Cara Membuat Puding Coklat Susu, Dessert Manis Murah, Tampilan Mewah!

cara membuat puding coklat

Siapa yang tidak mengenal puding? Puding bagi para pecinta kuliner manis, sudah tidak asing lagi didengar. Apalagi puding sedot yang baru-baru ini viral di media sosial. Puding sedot ini memiliki varian rasa yang beragam, namun best sellernya ialah rasa coklat susu. Maka dari itu, di dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa Cara Membuat Puding Coklat Susu, Dessert Manis Murah, Tampilan Mewah!

Dessert yang dijual di restoran ini umumnya dibandrol dengan harga yang dapat dikatakan cukup mahal. Terutama untuk puding varian rasa coklat susu. Cita rasanya yang manis legit dan teksturnya yang kenyal, menjadikannya sebagai dessert favorit banyak orang.

Topping Puding Coklat Susu yang Beragam

Tentu saat membuat puding, kita tidak akan terlalu memikirkan topping apa yang enak untuk disandingkan dengan hidangan ini, bukan? Kebanyakan dari kita saat membuat puding coklat, hanya memilih susu kental manis sebagai topping-nya.

Padahal, biasanya puding diberi topping yang beragam, misalnya ice cream dan taburan parutan coklat atau keju, serta buah cherry dan daun mint sebagai pemanisnya. Maka dari itu, untuk menikmati puding dengan sensasi lain, kalian bisa mencoba cara membuat gelato atau resep ice cream lembut untuk menjadi toppingnya.

Manfaat Puding Coklat

Selain menjadi hidangan penutup, puding juga bisa dijadikan list camilan sehat kamu lho! Mayoritas orang tua di Indonesia menganggap bahwa camilan manis itu tidak sehat. Sehingga seringkali melarang anaknya untuk mengonsumsinya, termasuk puding ini.

Padahal, tidak hanya lezat dimakan saja, puding sebenarnya menyimpan banyak manfaat yang jarang diketahui. Berikut ini manfaat puding bagi kesehatan tubuh dalam porsi yang wajar:

  • Menurunkan Berat Badan

Puding mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat menahan rasa lapar tubuh. Kandungan serat pada puding ini bersifat mengenyangkan, namun tidak menggemukkan badan. Jadi, bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, puding menjadi pilihan yang cocok.

Tetapi ingat, segala sesuatu yang sehat tidak mengandung banyak gula. Oleh karena itu, buatlah puding sendiri di rumah dengan menggunakan sedikit gula. Lebih lengkapnya, ikutilah resep puding sehat yang saya cantumkan di bawah.

  • Meningkatkan Kecerdasan Otak

Coklat merupakan buah yang tergolong dalam biji-bijian yang mampu meningkatkan intelijen dan kecerdasan otak kita lho! Hal ini akan kita rasakan ketika dalam keadaan terdesak, atau saat kita membutuhkan ide dengan cepat. Maka kemampuan otak kita meningkat pesat dari sebelumnya.

Ini dikarenakan coklat memiliki kandungan flavanol di dalamnya. Flavanol ini akan membantu aliran darah meningkat dengan cepat dan mengalir selama 2 – 3 jam ke bagian-bagian otak.

  • Menjaga Kekuatan Tulang

Saat membuat puding, biasanya kita menggunakan campuran bahan susu di dalamnya. Nah, dari susu inilah tulang kita menjadi lebih kuat dibanding sebelumnya. Namun jangan salah kaprah, susu yang banyak mengandung kalsium adalah susu sapi segar atau susu cair UHT.

Oleh sebab itu, jangan terlalu banyak memakai susu kental manis ya guys! Gunakan dalam porsi yang wajar saja, seperti resep yang akan saya berikan di bawah. Atau kalian juga bisa menggantinya dengan gula.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat yang terdapat di dalam puding sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain karena serat, teksturnya yang lembut, dingin, dan licin menjadikannya mampu membersihkan usus dengan cara memperlancar metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme kita, maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

  • Mencegah Perkembangan Jaringan Kanker dan Hipertensi

Rumput laut memang dikenal dengan tumbuhan segudang manfaat, salah satunya sebagai pencegah kanker. Rumput laut memiliki kandungan khusus yang mampu menghindarkan jaringan kanker tumbuh di tubuh kita. Oleh sebab itulah, puding baik untuk mencegah kanker.

