Categories
Artikel

Lakukan Ini Agar Bisnis Pakan Ternak Anda Sukses

Bisnis pakan ternak menjadi sebuah peluang usaha yang bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Meningkatnya jenis usaha peternakan, baik burung, ayam, kambing, domba, dan sapi juga berimbas pada meningkatnya permintaan akan pakan ternak.

Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik di tengah persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif. Kita bisa mendirikan usaha sendiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Bisnis pakan ternak ini patut kita coba. Selain peluang yang bagus bahan baku mudah untuk didapatkan.

Agar bisnis pakan ternak lebih menarik konsumen, jangan hanya menydiakan pakan saja. Namun juga menyediakan berbagai perlengkapan dan kebutuhan hewan ternak.

Semakin meningkatnya permintaan pasar akan pakan ternak dan melihat prospek kedepannya. Bisnis pakan ternak harus menyediakan jenis pakan ternak yang lengkap agar laris diserbu para konsumen. Dilihat dari prospek untuk kedepannya jenis yang menjual pakan ternak dengan berbagai jenis akan lebih diserbu oleh konsumen.

Prospek Bisnis Pakan Ternak

Peluang bisnis pakan ternak memang sangat menjanjikan karena banyak pengusaha ternak membutuhkan pakan yang berkualiatas bagi ternaknya agar cepat besar dan panen. Pakan ternak memiliki peran penting bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak.

bisnis pakan ternak

Dengan ikut membuka bisnis pakan ternak, maka akan memyediakan ketahanan pangan bagi ternak seperti sapi, ayam, itik, kambing dan lainnya. Dengan modal tidak terlalu besar bisnis pakan ternak bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Bahkan untuk toko skala kecil yang hanya meyediakan pakan burung, ayam, ikan dan lainnya. Bisa dilihat bahwa toko tersebut akan didatangi banyak konsumen. Karena memang banyak masyarakat yang membutuhkannya.

Kunci Sukses Usaha Pakan Ternak bagi Pemula

Dalam memulai bisnis di bidang ini tidak harus memiliki kemampuan khusus. Yang perlu anda lakukankan adalah serius menjalaninya dan harus mau belajar hal baru. Bisa juga anda bertanya langsung dengan orang yang sudah menjalani bisnis pakan ternak ini.

Berikut adalah beberal hal yang yang mungkin perlu dilakukan dalam membangun dan menjalani bisnis pakan ternak bagi pemula :

1. Mau Belajar

Walaupun latar belakang pendidikan anda bukan dari pertanian, peternakan, ataupun perikanan namun anda tetap bisa sukses menjalani bisnis ini. Kuncinya adalah anda mau belajar dengan hal baru tertama berkaitan dengan pakan ternak.

2. Tau Produk Pakan yang Bagus

Penting bagi pengusaha pakan ternak untuk mengetahui kualitas, jenis, merek, dan kandungan pada pakan ternak. Karene ketika konsmen membeli pakan biasanya akan konsultasi tentang produk yang paling bagus atau sesuai dengan ternak yang merka punya.

Dan juga kualitas pakan ternak harus sesuai dengan uang yang mereka miliki.

3. Pilih Lokasi Dagang yang Strategis

Kesukasesan bisnis pakan ternak anda juga akan ditentukan oleh lokasi usaha anda. Lokasi yang strategis akan meningkatkan jumlah pelanggan dan tetunya pendapatan juga akan meningkat.

Lokasi yang mudah ditemikan serta diakses akan meningkatkan peluang bisnis anda dikunjungi oleh peternak.

4. Bisa Bayar Panen atau Cicilan

Kita mengetahui bahwa banyak dari pternak yang memiliki katerbatasan keuangan. Sehingga biasanya pengusaha pakan ternak memberikan keringanan dengan bisa bayar saat waktu panen ataupun bisa nyicil.

Namun jika pembayaran dilakukan demikian tentu harga pakan berbeda dengan pembelian dengan tunai. Sebelum memberikan pinjaman sebaiknnya anda melakukan survei kelokasi atau rumahnya dan percaya bahwa orang tersebut orang yang mudah membayar uang.

Selain itu dengan strategi ini akan mendatangkan para pelanggan untuk membeli pakan ternak di tempat anda. Antara penjual dan pembeli harus ada kepercayaan dan saling menjaganya agar semua pihak tidak megalami kerugian.

