Resep Ice Cream Lembut, Mudah Bikinnya, Nagih Rasanya!

resep ice cream lembut

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan beberapa Resep Ice Cream Lembut, yang bikinnya mudah dengan bahan-bahan yang sederhana, namun rasanya tak perlu diragukan lagi! Yuk, simak langsung di bawah ini.

Ice Cream adalah salah satu dari sekian banyak es penghilang dahaga, yang paling banyak diminati. Walaupun saat ini sudah banyak berkembang minuman-minuman es kekinian, namun peminat ice cream tidak pernah berkurang. Peminatnya dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Itulah sebabnya mengapa makanan ini selalu dikembangkan baik dari segi rasa, bentuk, tekstur, dan bahan bakunya.

Sebelum beralih ke resepnya, yuk simak terlebih dahulu definisi ice cream yang lembut, asal muasal ice cream, kandungan yang ada di dalamnya, serta manfaat yang diberikan ice cream untuk tubuh kita.

Definisi Ice Cream Lembut

Ice cream merupakan makanan yang terbuat dari beberapa bahan baku berupa susu, gula, tepung maizena, telur dan perasa yang dicampur dengan cara dikocok. Teknik pengocokan ini menyebabkan adonan mengembang, sehingga menjadi seperti busa yang padat. Hal inilah yang menyebabkan ice cream memiliki tekstur sangat lembut.

Asal Muasal Ice Cream

Tahukah kamu kalau ice cream sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu? Tentu kebanyakan dari kita belum mengetahui persis mengenai sejarah ice cream. Ya, ice cream telah muncul di dunia sejak tahun 64 Masehi tepatnya di Zaman Kekaisaran Nero dari Romawi.

Pada zaman itu, ice cream tidak seperti yang kita kenal sekarang. Ice cream ini hanya dibuat dari tumpukan salju yang diambil di daerah pegunungan. Lalu dicampur dengan buah-buahan, kemudian diberi madu di atasnya. Sejak saat itulah es krim mulai dikenal.

Namun, ada beberapa studi yang mengatakan bahwa sejarah ice cream ini belum dapat dipastikan secara jelas. Karena ada beberapa ahli sejarah yang mengungkapkan bahwa pada zaman tersebut tidak dapat dikatakan bahwa itu ice cream.

Oleh karena itu, muncul ahli yang mengatakan bahwa ice cream pertama muncul di Tiongkok tepatnya tahun 700 Masehi. Saat itu ice cream menjadi makanan mewah, karena hanya dihidangkan untuk persembahan kepada Kaisar Tang dari Dinasti Shang. Bahan baku dan cara pembuatannya yang digunakan pada zaman ini lebih mendekati ice cream zaman sekarang. Cara membuatnya yaitu dengan membekukan campuran krim atau susu, beberapa jenis perasa, dan gula.

Terlepas dari itu semua, yang jelas saat ini ice cream telah berkembang dengan pesat. Sehingga seluruh kalangan sama-sama dapat menikmati sensasi dingin, manis, dan segar dari ice cream ini.

Kandungan Ice Cream

Kandungan yang terdapat dalam satu porsi ice cream bisa beragam. Tergantung dari bagaimana kita memilih resep ice cream dan cara membuatnya. Oleh karena itu, berikut ini saya akan berikan kandungan dalam ice cream yang umum dijual di pasaran menurut berbagai sumber.

Satu porsi ice cream yang berbahan dasar susu sekitar 66 gr mengandung 137 kalori, 40,26 gr kadar air, 2,31 gr protein, 7,26 gr lemak, 0,59 gr ash, 15,58 gr karbohidrat, 0,5 gr serat makanan, dan 14,01 gr total gula. Beberapa kandungan ini mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh kita, diantaranya:

  • Vitamin D 33,3%
  • Total lemak (lipid) 20,7%
  • Vitamin B2 12,2%
  • Karbohidrat 12%
  • Vitamin C 11,3%
  • Lisin 5,1%
  • Vitamin B12 10,8%
  • Fosfor 9,9%
  • Kalsium 8,4%
  • Isoleusin 7,7%
  • Vitamin B5 7,7%
  • Triptofan 6,8%
  • Valin 6,8%
  • Leusin 5,7%
  • Vitamin A 11,1%
  • Threonine 5,5%

Manfaat Ice Cream

Siapa bilang ice cream itu tidak ada manfaatnya? Beberapa orang tua masih banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya ice cream ini memiliki manfaat yang beragam. Tidak hanya untuk anak-anak saja, melainkan untuk ibu hamil pun sangat bermanfaat namun dengan porsi yang wajar, ya. Karena apapun yang dikonsumsi secara berlebih, tidak akan berdampak baik.