Selain itu, rumput laut juga dapat menyerap kelebihan garam dalam tubuh kita, sehingga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

  • Sebagai Antioksidan

Last but not least, ekstrak rumput laut yang terkandung dalam puding juga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, zat klorofil yang tinggi pada rumput laut mampu membantu menangkal radikal-radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh kita.

Ternyata di balik makanan manis ini, tersimpan segudang manfaat untuk tubuh kita ya! Namun, ingat. Tetap konsumsi dalam jumlah yang wajar, supaya tidak menghilangkan manfaat-manfaat tadi. Karena seperti yang kita tahu, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Sebelum menuju ke cara pembuatan puding coklat susu, yuk simak terlebih dahulu yang di bawah ini.

Perbedaan Agar-agar, Puding, dan Jelly

Tahukah kalian, bahwa sebenarnya antara agar-agar, puding, dan jelly memiliki perbedaan? Ya, makanan ini berbeda, tetapi perbedaan ini tidak terlalu signifikan sehingga banyak yang menganggap ketiganya ini sama.

Jadi, apa saja yang membedakan antara agar-agar, puding, dan jelly?

  1. Bahan Dasar Utama

Agar-agar terbuat dari sejenis ganggang laut (algae) dan jelly terbuat dari rumput laut. Sedangkan puding dapat dibuat dari salah satu diantara keduanya, dengan tambahan tepung maizena atau telur. Atau bahkan campuran keduanya.

  1. Tekstur

Agar-agar biasanya terkenal dengan teksturnya yang sedikit kenyal dan lebih padat. Lalu jelly mempunyai tekstur yang lebih kenyal dan cenderung lembek. Sedangkan puding merupakan gabungan di antara keduanya, yaitu berbentuk sedikit padat namun memiliki kekenyalan seperti jelly.

Tips Membuat Puding Coklat Susu:

Cara membuat puding sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat agar-agar. Namun, perbedaan yang signifikan adalah saat membuat puding, sebisa mungkin kita membuat teksturnya menjadi lembut. Oleh karena itu, berikut ini akan saya berikan tips membuat puding coklat susu. Perhatikan ya.

  • Saat mengaduk puding di dalam panci, sebaiknya gunakan balloon whisk atau pengocok telur. Mengapa? Hal ini dikarenakan, pengocok telur ini mampu meratakan semua bahan-bahan puding yang telah tercampur dengan air. Sehingga, tidak ada bahan yang menggumpal dan menjadikan puding lebih lembut.
  • Sebelum menyalakan kompor, pastikan bahwa semua bahan tercampur rata terutama bubuk jelly Tujuannya supaya puding terbentuk dengan baik.
  • Ketika ingin menggunakan cetakan, jangan menunggu hilangnya uap panas puding terlalu lama. Cukup sekitar 3 – 5 menit, supaya puding tidak tercetak di dalam panci.
  • Jangan lupa, gunakan saringan saat menuangkan adonan ke dalam cetakan. Hal ini bertujuan untuk memperlembut tekstur dari puding yang kita buat.
  • Bagi kalian yang ingin mengkreasikan puding berlapis-lapis, jangan menunggu puding mengeras sempurna untuk menaruh lapisan berikutnya. Cukup permukaan bagian sebelumnya mengeras, karena saat itu dalamnya masih bertekstur air tapi kental. Sehingga, lapisan satu dengan lainnya dapat menempel dengan sempurna.

Cara Membuat Puding Coklat Susu Kreasi:

Setelah mengetahui beberapa fakta mengenai puding, pasti sudah tidak sabar untuk membuatnya ya? Tenang dulu, berikut ini saya bagikan kumpulan resep membuat puding coklat susu ala rumahan, dengan berbagai kreasi. Yuk, langsung eksekusi!

