Ide Jualan Minuman Unik,Yang Bukan Sekedar Trend Sesaat

ide usaha minuman

Ide jualan minuman ini termasuk dalam kategori bisnis abadi, sepanjang zaman. Ini menyangkut kebutuhan dasar manusia. Yang penting rasanya enak dan manis, insya allah laku.Coba aja sebutin gerai bisnis minuman yang kamu tahu atau bahkan kamu udah ketagihan?, ada banyak kan? Dan jarang sekali usaha minuman itu gulung tikar alias bangkrut.ide usaha miniman

Kalau ngomongin hitung-hitungan modal, sebenernya ini ngga terlalu penting. Soalnya sederhana banget. Tapi nanti tetep saya bahas juga di bawah. Oleh karena itu, dimanapun itu, di setiap sudut jalan, penjuru kota, kita pasti selalu disuguhkan dengan pedagang minuman.

Ada 5 Cara Dalam Menjalankan Usaha Minuman Kekinian yang Sedang Hits

1. Gunakanlah bahan berkualitas

Dalam menjalankan ide udsaha minuman ini jangan hanya berpikir soal keuntungan. Dan yang paling pemting adalah mengutamakan kualitas bahan minuman yang di buat,sebab itu adalah hal yang akan membuat minuman menjadi nikmat.

2. Buatlah varian yang unik dan berbeda

Dalam membuat varian yang berbeda ini ada banyak ide usaha minuman di sekitar kita.Dan sudah orang-orang yang punya resep unik yang sekiranya mampu menarik minat masyarakat untuk mencoba nya.

3. Buatlah kemasan yang menarik

Membuat kemasan ide usaha minuman ini biasa nya bukan cuman rasa yang membikin masyarakat membeli atau mencoba nya,kemasan pun juga harus bagus agar pelanggan menjadi lebih tertarik dengan minuman itu.

Misalnya, Anda menggunakan gelas plastik dengan bahan tebal yang tidak mudah pecah. Bisa juga desain gelas Anda berganti-ganti mengikuti tema tertentu. Hal-hal tersebut tanpa disadari bisa menjadi salah satu teknik promosi bagi bisnis Anda.

4. Pilih lokasi usaha yang strategis

Memilih lokasi usaha sebenarnya susah-susah gampang. Untuk mendapatkan lokasi yang ramai pembeli, biasanya Anda harus mengeluarkan modal ekstra karena tentu biaya yang dikeluarkan pasti tidak murah,Namun hal tersebut harus disesuaikan kembali dengan kondisi keuangan anda, apakah harganya bisa anda jangkau.

5. Lakukan promosi secara online

Lokasi promosi secara online ini mampu mendatangkan banyak pembeli,maka dari itu anda harus mencobanya promosi melalui wa,ig,youtube atau lain-lain agar anda bisa luas dalam berjualan ide usaha minuman.

kemudian anda juga bisa mengundang  influencer atau food blogger untuk mencicipi ide jualan minuman anda,dengan imbal balik review dan promosi di media sosial.Dengan begitu anda bisa menjangkau lebih banyak lagi pelanggan pembeli dan keuntungan ide jualan minuman ini bisa menjadi berlipat ganda.

Dan apabila anda membutuhkan modal usaha yang lebih banyak lagi untuk mengembangkan ide usaha minuman,jangan lupa ada KoinWorks yang siap membantu anda memberikan pendanaan. Anda bisa memperoleh modal usaha tambahan mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar.

Ide Jualan Minuman yang Menjanjikan 7  Minuman Unik

1. Minuman Kopi dalam Kemasan

ide jualan minuman

Berhubung orang Indonesia biasa minum kopi dan coffee shop sedang menjamur, tentunya ide jualan minuman unik berbahan dasar kopi perlu dilirik. Kopi dalam kemasan dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu menunggu barista membuatkan kopi.

Eits, tapi kopi yang dijual tentu terjaga kualitas dan kesegarannya. Tak perlu menyewa tempat untuk membuat kafe, hanya membutuhkan stand atau bahkan dapat dititipkan ke restoran dan supermarket.

2. Minuman Sehat dengan Air Kelapa

ide jualan minuman

Meskipun buah kelapa mudah ditemukan di Indonesia, pengemasan yang baik dan peracikan bahan yang tepat dapat memberi nilai tambah. Kamu dapat menambahkan lemon, jelly, aloe vera atau nata de coco, bahkan campuran jus buah.

