Erista Garden, Kolaborasi Tanaman Hias dan Resto

Erista Garden

Erista Garden, bisnis tanaman hias yang dikembangkan menjadi resto. Hobi bisa mendatangkan peluang usaha jika kita menekuninya. Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Begitu pula yang dirasakan oleh Erista Adi Setya, founder Erista Garden dan Griyo Dhahar Erista. Erista Garden adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang gardening store dan kuliner. Berlokasi di Jalan Kaliurang KM 17, Dusun Demen, Pakem Binangun, Sleman (Kab.) DI Yogyakarta. Erista Garden berdiri sejak Bulan Mei Tahun 2015. Erista Garden merupakan Taman dan Resto yang berada di lereng merapi berupa taman lanskap seluas 1 hektar yang dikelilingi oleh persawahan dan dilatar belakangi oleh Gunung Merapi. Taman dihiasi oleh beragam tanaman bunga dan dialiri oleh sungai kecil yang ditata dalam lanskap yang asri dan alami. Erista Garden menyajikan berbagai layanan dalam satu taman, yakni sajian khas kuliner dengan menu bunga di “Griyo Dhahar”, Penjualan berbagai tanaman hias, bunga, hortikultura dan perlengkapan taman di “Erista Agrimart”. Pusat penjualan benih dan bibit tanaman grosir di “Erista Flora”.

Memulai karir sebagai karyawan di banyak perusahaan industri tidak membuat Erista Adi Setya mengurungkan niatnya memulai berwirausaha. Erista Edi Setya pernah bekerja di perusahaan Sari Husada, Danone, Indofood Group, dan Cargill. Perusahaan industri besar tersebut ditekuni Erista selama dua puluh tahun. Erista mendapatkan pengalaman di bidang operasional dan belajar berorganisasi melalui pekerjaannya dulu. How to create value menjadi poin penting dari pengalamannya yang sekarang diterapkan pada Erista Garden. Bagaimana bisa membuat sesuatu di sekitar kita menjadi suatu hal yang bisa dimanfaatkan orang lain secara komersial. Berawal dari hobinya yang suka dengan tanaman bunga, Erista ingin menciptakan hobinya menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Erista sempat malu memiliki hobi tanaman bunga, karena Ia seorang laki-laki. Namun, kesukaannya mengalahkan rasa malu yang dimilikinya. Respon masyarakat juga sangat baik ketika Ia akhirnya memutuskan untuk membuka Erista Garden. Baginya, hobi tidak ada manfaatnya jika tidak berdampak nyata pada orang lain.

Erista berusaha mengembangkan hobi menanam menjadi sesuatu yang bisa create value. Bermodal harapan tersebut terciptalah Erista Garden. Saat ini bisnis tanaman hias mulai menggiutkan. Tanaman bunga bisa dijual, dimanfaatkan orang lain, dan menjadi ladang pekerjaan bagi orang lain. Awalnya hanya fokus terhadap pengembangan usaha gardening store khususnya tanaman bunga. Karena pada saat itu tidak banyak usaha yang menekuni bidang tanaman bunga. Ada satu tanaman bunga yang bernama pentas lanceolata dikembangkan pertama kali di Erista Garden. Tanaman bunga tersebut belum banyak dikembangkan pada saat dulu. Sekarang, ratusan jenis bunga sudah dikoleksi oleh Erista Garden, seperti Begonia, Kalancu, Salvia, Marigold, dan lain sebagainya.

Bagaimana Erista Adi Setya merambah ke dunia kuliner dengan menciptakan Griyo Dhahar Erista?

Ide memadukan hobinya dengan kuliner menjadi awal mula lahirnya Griyo Dhahar Erista. Bagaimana Erista bisa mengembangkan edible flower (bunga yang dapat dimakan) menjadi pertanyaan yang menjawab keunikan menu masakan di Griyo Dhahar Erista. Jenis bunga yang dipilih dari edible flower adalah bunga telang. Bunga yang tidak banyak dimanfaatkan oleh orang lain dan tumbuh liar ternyata bagus untuk dijadikan pewarna makanan/minuman. Dari situlah tercipta menu nasi biru, degan biru, telang degan, telang limun, telang timun selasih, telang susu, telang stroberi, dan masih banyak aneka menu dengan pewarna alami bunga telang.

Erista Garden ingin mengembangkan karyawan sebagai seorang entrepreneur. Jadi, jika masing-masing karyawan telah memiliki jiwa entrepreneur dalam diri mereka, mereka akan bertanggung jawab atas omzet Erista Garden. Para karyawan akan berpikir bagaimana cara memperbesar omzet, inovasi apa yang akan dilakukan, bagaimana cara kerja lebih efisien, dan lainnya. Mereka memahami hal tersebut karena mereka dididik menjadi seorang entrepreneur.

Pesan Erista Adi Setya untuk calon-calon pengusaha adalah, “Bekerja dengan jujur, amanah, respect antar sesama dan saling menghormati satu sama lain. Kunci dalam berwirausaha adalah konsisten, hadapi semua tantangan yang ada.”

Simak kisah selengkapnya di video berikut ya..