1.      Resep Membuat Puding Coklat Susu Original

cara membuat puding coklat

Bahan:

Lapisan 1:
  • 300 ml susu cair coklat
  • 20 gr bubuk jelly warna coklat
  • 1/2 sdt tepung maizena, larutkan ke dalam 25 ml susu cair coklat
  • 5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt bubuk coklat
  • Secukupnya garam
  • 1/4 ekstrak vanilla
Lapisan 2:
  • 600 ml susu cair coklat
  • 40 gr bubuk jelly warna coklat
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan ke dalam 40 ml susu cair coklat
  • 10 sdm gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdt ekstrak vanilla

Cara Membuat Puding Coklat Susu Original:

Lapisan 1:
  1. Masukkan susu cair coklat, bubuk jelly coklat, garam, bubuk coklat, larutan tepung maizena, gula pasir. Aduk hingga semua bahan benar-benar merata.
  2. Setelah semua rata, baru nyalakan kompor. Saat memasak, pastikan kalian mengaduk terus secara perlahan supaya tidak ada bubuk yang menggumpal. Masak hingga bahan puding mendidih atau pinggiran permukaan adonan mulai muncul gelembung.
  3. Selanjutnya, angkat dan biarkan adonan sedikit dingin sebelum dimasukkan ke dalam cetakan. Setelah sekiranya uap panas hilang, pindahkan ke dalam cetakan dengan menggunakan saringan supaya puding lebih lembut.
  4. Setelah masuk ke dalam cetakan, dinginkan di suhu ruang.
Lapisan 2:
  1. Ulangi langkah pertama dan langkah kedua lapisan ke-1 pada puding lapisan ke-2.
  2. Lalu, kocok kuning telur dan ambil 1 sendok sayur (sekitar 50 ml) bahan puding lapisan ke-2 ke dalam kocokan kuning telur. Kemudian satukan ke dalam panci yang berisi sisa puding lapisan ke-2 dan kocok hingga kuning telur dan bahan puding tersebut tercampur rata.
  3. Selanjutnya, masak hingga adonan mendidih atau pinggiran permukaan adonan di dalam panci bergelembung.
  4. Angkat, lalu biarkan uap panas hilang (sedikit dingin). Masukkan ke dalam cetakan yang telah berisi puding lapisan ke-1 dengan menggunakan saringan agar puding bertekstur lebih lembut.

2.      Resep Puding Coklat dengan Vla Susu Lumer

cara membuat puding coklat

Bahan Puding:

  • ½ kaleng SKM coklat
  • 1 sch agar-agar plain
  • 1 sch jelly rasa coklat
  • 800 ml air putih
  • 2 sdt coklat bubuk, larutkan dalam sedikit air supaya mudah tercampur dengan bahan lain
  • 3 sdm gula pasir

Bahan Vla:

  • 2 sch SKM putih
  • 2,5 sdm gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 400 ml susu cair putih
  • ½ sdt phanili
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Cara Membuat Puding Coklat dengan Vla Susu Lumer:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu, kemudian aduk rata sampai benar-benar tidak ada yang menggerindil. Masak hingga mendidih, sambil diaduk.
  2. Setelah puding mendidih, angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
  3. Setelah sekitar 3 – 5 menit, tuangkan puding ke dalam cetakan. Jika telah dingin suhu ruangan simpan ke dalam kulkas selama 10 menit.
  4. Selanjutnya, membuat vla susu dengan mencampur semua bahan kecuali larutan tepung maizena. Masak vla hingga mendidih, matikan kompor tunggu sejenak. Masukkan sedikit demi sedikit larutan tepung maizena sambil diaduk sampai merata.
  5. Keluarkan puding dari kulkas, letakkan di atas piring. Lalu siram vla susu di atasnya saat akan disajikan.

