Categories
Artikel

18 Ide Usaha Kuliner Kekinian 2020 yang Harus dicoba!

Ide Usaha kuliner kali ini akan membahas tentang ide ide yang bisa anda coba untuk usaha anda. Disamping itu, anda juga harus memperhatikan keuntungan dan kerugian.

Penyebab bangkrutnya sebuah usaha ada banyak. Selain manajemen uang yang buruk atau modal yang kurang dan tidak meraih untung, tapi juga Owner bisnis itu sendiri tidak mau melihat trend bisnis yang dia jalani.

Mempertahankan bisnis yang lama akan mengurangi konsumen, selain tidak mengikuti trend, bisnis anda akan terlihat membosankan. Dan akhirnya akan gulung tikar.

Coba bayangkan, kalau konsumen mencari restoran/usaha yang kekinian, maka mereka akan datang ke toko anda. Dan omzet bisnis akan meningkat.

Untuk anda yang masih bingung ingin membuka usaha tapi yang jaman now, maka berikut ini adalah beberapa Ide usaha kekinian yang dapat anda coba.

Ide Usaha Kuliner Kekinian

1. Kuliner Bubble Milk Tea atau Boba

ide usaha kuliner

Boba ini pertama kali booming di Taiwan, bahan dasarnya hanyalah tepung tapioka yang di campur dengan gula aren kemudian di bentuk menjadi bola bola kecil yang di sandingkan dengan teh atau susu.

Boba pun juga memiliki nama lain yang di kenal masyarakat, seperti bubble, pearl, dan lain sebagainya

Keboomingan boba ini tak hanya berhenti di Taiwan saja, kini sudah mulai menyebar ke Indonesia. Bahkan saat masih awal beberapa outlet di buka, banyak yang rela mengantri demi minuman ini.

2. Kuliner Minuman dengan Topping Biskuit

ide usaha kuliner

Segarnya minuman kopi atau susu yang di beri topping biskuat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat sekarang. Selain lezat, makanan ini juga unik, tak salah jika banyak yang tertarik untuk mencicipinya.

Bukan hanya cita rasanya saja yang lezat, tapi Minuman ini juga bisa mengubah pandangan seseorang terhadap biskuit yang hanya disandingkan dengan teh atau menjadi kudapan bayi.

Penyajian es kopi susu dan susu segar dengan topping biskuit juga semakin berkembang seiring dengan permintaan konsumen yang semakin beragam.

Anda berminat membuka usaha ini? sudah ada gambaran untuk bisnis kali ini?

3. Ide usaha kuliner Es Kopi Gula Aren

Cita rasa kopi ini sudah melekat pada masyarakat di Indonesia, selain rasanya yang unik, kopi ini di tetapkan menjadi kuliner kekinian 2020.

Tetapi, suksesnya brand kopi di Indonesia tak di tentukan dari citarasanya saja, tetapi juga pemasaran baik secara offline maupun online juga berpengaruh dalam bisnis yang akan anda bangun

Tak jarang kita menentukan kedai kopi susu dengan nama yang sedikit “nyleneh” untuk mendapat perhatian dari masyarakat, selain itu juga agar mudah di ingat pembeli.

4. Martabak Topping Samyang

ide usaha kuliner

Makanan yang menjadi legend di Indonesia salah satunya adalah Martabak. Martabak di bagi menjadi dua, satu maratabak manis atau terang bulan dan martabak asin.

Karena martabak ini tak pernah sepi pelanggan, maka dari itu kesempatan ini di jadikan peluang untuk menarik konsumen dengan menambahkan topping yang unik

Untuk martabak asin ini, bisa di kreasikan dengan samyang atau mie khas korea. Karna masyarakat Indonesia pecinta makanan pedas, mungkin topping ini bisa menjadi incaran mereka.

Hasilnya juga menarik banyak perhatian masyarakat untuk mencicipinya. Bagaimana? sekarang tertarik untuk berbisnis martabak ini?

5. Makanan berbau Keju

Keju merupakan salah satu makanan favorit yang di konsumsi oleh kebanyakan masyarakat. karena cita rasanya yang asin dan gurih ini, maka makanan ini mudah di kombinasikan dengan apa pun.

Tak heran jika nada banyak menemukan makanan dengan topping keju. entah makanan pedas ataupun manis, minuman sekali pun.

Tahun 2020 ini, keju yang menjadi sorotan masyarakat adalah Keju Mozarella dan Cheese Cream (krim keju).

Untuk anda yang masih bingung untuk membuka usaha, mungkin ide usaha kuliner ini bisa menjadi jalan keluarnya.

6. Pancake Boba

Pancake atau kue yang di masak di atas pemanggang ini terdengar sederhana, namun bagaimna jika di kombinasikan dengan boba? terdengar menarik bukan?