3. Minuman Bubble

ide usaha minuman

Populer di awal tahun 2000an, prospek bisnis minuman bubble tea masih cerah hingga saat ini. Pasalnya, minuman ini menyegarkan, enak, dan mudah dinikmati oleh siapa saja. Bahan-bahannya pun tak sulit dicari. Kamu tinggal berkreasi dengan rasa dan topping yang unik, misalnya sea salt chocolate atau mint.ide jualan minuman

4. Teh Tarik dan Thai Tea

ide jualan minuman

Minuman teh tarik dan Thai tea memiliki rasa lezat yang khas dan digemari banyak kalangan. Bahan-bahannya pun dapat ditemukan di pasaran. Kamu hanya perlu berlatih teknik membuatnya. Kamu dapat menyewa stand di pusat perbelanjaan atau bazaar.

5. Bubble Drink

Bubble drink ini merupakan minuman yang berasal dari taiwan. Minuman ini dari campuran susu dan buah-buahan yang ditambahkan tapioca pearl yang berbahan dari tepung tapioca yang menghasilkan bulatan kenyal.Ide jualan minuman

Minuman bubble drink ini ada banyak rasa pilihan tapioca pearl ditambahkan kedalam minuman, sehingga selain menghilangakan haus juga dapat mengenyangkan. Cara membuatnya pun cenderung mudah dan sederhana, tak makan modal tinggi.

6. Smoothies

Smoothies merupaakan salah satu jenis minuman yang yang sedang naik daun, minuman ini terbuat dari campuran buah, sayuran, susu cair, dan es. Dan dalam penyajiannya, kita tambahkan dengan yoghurt, cokelat, dan susu kental manis, sehingga tekstur smoothies lebih pekat ketimbang minuman jus.

Selain khasiatnya untuk kesehatan bahkan untuk partner sejati diet, smoothies diyakini tak hanya menyehatkan tubuh, namun juga kelezatan dan kesegarannya bisa menggugah siapapun yang mencicipi.

7. Air Mata Kucing

Minuman air mata kucing sejatinya berasal dari malaysia. Air mata kucing ini merupakan sebutan dari minuman campuran antara buah winter melon, gula batu, rempah, serta buah kelengkeng.

Ide jualan minuman air mata kucing ini kemudian dikembangkan menjadi bisnis franchise yang meluas, bahkan booth dari salah satu brand minuman ini sering kita temui di mall besar.Harganya terkenal murah, tentunya dengan rasa yang lezat dan menyegarkan.

11 Minuman yang Unik Serta Cara-Cara nya

1.  Es cincau nangka

  •  1 buah cincau, potong-potong memanjang dan kotak
  • Nangka secukupnya
  •  1 liter susu cair
  •  Setengah kaleng susu SKM
  • Es batu secukupnya
  • 250 gr gula jawa
  •  2 sdm gula pasir
  •  2 lembar daun pandan
  •  250 ml air
  •  Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama masak air gula jawa dan gula pasir beserta air lalu beri daun pandan dan dan garam secukupnya
  2. Aduk rata dingin dan sisihkan
  3.  Letakkan di wadah cincau yang dipotong dua, lalu beri nangka dan beri gula.
  4. Tambahkan es batu.

2.  Es susu mangga.

Bahan-bahan:

  •  250 ml Buavita mangga (1 kotak)
  • 200 ml sirup abc squash
  •  250 ml susu UHT plain (1 kotak)
  • 1 liter air
  • 1/2 kaleng krimer kental manis
  •  2 buah mangga, potong dadu, kurang lebih 1 cm
  •  Nutrijel mangga, potong dadu kurang lebih 1 cm

Cara membuat:

Campur semua bahan cairan ke dalam wadah, aduk sampai rata. Masukkan potongan mangga dan jelly. Beri es batu atau simpan di kulkas. Sajikan selagi dingin dan tabur selasih jika suka.

3.  Es teler boba brown sugar.

Bahan-bahan:

  •  1 buah kelapa muda, kerok dagingnya
  •  2 buah alpukat ukuran sedang, kerok dengan sendok
  • 4 buah nangka kupas, potong
  • 8 sdm boba brown sugar
  • Es batu, hancurkan/serut
  •  Santan (200 ml santan dari 1/4 butir kelapa, rebus dengan 1 lembar pandan dan garam secukupnya)
  • Serelah itu campurkan sirup gula merah
  •  Susu kental manis secukupnya

Cara membuat sirup gila merah:

Pertama kita siapkan panci setelah itu rebus 100 ml air, 1 lembar daun pandan, dan 200 gr gula merah yang sudah disisir, masak sampai agak mengental, dinginkan

Buat santan:

  1.  Pertama kita rebus santan dan 1 lembar daun pandan sampai mendidih dan wangi, beri garam secukupnya, matikan api, dinginkan
  2.  Siapkan gelas 1,setelah itu tuangkan santan sekitar 80 ml, es serut, tata kelapa muda, alpukat, nangka, dan boba di atasnya, siram dengan sirup gula merah dan susu kental manis. Sajikan seger