Berikut ini manfaat yang diberikan ice cream untuk tubuh kita, yang dihimpun dari berbagai sumber:

– Mencegah Penyakit Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi dimana tulang menjadi lebih lemah, sehingga mudah fraktur atau patah. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh faktor gen, usia, atau kekurangan kalsium. Penyakit ini tidak memiliki gejala yang siginifikan hingga terjadinya patah tulang.

Oleh karena itu, alangkah pentingnya bagi kita untuk mencegah daripada mengobati, karena mengobati belum tentu dapat menghilangkan penyakit itu selamanya. Kandungan susu di dalam ice cream secara tidak langsung, dapat memberikan asupan kalsium bagi tubuh dan tulang kita.

– Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena ice cream lebih banyak mengandung susu yang kaya akan zat laktoferin dan sitokin, ice cream sebenarnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap penyakit, termasuk juga influenza. Sehingga menjadikan tubuh kita lebih kebal akan penyakit yang utamanya disebabkan oleh virus.

Ironisnya, kebanyakan orang tua saat ini justru melarang anaknya mengonsumsi ice cream karena dianggap dapat menyebabkan flu, batuk, ataupun pilek.

– Sumber berbagai Vitamin

Susu yang terdapat di dalam ice cream menjadikannya kaya akan vitamin dan nutrisi, diantaranya adalah Vitamin A, B6, B12, C, D, E, dan Vitamin K. Vitamin-vitamin ini sangat baik bagi tubuh terutama untuk meningkatkan fungsi saraf dan organ.

– Meningkatkan Libido

Siapa sangka bahwa ternyata ice cream dapat membantu kita meningkatkan hasrat seksual karena kandungan fosfor di dalamnya. Bagi kamu yang merasa kurang memiliki gairah tinggi, mengonsumsi ice cream secara teratur dapat menjadi alternatif.

Selain meningkatkan sirkulasi O2 ke jaringan serta menjaga keseimbangan pH tubuh, kandungan fosfor dalam ice cream dapat  meningkatkan gairah dengan menjaga kadar testosteron kita.

– Membantu Menambah Energi

Ice cream terbukti dapat menambah energi dikarenakan kandungan gula dan karbohidrat yang cukup tinggi. Sehingga, makanan segar yang satu ini dapat mengembalikan semangatmu dalam menjalani hari.

– Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Kekurangan zat kalsium di dalam tubuh menjadi salah satu penyebab kanker payudara pada wanita. Oleh sebab itu, jika kamu ingin terhindar dari penyakit mematikan ini, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Salah satu yang dapat dijadikan pilihan adalah dengan makan ice cream.

– Pembentukan Tulang pada Janin

Selain dapat menjaga kesuburan wanita, kalsium yang terkandung dalam susu sebagai bahan baku utama ice cream juga dapat membantu ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang calon bayi di dalam kandungan.

Hal baik lainnya adalah kalsium juga akan menjaga tulang ibu hamil agar tetap kuat. Karena selama masa kehamilan terjadi perubahan hormon, sehingga ia membutuhkan tambahan kalsium yang lebih banyak dibanding sebelum masa hamil.

– Mengatasi Mual pada Awal Kehamilan

Mual atau bahkan muntah adalah hal yang sangat wajar terjadi pada awal kehamilan. Hal ini dikenal dengan gejala morning sickness. Walaupun hanya mual dan muntah, gejala ini cukup menguras tenaga ibu hamil. Dengan rasanya yang lezat dan dominan manis menjadikan mual atau keinginan muntah ibu hamil berkurang dan sedikit demi sedikit menghilang.

Setelah mengetahui manfaat baik dari ice cream, pasti kalian sudah tidak sabar ingin memakannya bukan? Tenang saja, berikut ini saya berikan beragam resep ice cream yang mudah ditiru di rumah dengan rasa yang nagih! Yuk, simak yang berikut ini.