5. Dekat dengan Tempat Banyak Peternakan.

Salah satu cara yang ampuh untuk pemasaran dan promosi produk anda adalah dengan mengenal lansung konsumen anda yaitu para peternak. Jika semakin banyak peternak yang mengenal anda dan menaruh kepercayaa, ini tidak secara langsung akan mempromosikan bisnis anda.

6. Mencari Pemasok yang Baik

Bisnis pakan ternak bisa dilakuken dengan produksi sendiri maupun membeli dari pemasok atau kedua cara tersebut dilakukan bersama. Namun ketika bisnis kita mengmbil produk dari pemosok, pastikan pemasok yang kita pilih baik.

Pemasok yang baik artinya mampu memberikan suply dam mampu memenuhi permintaan anda. Harga dari tiap pemasok juga berbeda-beda, anda harus cermat memilih pemasok bisnis pakan ternak anda

Kisah Sukses Pengusaha Pakan Ternakbisnis pakan ternak

Dikutip dari investasiuntung.com salah satu pengusaha pakan ternak yang suskses adalah Tri Widodo. Pria umur 35 tahun ini memulai bisnis pakan ternak denagan modal awal sebesar Rp 5 juta.

Sekarang seiring berjalannya bisnis pakan ternannya, pendapatan yang dihasilkan mencapai Rp 4 juta per hari. Pelanggan tokonya buka hanya dari daerah sekitar namun sampai ke luar daerah dan luatr pulau.

Menurut Tri widodo jika anda tertarik dengan bisnis pakan ternak, ada beberapa persyratan yang harus dipenuhi, diantaranya sebagai berikut :

  1. Memiliki biaya modal awal untuk bisnis pakan ternak, Modal yang dibutuhkan minimal Rp 5 juta.
  2. Pastikan di daerah anda permintaan akan pakan ternak tinggi.
  3. Jarang atau bahkan tidak ada usaha pakan ternan di wilayah anda. Jika ada pastikan lokasinya tidak terlalu dekat atau jauh.
  4. Lokasi bisnis pakan ternak strategi, mudah untuk dijangkau, misalnya di pingir jalan.
Rincian Biaya Modal Usaha Pakan Ternak

Berikur adalah daftar rincian modal yang dibutuhkan dalam memulai mendirikan bisnis pakan ternak :

  1. Bahan baku awal Rp 4 juta
  2. Sewa lokasi usaha Rp 500 ribu
  3. Biaya telepon dan listrik Rp 100 ribu
  4. Biaya tak terduga lainnya Rp 400 ribu

Jadi total modal awal yang dibutuhkan adalah Rp 5 juta. Jika lokasi usaha dirumah sendiri namun strategis modal sekitar 4,5 juta. Untuk karyawan karena anda baru merintis usaha, anda bisa menggunkan tenaga kerja kelurga sendiri.

Keuntungan Bisnis Pakan Ternak

Diasumsikan bahwa perhari penjualan pakan eceran atau onzet kotot adalah  Rp 200.000 , maka dalam satu bulan mendapatkan omzet kotor sebesar Rp 6.000.000. Dan untuk omzet partai besar perbulan Rp 4.000.000.

Maka didapatkan omzet kotor perbulan sebesar Rp 11.000.000. Keuntungan bersih yang diperoleh yaitu Rp 10.000.000 – 5.000.000 (modal awal) yaitu 5.000.000 perbulan. Akan mendapatkan balik modal dalam jangka satu hingga tiga bulan.

Tri widodo mengatakan bahwa kesuksesan dalam usaha apapun tersuk bisnis pakan ternak sangat mungin diraih. Namun anda harus sabar, pantang menyerah, terus belajar, terus berusaha, rajin, fokus, telate,dan tentunya selalu berdoa.

Jenis-Jenis Pakan Peternakan

Jenis dari pakan ternak sendiri sangat beragam tergantung untuk hewan apa pakan ternak itu dibuat. Mulai dari jenis pakan hewan hobist misal kucing, burung, anjing, dan lainnya sampai pakan ternak hewan peternakan seperti sapi, kambing ayam dan lainnya.

Berikut kami berikan informasi jenis-jenis pakan ternak mulai dari hewan hobist hingga hewan peternakan.