Cara membuat:

  1. Pertama didihkan 120 ml air, masukkan brown sugar sampai larut, panas-panas tuang ke tapioka, campur rata, bagi menjadi beberapa bagian, potong kecil, bentuk bulatan kecil, sisihkan
  2. Setelah itu rebus boba kurang lebih 15 menit sambil diaduk, matikan api, tutup panci dan biarkan 10 menit. Buang air rebusan boba, cuci dengan air matang, tiriskan
  3. Lalu didihkan 300 ml air lagi, masukkan 150 gr brown sugar sampai larut, masukkan boba, masak sampai brown sugar meresap.
  4. Sajikan.

4. Es puding buah

Bahan pudding:

  •  1 bungkus agar-agar putih
  •  1/2 bungkus Nutrijell kelapa muda
  • 200-250 gula pasir
  •  1300 ml susu cair full cream

Bahan-Bahan es lainnya:

  1.  1/4 buah semangka ukuran sedang
  2. 1/4 buah blewah ukuran sedang
  3.  2 buah alpukat ukuran besar
  4.  2 kaleng buah leci kalengan
  5. 1 kaleng susu kental manis
  6.  Air secukupnya
  7.  Es batu secukupnya

Cara memasak:
Pudding susu:

  1. Pertama kita siapkan wadah, campur semua bahan pudding jadi satu aduk rata, didihkan sambil diaduk
  2. Setelah itu angkat dan hilangkan uapnya sebentar lalu tuang ke loyang, dinginkan pada suhu ruang lalu masukkan ke kulkas, dan potong-potong sesuai selera anda masing-masing.
  3. Siapkan wadah setelah itu pudding di potongan pudding sesuai selera dan di tambah bahan es lainnya, lalu aduk rata koreksi rasa, tuang ke gelas/mangkuk.
  4. sajikan.

5.  King manggo thai

Bahan-bahan:

  •  2 buah mangga
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sdm susu kental manis
  •  50 gr cream bubuk dan 100 ml air es
  • Secukupnya es blok untuk blender mangga.

Cara membuat:

  1.  Kupas mangga hingga bersih. Ambil sedikit mangga untuk topping, potong dadu, sisihkan
  2.  Setelah itu blender mangga, gula pasir, SKM dan es blok hingga halus
  3.  Lalu masukkan dalam gelas, jangan terlalu penuh, tambahkan whipped cream di atas jus mangganya. Tutup dengan topping mangga
  4. potong dadu tadi
  5.  Sajikan.

6. Alpukat coco Milo

Bahan-bahan:

  •  3 buah alpukat matang
  •  2-3 saset SKM cokelat
  •  2 bungkus Milo
  •  1 sdm gula pasir
  •  es batu serut secukupnya

Cara membuat:

  1.  Siapkan gelas jumbo atau sesuai selera. Belah buah alpukat keruk dagingnya
  2.  Setelah itu masukkan gula pasir lalu hancurkan dengan sendok sampai lembut/sesuai selera
  3. Lalu tuangkan es batu serut, beri SKM coklat di atasnya lalu bubuk Milo dan sajikan.

7.  Es bongko delima

Bahan-bahan:

  •  100 gr sagu mutiara

Bongko:

  • 100 gr tepung beras
  •  60 gr tepung hunkue
  •  180 gr santan kental/instan
  •  1/2 sdt garam
  •  500 ml air pandan suji

Saus gula merah:

  •  200 gr gula merah
  •  100 ml air
  •  Garam secukupnya
  •  selembar daun pandan, sobek-sobek
  • Susu cair secukupnya untuk kuah

Cara membuat:

  1.  Didihkan air, masukkan sagu mutiara. Tunggu kurang lebih 15 menit, matikan api, tutup panci, biarkan sekitar 30 menit. Masak lagi 10 menit, tiriskan. Rendam ke dalam air es, lalu tiriskan
  2.  Campur semua bahan bongko. Masak sambil diaduk dengan whisk sampai mulai mengental. Matikan api.
  3.  Pindahkan ke loyang, kukus sekitar 10 menit. Biarkan dingin, lalu potong-potong
  4.  Campur semua bahan saus gula merah. Masak sampai gula merah meleleh semua

Penyajian:
Pertama kita potongan-potong bongko, sagu mutiara, tuang susu cair, lalu beri saus gula merah sesuai selera dan berikan es batu.