3.      Cara Pembuatan Puding Coklat Susu Caramel

cara membuat puding coklat

Bahan:

  • 75 gr gula pasir
  • 20 gr coklat bubuk
  • 4 butir kuning telur
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 150 ml krim kental
  • 600 ml susu cair putih
  • 5 buah mangkuk tahan panas

Cara Membuat Puding Coklat Susu Caramel:

  1. Pertama-tama, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer atau whisk hingga benar-benar halus.
  2. Lalu tambahkan coklat bubuk, krim, dan vanili bubuk, kocok hingga merata.
  3. Tambahkan susu cair putih, ratakan dengan spatula. Setelah rata, masukkan ke dalam mangkuk dengan saringan.
  4. Kemudian alasi loyang segi empat dengan serbet, letakkan mangkuk-mangkuk yang telah berisi adonan ke atas loyang. Selanjutnya tuang air dingin hingga setengah dari tinggi loyang.
  5. Berikutnya panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 45 menit, hingga permukaan puding membeku.
  6. Setelah matang, keluarkan dari oven dan tunggu sampai dingin suhu ruang. Kemudian simpan ke dalam kulkas semalaman.
  7. Lebih nikmat disajikan dengan ice cream di atasnya.

4.      Resep Membaut Puding Coklat Susu Lapis Strawberry

cara membuat puding coklat

Bahan:

  • 1 sch agar-agar plain
  • 1/2 kaleng SKM putih
  • 750 ml air
  • 25 gr coklat bubuk
  • 74 gr gula pasir
  • 75 gr coklat blok, cincang kasar
  • ½ sdt vanili
  • 100 gr strawberry, blender halus

Cara Membuat Puding Coklat Susu Lapis Strawberry:

  1. Pertama-tama, panaskan 250 ml air dengan coklat bubuk. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  2. Setelah sedikit bergelembung, masukkan cincangan coklat blok. Aduk hingga coklat bloknya meleleh dan tercampur dengan cairan coklat bubuk tadi. Lalu sisihkan.
  3. Masukkan sisa air (500 ml) ke dalam panci, kemudian masukkan agar-agar, gula pasir, dan vanili. Aduk hingga benar-benar rata. Setelah rata, nyalakan api dan tunggu hingga mendidih. Aduk sesekali supaya tidak ada yang menggumpal. Angkat dan sisihkan.
  4. Bagi adonan agar-agar plain menjadi 2. Adonan pertama dicampurkan dengan adonan coklat. Sedangkan adonan kedua, campurkan dengan jus strawberry.
  5. Kemudian, masak kedua adonan ini di panci terpisah menggunakan api kecil hingga mendidih. Angkat, lalu biarkan uap panasnya hilang terlebih dahulu.
  6. Lalu, tuang adonan bercampur coklat ke dalam cetakan. Setelah 3 – 5 menit, masukkan adonan strawberrynya. Terakhir, simpan ke dalam kulkas hingga benar-benar dingin.
  7. Sajikan di waktu santai terbaikmu!

5.      Resep Puding Coklat Tiramissu

Bahan:

  • 500 ml susu sapi segar (bisa diganti dengan susu UHT putih)
  • 100 ml whipping cream
  • 1 sch agar-agar plain
  • 1 sdt kopi, larutkan dulu dengan 1 sdm air panas
  • 50 gr DCC, cincang halus
  • 75 gr gula pasir

Bahan Pelengkap:

  • Saus coklat
  • Chocochips

Cara Membuat Puding Coklat Tiramissu:

  1. Pertama, larutkan semua bahan puding kecuali whipping cream ke dalam panci. Setelah benar-benar larut, pindahkan ke kompor dan masak hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Kemudian angkat jika coklat sudah larut. Dinginkan pada suhu ruang.
  3. Setelah itu, cetak dalam loyang persegi dengan tinggi adonan 3 cm. Lalu cetak dengan gelas yang akan digunakan untuk menyajikan puding, sehingga puding dapat masuk ke dalamnya. Cetak sebanyak yang kalian mau. Umumnya 1 gelas berisi 2 iris puding, jadi pastikan banyak cetakan sesuai dengan banyak gelas yang kalian miliki.
  4. Terakhir, serving puding ke dalam gelasnya dengan urutan puding – whipping cream – puding – whipping cream (seperti pada gambar). Lalu tambahkan olesan saus coklat dan taburan chocochips di atasnya.