1. Pakan Ternak Sapi

bisnis pakan ternak

Pada umumnya pakan ternak sapi terbagi atas pakan utama dan pakan penguat (konsentrat) dan pakan tambahant.

A. Hijauan

Pakan hijauan merupakan pakan utama sapi untuk menggemukkan badan. Hampir semua jenis rumput hijau bisa digunakan sebagai pakan, namum pemberian jenis rumput yang unggul akan menghasilkan kualitas ternak yang baik.

Contoh jenis hijauan unggul yang dapat diberikan kepada ternak seperti rumput raja, rumput, gajah, dan lain-lain atau bisa mencampurkan rumput lapangan dengan rumput leguminosa seperti gamal, kaliandra, tri, dan lainnya yang memiliki nutrisi tinggi.

B. Konsentrat (Makanan Penguat)

Konsentrat adalah campuran beberapa bahan pakan ternak untuk melengkapi asupan gizi dari hijauan pakan ternak. Terdiri dari bahan pakan yang mengandung serat kasar rendah dan mudah dicerna.

Bahan yang digunakan bisa berasal dari biji-bijian, hasil limbah pertanian dari pabrik, bahan yang berasal hewan seperti tepung ikan, tepung darah, dan lain-lain.

C. Pakan Tambahan (Feed Suplement)

Merupakan makanan tambahan yang berguna untuk merangsang pertumbuhan hewan ternak., mencegah serangan penyakit, dan melengkapi ransum pada pakan ternak. Bahan yang digunakan terdiri dari campuran vitamin dan mineral, misal premix A, premix B, mineral B12, dan lainnya.

2. Pakan Ternak Ayam

Pakan ternak juga mempengaruhi dari pternakan ayam, pakan yang bagus dan berkualitas akan menghasilkan produksi ayam yang berkualitas, baik daging maupun telur.

Berkut adalah daftar pakan ternak yang bisa di implementasikan pada ternak ayam :

A. Jagung Giling

Salah satu jenis pakan ternak ayam yang bisa anda berikan adalah jagung yang digiling. Jagung tidak hanya diknsumsi manusia, kandungan nutrisi pada jagung baik bagi ternak ayam

Jagung mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, asam lemak omega 6, vitamin B, forfor, lemak tak jenuh, kalium, magnesium, dan zat besi. Pakan ini juga juga bagus bagi pencernaan ayam karena siftanya mudah dicerna dan mudah membuat kenyang.

Keunggulan lain dari jagung ini menyumbang lebih dari separo dari energi ayak ternak, sehingga menunjang kesehatan dan keaktifan ayam ternak.

B. Pelet

Pelet adalah bahan makanan ternak yang digiling kemudian dipadatkan. Pakan jenis ini banyak dipilih oleh peternak karena selain praktis juga hemat. biasanya digunakan sebagai pakan ternak ayam karena dianggap efisien sebab mengurangi terbuangnya pakan selain non pelet.

Pelet yang juga sering digunakan sebagai pakan ikan ini bisa dibuat sendiri di rumah. Anda cukup menyiapkan beberapa bahan seperti berikut :

Bahan:

  • Beberapa jenis sayuran, seperti kangkung, bayam, daun ubi jalar dan sayur lainnya. Kebutuhannya sekitar 1%. Kemudian sayur tersebut haluskan.
  • Kunyit lembut, untuk melembutkan bisa diparut. Untuk kebutuhannhya 1%.
  • Dedak Halus. Bisa memperolehnya dengan membeli ke pabrik penggilingan padi.
  • Vitamin.
  • Tepung ikan, misal ikan teri yang dijemur lalu dihaluslkan. Kebutuhan sekitar 34%.
  • Kedelai, sekitar 11%.
  • Jagung yang sudah dihaluskan, kebutuhan 30%.
  • Bekatul, dengan kebutuhan sekitar 26%.
  • Air bersih secukupnya.

Cara Membuat

  1. Semua bahan dicampur hingga rata.
  2. Tambahkan air bersih, aduk kembali hingga mendapatkan konsistensi yang diinginkan.
  3. lakukan pengukusan agar adonan tidak cepat basi.
  4. Setelah matang, bentuk adonan sesuai selera.
  5. Bentuk pelet dengan giling adonan hingga berbentuk panjang, potong lalu jemur hingga kering.
C. Bekatul/Dedak

Bekatul atau dedak merupakn pakan ternak ayam yang sudah sering digunakan oleh peternak. Pakan ternak ini berasal dari limbah limbah penggilingan beras bewarna putih. Warna bekatu cenderung putih dan memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti protein, natrium, dan lemak.