8. Es campur

Bahan-bahan:

  •  150 gr kelapa muda, dikeruk lebar
  •  25 gr sagu mutiara merah, direbus
  •  100 gr alpukat, dikeruk lebar
  • 100 gr nangka, dipotong-potong
  •  200 gr susu kental manis putih
  •  2.000 gr es serut

Bahan sirup:

  •  450 gr gula pasir
  •  350 ml santan dari 1 butir kelapa
  •  2 lembar daun pandan, diikat
  •  1/2 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh pewarna merah muda

Cara membuat:

  1.  Rebus bahan sirup sampai mendidih di atas api kecil. Angkat dan buang daun pandan. Dinginkan
  2.  Serelah itu masukkan sirup ke dalam es serut sedikit demi sedikit. Aduk rata. Bekukan dalam freezer
  3.  Tata kelapa muda, sagu mutiara, alpukat, dan nangka. Tuang susu kental manis
  4.  Sendokkan es campur ke dalam gelas.
  5. sajikan.

9.  Es melon lemon tea

Bahan-bahan:

  • 1/2 buah melon orange
  •  1 buah lemon, peras ambil airnya
  • 2 buah teh celup
  •  100 ml air panas (untuk melarutkan gula)
  •  5 sdm gula pasir (boleh tambah sesuai selera)
  •  Selasih secukupnya rendam air panas
  •  Air biasa 600 ml
  •  Es batu

Cara membuat:

  1.  Parut melon dengan parutan buah atau potong-potong sesuai selera
  2.  Setelah itu larutkan gula dengan air panas, masukkan teh celup, lalu tuang air lagi
  3.  Masukkan air perasan lemon, masukkan melon
  4.  Sajikan.

10. Cincau susu gula merah

Bahan-bahan:

  •  400 gr cincau hitam potong dadu
  •  500 ml susu uht full cream plain
  •  3 saset susu kental manis putih
  •  2 sdm fiber cream
  •  150-200 gr gula merah
  •  Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1.  Rebus gula merah dengan 150 ml air. Kemudian saring dan dinginkan
  2.  Lalu masukan dalam wadah masukkan susu full cream plain, susu kental manis, fiber cream aduk rata

Penyajian:

  1.  Pertama kita ambiil gelas lalu sajian tuangkan ke larutan gula merah di dasar gelas, cincau kemudian tuang susu dan dinginkan di lemari es
  2.  Beri es batu.

11. Es sarang burung

Bahan-bahan:

  •  1 bungkus agar agar plain
  •  200 ml air matang
  •  50 gr gula pasir

Bahan pelengkap :

  •  1 buah minuman kaleng
  •  Buah kelengkeng kemasan kaleng
  •  2 sdm selasih yang telah diseduh air
  •  Es batu

Cara membuat:

  1.  Pertama kita masak gula dan air di masukkan ke dalam panci lalu direbus sampai mendidih angkat, sisihkan dan dinginkan
  2.  Setelah keras parut agar-agar dengan parutan keju, sisihkan.
  3.  Setelah itu siapkan ke dalam wadah yang telah berisi parutan agar-agar tadi lalu masukkan kelengkeng kalengan beserta airnya, selasih, minuman burung wallet, dan aduk rata
  4.  lalu tambahkan es batu, sajikan.

12. Es Teler

Bahan-bahan :

  • 10 porsi
  • 3 buah alpukat, potong dadu
  • 2 buah kelapa muda, ambil isinya
  • 50 gr selasih
  • 1 bungkus nutrijel, potong dadu
  • 3 sdm gula, tambahan di nutrijel
  • Nangka beberapa potong (saya skip, karena ada masalah lambung)

Bahan Kuah:

  • 500 ml susu uht tawar
  • 1/2 kaleng kental manis (manis tergantung selera)
  • 50 ml santan encer
  • 2 batang daun pandan

Langkah-Langkah:

  1. Masak nutrijel, dinginkan sampai jadi agar dan potong dadu. Nah ini yang agak lama karena nunggu padat.
  2. Potong alpukat, bisa dipotong dadu supaya mudah dimakan
  3. Kerok daging kelapa muda
  4. Rendam selasih dengan air mendidih lalu tiriskan
  5. Masak dan campurkan semua bahan kuah pada panci, lalu diamkan hingga dingin. Masukkan daun pandan sebagai aroma sedap
  6. Siapkan es batu
  7. Campurkan semua bahan isi pada mangkok porsi dan tambahkan es batu.

Demikian Ide Jualan Minuman Unik,Yang Bukan Sekedar Trend Sesaat. Anda bisa mencobanya dan di jadikan contoh atau di praktek kan di rumah kalian masing-masing. Juga bisa di jadikan usaha sampingan saat di rumah atau pun di kos anda masing-masing,semoga bermanfaat buat anda semuada. Dan ada juga ada usaha lain seperti usaha kue rumahan yang simpel dan enak kalian harus mencoba nya