6.      Cara Membuat Puding Coklat Oreo Truffle

Bahan Puding Oreo:

  • 100 ml SKM puth
  • 700 ml air
  • 1 sch jelly coklat
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1 bungkus Oreo (isi 10)

Bahan Vla Coklat:

  • 2 sch SKM coklat
  • 400 ml susu cair putih
  • 2,5 sdm gula pasir
  • secukupnya garam
  • 1,5 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Bahan Pelengkap:

  • Secukupnya whipping cream

Cara Membuat Puding Coklat Oreo Truffle:

  1. Pertama masukkan semua bahan puding oreo kecuali kuning telur dan biskuit oreo, aduk rata menggunakan whisk.
  2. Kocok kuning telur hingga halus, lalu masukkan ke dalam adonan puding tadi. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Nyalakan kompor dan panaskan adonan tersebut hingga mendidih, dengan sesekali diaduk. Matikan api ketika mendidih.
  4. Remukkan biskuit oreo hingga sedikit halus, lalu campurkan ke dalam adonan puding. Sisakan sedikit sebagai taburan.
  5. Setelah dingin suhu ruang, tuang puding ke dalam wadah. Simpan puding ke dalam kulkas.
  6. Sembari menunggu puding dingin, masak vla coklat dahulu. Campurkan semua bahan vla coklat kecuali larutan maizenanya. Aduk rata hingga mendidih, lalu matikan kompor dan tuang larutan maizena sedikit demi sedikit sambil di aduk. Setelah rata, nyalakan kembali api untuk mematangkan maizenanya. Matikan api ketika sudah mendidih.
  7. Sambil menunggu vlanya dingin, hancurkan puding oreo yang telah disimpan dalam kulkas tadi. Lalu masukkan ke dalam gelas saji setinggi kurang lebih 2 cm.
  8. Masukkan vla ke dalam gelas saji untuk menjadi lapisan ke-2 setinggi 2 cm juga atau sesuai selera kalian.
  9. Lakukan secara bergantian antara puding oreo dan fla hingga memenuhi gelas saji. Setelah itu, semprotkan whipping cream dan beri taburan remukan oreo sebagai pemanisnya.
  10. Terakhir, simpan dalam kulkas selama 1 jam. Sajikan selagi dingin.

7.     Resep Puding Coklat ala DEBM

Bahan:

  • 1000 cc air
  • 2 sch jelly coklat
  • 4 sdm coklat bubuk
  • 2 sdt kopi bubuk
  • 1 butir telur, dikocok hingga sedikit mengembang
  • 6 sch gula diabetasol

Cara Membuat Puding Coklat ala DEBM:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu, aduk-aduk hingga tercampur dengan baik. Setelah itu masak di api sedang, aduk sesekali hingga mendidih.
  2. Matikan ketika sudah mulai meletup-letup. Tunggu hingga dingin suhu ruangan, kemudian pindahkan ke wadah atau cetakan lalu masukkan ke dalam kulkas kurang lebih selama 1 jam.
  3. Puding sehat ala DEBM siap dinikmati!

Bagaimana? Sangat mudah bukan resep-resepnya? Resep puding coklat susu kreasi ini saya himpun dari berbagai sumber terpercaya. Jadi, dijamin rasanya endeus! Tidak hanya anak-anak saja yang suka, orang dewasa pun pasti akan ketagihan.

Selain bahan-bahannya mudah didapat, harganya sangat terjangkau dibanding kita harus membelinya di restoran ya! Nah, tunggu apalagi? Daripada ngiler bacain artikel ini doing, mending langsung eksekusi resepnya aja deh.

Oh ya, jangan lupa. Puding juga bisa menjadi peluang usaha rumahan kalian lho! Tidak percaya? Coba kunjungi artikel Cara Buat Agar-agar dan Contoh Estimasi Biaya untuk Ide Usaha Rumahan sebagai referensi kalian.

Cukup sekian artikel saya kali ini, ya. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kalian yang ingin mempraktikkan cara membuat puding coklat susu dengan berbagai kreasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!