Untuk masalah harga, bekatul terbilang murah sehingga banyak digunakan oleh peternak. Jika anda menggunakan pakan ini jangan lupa untuk memberi selingan jenis lain, agar dapat melengkapi kandungan nutrisi pada bekatul atau dedak ini.

3. Pakan Ternak Lele

bisnis pakan ternak

Untuk mengahsilkan panen lele yang baik perlu diimbangi dengan pemberian pakan yang berkualitas juga. Jadi pilihlah pakan lele yang teruji kualitasnya. Dalam pemberian pakan lele juga harus disesuaikan dengan umur ikan lele agar bisa berkembang dengan baik.

Berikut beberapa jeni pakan lele yang bagus untuk perkembangan ternak lele :

A. Pelet Apung

Pakan jenis ini merupakan pakan lele yang sering digunakan oleh para peternak. Untuk ukuran, pelet apung bervariasi mulai dari serbuk pelet apung hingga bitiran besar. Anda harus bisa membedakan klasifikasi pelet ini sesuai umur lele.

Jika anda bingung untuk memilih pakan dari umur, anda bisa memprediksi ukuran lele jika sudah besar, maka butiran yang diberikan juga agak besar. Dan sebaliknya jika ukuran lele kecil, berikan pelet dengan ukuran kecil juga.

Untuk harga pelet lele cukup menguras dompet, apalagi jika membeli pelet dengan paket pelet ukuran kecil. Hal ini disebabkan karena kandungan protein relatif cukup tinggi yaitu sekitar 33%. Jika ingin hemat, membuat pelet sendiri dirumah adalah solusinya. Anda bisa mencari informasi tentang cara membuat pelet lele.

B. Pelet Tenggelam

Jenis pelet ini sifatnya tenggelam dipermukaan air. biasanya jenis pelet apung digunakan untuk kolam yang dalam, namun juga bisa digunakan pada kolan dangkal. Pengunaan pelet ini biasanya diberikan menjelang panen lele yaitu sekitar 2 minggu sebelum panen.

Harga pelet tenggelam lebih lebih murah dibandingkan dengan pelet apung. Untuk kandungan pelet tenggelam memiliki kadar protein sekitar 27% dan diperuntukan bagi lele untuk menambah bobotnya.

C. Pakan Alternatif

Untuk mengurangi pengeluaran biaya pakan lele, Mulailah untuk memberikan pakan alternatif bagi ternak lele anda. Pakan alternatif bisa berupa ayam sisa, sosis, nasi sisa, ikan teri, ikan rucah, limbah sayur dari pasar.

Untuk menambah bobot pada ikan lele yang hendak di panen. Berikan pakan seperti daging sisa. Bisa didapatkan dari penjual daging, baik daging ayam atau lainnya.

Dalam pemberian pakan alternatif jangan terlalu banyak. Jangan sampai pernah memberikan pakan alternatif dalam jumlah banyak, berikan secara dikit demi sedikit.

D. Pakan Alami

Pakan alami ikan lele bisa berupa cacing tanah, kijing, cacing sutra, keong, kutu air, hewan kecil lainnya. Pemberian pakan alami juga harus memperhatikan jenis lele. Misalnya cacing sutra sanagat cocok untuk ikan lele yang baru belajar makan.

Jenis pakan ini mangandung protein yang cukup tinggi, kandungan proteinnya diatas 50% dan memiliki kandungan nutrisi yang baik sekali terutama bagi anakan lele untuk pertumbuhannya.

Jika ternak lele anda masih awal atau masih benih, disarankan untuk memberikan jeni pakan alami. Namun terlebih dahulu cek keadan kolam, jangan sampai kotor dan berbau. Jika kolam kotor dan bebrbau pastikan untuk mengganti air dahulu.

Karena pakan alami memiliki sifat cepat busuk dan pakan yang tidak habis dimakan akan menyebabkan hama dan penyakit pada ikan lele.

Ya, itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan lakukan dalam memulai dan menjalani bisnis pakan ternak. Dalam bisnis anda bisa melukan produksi pakan ternak sendiri atau juga bisa beli dari ditributor langsung.