Etawa Agroprima, Susu Kambing Terjamin Kehalalannya

  • by
etawa agroprima

Supri Sugiarto merupakan owner susu kambing etawa agroprima  yang beralamat di Jalan Wates km 12, tepatnya di Dusun Jambon, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Susu bubuk ini  diproduksi dari tahun 2004, kemudian memulai peternakannya di sahabat ternak yang berada di lereng merapi tepatnya di daerah Turi.

Awal Mula Mendirikan Bisnis Susu Kambing Etawa

Bapak Supri melihat banyaknya peluang dari bisnis susu kambing etawa. Yang pertama Bapak Supri melihat bahwa susu kambing etawa ini belum banyak kompetitornya. Yang kedua sifat alaminya susu kambing  bersifat alkaline atau basa berbeda dengan susu sapi yang bersifat asam, sehingga ada beberapa orang yang minum susu sapi lalu mengalami alergi. Dan yang ketiga susu kambing lebih diketahui sebagai obat, baik untuk maag kronis dan osteoporosis, karena kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi. Dari situlah Bapak Supri mencoba untuk mengawali susu kambing etawa agroprima  ini, sebagai komoditas yang harus ditekuni. Bisnis ini pun dimulai dari nol, pada waktu itu bentuknya masih cair. Karena belum banyak hasil produksi bahan baku.

Pada waktu itu Bapak Supri pernah mendapatkan orderan susu kambing cair sebanyak 10 liter yang dimasukkan kantong kresek untuk dibawa ke Solo menggunakan  motor. Waktu diperjalanan terdapat lubang  yang mengakibatkan beliau jatuh dan susu kambingnya pecah. Lalu sesampainya di rumah Bapak Supri mulai memikirkan bagaimana agar aman ketika dalam perjalanan. Karena hanya tahan sekitar 3-4 jam akhirnya di freezer terlebih dahulu dalam bentuk es. Setelah itu dibawa menggunakan kardus karton air mineral. Dan ketika di perjalanan menuju ke Solo, yang tersisa hanya 3 buah dan yang lainnya jatuh di jalan karena meleleh.  Akhirnya Bapak Supri berfikir kembali untuk menggunakan sterofom. Karena tidak bisa mengirim dalam jumlah banyak, beliau akhirnya mulai berinovasi lagi untuk memasak manual dari cair menjadi bubuk. Sampai saat ini banyak distributor yang dilayani secara nasional maupun internasional.

Proses Produksi Susu Kambing Etawa

Proses produksinya yang pertama dari peternakan, setelah diperah kemudian dibawa ke tempat produksi. Semuanya hanya dengan manual artinya memakai wajan kemudian diaduk memakai api kecil sampai 4 jam hingga menjadi gel . Lalu setelah menjadi bubuk dibawa ke tempat pengemasan, yang kemudian dioven untuk mengurangi kadar air. Setelah itu diberi pemanis madu dan campuran-campuran herbal jika dibutuhkan, kemudian di packing.

Proses produksi susu kambing etawa agroprima  masih manual tidak menggunakan mesin. Karena kalau 100 liter  atau 200 liter menggunakan satu mesin hanya butuh 2 pekerja. Sementara di daerah peternakan banyak sekali ibu-ibu masyarakat yang perlu ditolong untuk medapatkan penghasilan. Walau dikerjakan secara tradisional tetapi susu kambing agroprima ini sudah mendapatkan sertifikat keamanan pangan internasional yang hanya dimiliki oleh susu kambing agroprima.

Manfaat Susu Kambing Etawa Agroprima

Manfaatnya banyak sekali karena bersifat basa, salah satunya untuk maag kronis kemudian untuk osteoporosis, dan juga untuk membersihkan lendir di dalam paru-paru. Semasa covid ini sebenarnya banyak lendir di dalam paru-paru, susu kambing ini dapat membersihkan paru-paru sekaligus meningkatkan imunitaas.

Tips Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Bapak Supri mengatakan  bahwa selama empat bulan terakhir ini dengan adanya wabah covid-19 banyak sekali pengusaha yang terkena dampaknya. Namun beliau tetap berserah diri kepada Allah dan terus berpikir apa saja yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Lalu Bapak Supri melakukan inovasi dengan mengeluarkan satu produk jahe, sereh , kunyit , dan kulit jeruk yang dibuat dalam bentuk celup. Di mana herbal-herbal ini dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Justru dimasa covid banyak sekali yang membeli produk ini sampai kehabisan stok. Bahkan dari berbagai daerah mulai dari  Kalimantan , Sumatera sampai Papua.

Tips agar bisnis tetap bertahan di tengah pandemi covid-19 dengan melihat bagaimana peluang itu pasti ada. Bapak Supri berkomitmen bahwa bekerja itu karena Allah, produk yang dibuat juga harus hulu, hilir, dan  terjamin kehalalnya. Beliau selalu istiqomah agar dapat membuat produk-produk yang sehat sehingga berani mengangkat brand hulu, hilir dan halal. Berkarya tidak harus memakai biaya mahal, tetapi berkarya dengan apa yang sedang dipikirkan lalu dituangkan, maka akan mendapatkan produk terbaik. Sebagai pengusaha harus selalu berinovasi tidak boleh merasa nyaman karena di jalan ini tidak ada kata berhenti, kecuali berkarya dan berinovasi.

Yuk, simak kisah selengkapnya pada video berikut ini..