan, tambahkan remukan oreo.
  10. Terakhir, simpan ke dalam freezer selama 4 jam.
  11. Gelato siap dinikmati!

Rupanya membuat gelato itu mudah ya. Selain memakannya dengan cone, ternyata es krim gelato ini juga dapat disantap dengan berbagai topping favorit kita.

Tentu ini menjadi kabar baik bagi kalian penikmat es krim dengan extra topping! Misalnya saja agar-agar. Cara membuat agar-agar pun tidak sulit kok. Mulai dari agar-agar rasa buah, milky, coklat, semua cocok. Jadi, tidak perlu ragu lagi, segera eksekusi resepnya, ya!

Bisakah Gelato Menjadi Usaha Rumahan?

Selain usaha minuman kekinian yang sekarang sedang buka gerai dimana-mana,  ice cream pun bisa dijadikan peluang kamu untuk membuka usaha.

Usaha ice cream gelato ini sangatlah menguntungkan, karena bahan-bahan yang digunakan tidak sulit dicari dan cara membuatnya pun mudah. Selain itu, tentu di rumah kita memiliki lemari pendingin, sehingga tidak perlu modal yang besar untuk membelinya lagi.

Dengan berbaginya artikel ini, saya harap kalian tidak gagal dalam membuat es krim gelato sendiri, sehingga bahan baku tidak terbuang percuma. Tidak hanya itu! Harapan lainnya adalah kalian dapat membuat es krim gelato sendiri, tanpa harus ke luar rumah dalam masa pandemi seperti ini. Tetap di rumah aja ya guys!

Sekian artikel dari saya kali ini. Semoga artikel Cara Membuat Gelato Tanpa Ribet, Dijamin Anti Gagal! ini dapat bermanfaat untuk seluruh pembacanya. Serta mendapat wawasan lebih mengenai tips-tips membuat es krim supaya berhasil. Terimakasih dan mohon maaf apabila terdapat kata-kata saya yang kurang berkenan. Selamat mencoba!