Beberapa Resep Ice Cream Lembut ala Rumahan

1. Ice Cream Lembut Chruncy Chocochips

resep ice cream lembut

Ice cream ini memiliki cita rasa yang asyik, karena tekstur yang lembut dari esnya dan chruncy dari chococipsnya menjadi satu di dalam mulut. Sehingga, sangat cocok untuk menemani waktu santai kita di rumah saja. Tunggu apalagi? Yuk langsung eksekusi resepnya!

Bahan:
  • 5,5 sdm (80 gr) SKM
  • 10 sdm gula pasi atau boleh diganti dengan gula halus
  • 3 sdm (40 gr) susu bubuk putih
  • 500 ml air putih
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm tepung maizena
  • 100 ml gelas air hangat
  • 1 sdm SP
  • 5 sdm chocochips
  • 1 sachet minuman bubuk rasa vanilla
Resep Ice Cream Lembut Chruncy Chocochips:
  1. Campurkan SKM, gula, susu bubuk, air putih biasa, garam, ke dalam panci kemudian masak hingga tercampur rata.
  2. Selanjutnya, aduk tepung maizena dengan air hangat. Lalu campurkan ke bahan yang sedang di masak tadi ketika telah mendidih. Masak sebentar lagi, kurang lebih 5 menit kemudian dinginkan di suhu ruangan.
  3. Setelah adonan dingin (suhu ruangan) masukkan ke dalam kulkas. Hal ini dikarenakan, kita tidak boleh membiarkan sesuatu dengan suhu yang sangat tinggi masuk ke dalam kulkas (menghindari kulkas lebih cepat rusak). Oleh karena itu, tunggu hingga sesuai dengan suhu ruangan baru dimasukkan ke dalam kulkas.
  4. Setelah beku, keluarkan dari freezer kemudian mixer dengan SP hingga mengembang.
  5. Masukkan minuman rasa vanilla sebagai perasa es krimnya, setelah itu mixer kembali sebentar saja.
  6. Lalu, masukkan chocochips ke dalam adonan. Aduk perlahan hingga merata.
  7. Terakhir, masukkan kembali ke dalam kulkas hingga satu malam supaya beku sempurna.

2. Ice Cream Lembut Brownies Manis nan Legit

resep ice cream lembut

Ice cream lembut yang satu ini, sangat populer di kalangan remaja. Karena umumnya para remaja memilih jajanan manis sebagai pelengkap menemani waktu santainya selama di caffe. Namun, tidak ada salahnya bukan, untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? Coba saja praktekkan resep ini, dijamin rasanya tidak kalah dengan ice cream caffe-caffe hits!

Bahan:
  • 200 ml whipped cream cair
  • 200 ml susu UHT putih
  • 80 gr SKM putih
  • 30 gr susu bubuk putih
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm munjung tepung maizena
  • 1 sdt vanilla essence
  • sejumput garam
  • 1 kotak (ukuran 10*10) brownies kukus
Resep Ice Cream Lembut Brownies Manis nan Legit:
  1. Campur susu UHT, susu bubuk putih, dan tepung maizena ke dalam panci, kemudian aduk-aduk hingga mendidih (harus diaduk terus-menerus menggunakan whisk dengan api kecil).
  2. Lalu, tuangkan sedikit demi sedikit SKM putih sambil diaduk. Kemudian masukkan essence vanilla dan garam, aduk hingga rata. Setelah mendidih, matikan dan diamkan sejenak.
  3. Selanjutnya mixer whipped cream cair dan gula hingga mengembang dan kaku.
  4. Kemudian campurkan adonan pada tahapan ke-2 dengan adonan tahapan ke-3, mixer hingga benar-benar tercampur rata.
  5. Ambil wadah loyang bundar khusus kue (yang dapat dibuka pinggirannya), kemudian hancurkan terlebih dahulu brownies lalu letakkan di bagian bawah loyang dan ratakan.
  6. Setelah itu, masukkan adonan es ke dalam loyang.
  7. Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga satu malam.

3. Ice Cream Lembut Nangka

resep ice cream lembut

Ice cream yang dipadukan dengan buah, sudah terdengar tidak asing di telinga kita. Mulai dari buah strawberry, pisang, melon, alpukat, sampai mangga sudah sangat umum dijual di pasaran. Namun, apakah kalian sudah pernah mencoba ice cream dengan campuran nangka? Ya, buah yang banyak tumbuh di negara tropis kita ini. Pasti tidak sabar untuk mencobanya ya? Yuk langsung cek resepnya di bawah!

Bahan:
  • 120 ml santan kental (setara dengan 2 bks santan instan kara)
  • 700 ml air
  • 200 gr daging nangka, cincang halus
  • 150 gr daging nangka, potong dadu
  • 200 gr gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena
  • 50 ml air hangat
  • sejumput saja garam
  • 1 sdm SP, cairkan
  • 2 tetes pewarna makanan berwarna kuning
Resep Ice Cream Lembut Nangka:
  1. Masak terlebih dahulu santan, air biasa, gula, dan garam sambil terus diaduk hingga rata dan mendidih.
  2. Lalu, masukkan cincangan nangka dan tepung maizena yang dilarutkan ke dalam air hangat. Aduk kembali hingga benar-benar teraduk sempurna. Dinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan. Setelah cukup dingin, masukkan ke dalam kulkas.
  3. Saat adonan sudah beku, keluarkan dan hancurkan menggunakan garpu. Kemudian, masukkan SP dan mixer hingga lembut.
  4. Selanjutnya, tambahkan pewarna makanan dan potongan dadu nangka tadi. Lalu mixer kembali secara perlahan untuk meratakan warna.
  5. Terakhir, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih satu malam.

4. Sweet Ice Cream Pink

Setelah membahas ice cream dengan rasa manis, mari kita beralih ke ice cream yang dikenal memiliki cita rasa manis asam yang satu ini. Tentu kalian tahu bukan, bahan utama dari ice cream ini? Yap, tentu saja strawberry. Rasanya yang unik menjadikan ice cream ini disukai banyak orang. Mau tahu cara bikinnya? Yuk langsung to the point aja! hehe

Bahan:
  • 200 gr whipped cream bubuk
  • 400 ml susu UHT strawberry dingin
  • 0,5 kaleng SKM putih
  • 150 gr strawberry, cincang halus
Resep Sweet Ice Cream Pink:
  1. Kocok susu UHT dan whipped cream bubuk dengan menggunakan mixer selama kurang lebih 5 menit.
  2. Kemudian, tambahkan susu kental manis dan buah strawberry, kocok kembali dengan mixer tetapi turunkan kecepatannya. Setelah itu aduk rata kembali menggunakan spatula.
  3. Selanjutnya, pindah adonan ice cream ke dalam wadah atau loyang.
  4. Terakhir, masukkan adonan ice cream ini ke dalam freezer selama kurang lebih 12 jam atau satu malam.

5. Ice Cream Lembut Mango Tutty Fruity

Bahan:
  • 3 buah mangga manis
  • 200 ml air es
  • 150 gr whipped cream bubuk
  • 100 ml Susu Kental Manis putih
Resep Ice Cream Lembut Mango Tutty Fruity:
  1. Ambil 2 buah mangga, kupas kulitnya kemudian blender hingga halus (tanpa menambahkan air).
  2. Selanjutnya tambahkan air pada whipped cream bubuk, lalu kocok hingga mengental.
  3. Campurkan mangga yang sebelumnya diblender, kemudian aduk hingga rata.
  4. Setelah teraduk sempurna, diamkan selama 10 menit. Lalu masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 15 menit.
  5. Kemudian, keluarkan dan kancurkan kembali ice cream menggunakan garpu. Masukkan kembali ke dalam freezer dengan kurun waktu yang sama. Ulangi sebanyak 3 kali.
  6. Terakhir, masukkan ke dalam loyang dan taruh freezer selama 8 jam.

Nah, cukup mudah bukan resep-resepnya? Sebenarnya, masih banyak lagi resep ice cream lainnya yang tidak kalah enaknya dari ini. Selain dimakan langsung dengan wadah cup atau cone, rupanya ice cream juga enak bila dicampur dengan topping agar-agar. Cara membuat agar-agar pun sangat mudah.

Ternyata, tidak perlu merogoh kocek yang mahal ya untuk merasakan ice cream yang enak. Tinggal kumpulkan niat untuk bikinnya aja nih. Karena segala sesuatu yang diawali dengan niat, maka besar peluangnya untuk berhasil.

Sekian artikel dari saya kali ini mengenai Resep Ice Cream Lembut, Mudah Bikinnya, Nagih Rasanya! semoga dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca. Selalu jaga kesehatan dan selamat mencoba!