Apalagi pancake dengan tekstur yang lembut sangat di minati masyarakat. Tapi kebanyakan di jumpai hanaya di restoran besar. Ini menjadi peluang untuk anda, membuka kedai pancake dengan tekstur yang lembut yang di beri topping boba.

Walaupun pancake ini adalah makanan jadul alisan Jaman dulu, tapi masih banyak yang berminat, sedangkan boba ini sendiri adalah makanan jaman now.

Tidak heran jika banyak yang penasaran dengan perpaduan makanan beda zaman ini. Anda tertarik? silahkan mencoba.

7. Bakso Konro

Di zaman millenial ini, alangkah baiknya kita mencari ide usaha kuliner yang belum ada sebelumnya. Menyatukan makanan nasional dengan makanan daerah. salah satunya bakso Konro ini.

Perpaduan antara bakso dan masakan khas makassar atau konro ini bisa menjadi salah satu ide usaha kuliner yang cukup menarik dan banyak di minati masyarakat.

Untuk Anda yang ingin membuka usaha ini, anda bisa mengkreasikan porsinya. Bakso di bentuk raksasa mungkin salah satu kreasinya.

8. Donat Indomie

Masyarakat Indonesia menyukai makanan yang unik dan menarik, mungkin makanan ini belum banyak di temukan di Indonesia, tapi anda bisa menjadikan peluang untuk salah satu menu di dalam bisnis anda.

Donat indomie adalah inovasi makanan kekinian yang sangat menarik. Mengapa? Karna anda langsung bisa merasakan rasa khas Indomie yang di kreasikan bersama potongan daging dan juga lelehan keju mozarella.

9. Banana Nugget

Kali ini kita akan membahas kreasi makanan dari pisang. Saat ini sedang booming makanan Banana Nugget. Makanan ini sendiri berbahan baku pisang yang di lumuri tepung roti lalu di beri topping lelehan coklat, matcha, keju, dll.

Mungkin masih agak susah untuk menemukan kedai toko banana nugget ini. Di karenakan belum banyak yang merintis bisnis banana nugget ini sendiri.

Untuk anda yang mencintai keunikan, mungkin anda bisa membuka usaha ini. Karna keunikannya ini, topping yang beragam juga harga terjangkau, mungkin usaha anda akan melejit laris.

10. Rujak Cireng

Cireng atau aci goreng ini merupakan makanan khas sunda. Makanan ini banyak ini di temukan di sekolah sekolah atau universitas. Makanan ini pun telah memiliki variasi, biasanya di variasikan dengan di beri isian daging atau keju.

Atau biasanya cireng di sandingkan dengan bumbu kacang dan bumbu tabur/kering. Melihat itu adalah hal yang biasa, disini saya akan memberikan kreasi yaitu di cocol dengan bumbu rujak.

cukup mudah, anda tak harus membuat aci itu sendiri, sekarang sudah ada agen frozen food yang menjual cireng tersebut. Tinggal anda membuat bumbu rujaknya.

11. Pizza Goreng

Tak bisa di bohongi, pizza adalah makanan yang sangat di gemari berbagai kalangan di Indonesia. Tapi kebanyakan pizza di sediakan dengan loyang yang besar dan harga yang cukup mahal.

Maka dari itu, karna di gandrungi banyak kalangan, ini bisa menjadi salah satu peluang untuk anda. Membuat inovasi baru dengan harga yang ramah di kantong

Pizza goreng ini salah satunya. Cara pembuatannya hampir sama seperti kebab goreng, makanan ini dibentuk dalam ukuran yang kecil dan juga isian yang bermacam macam.

12. Hotdog Kentang

camilan lezat ini populer karna terdapat di beberapa serial drama korea. Selain itu, hotdog kentang atau hotang ini murah, mudah di buat juga mudah di temui dimana saja

Proses pembuatannya pun sederhana, cukup sediakan sosis, kentang, keju (sesuai selera), saus dan pelengkap lainnya. Anda bisa membuatnya lalu di pasarkan.

Karna makanan ini unik juga murah, maka anda bisa menjadikan ini peluang usaha untuk anda,

13. Mango Thai

Sesuai dengan namanya, Mango thai ini dibuat dengan bahan baku mangga dan berasal dari Thailand. untuk pembuatannya hampir sama seperti thai tea lainnya.

Tapi untuk mango thai ini, anda harus memperhatian musim mangganya. jika sedang tidak musim, anda bisa mencoba bisnis yang lainnya.

Saat musim, saya yakin bisnis ini akan banyak banyak di minati, selain unik, segar, dan sehat, harganya juga terjangkau.

14. Kue Cubit

jajanan ini adalah salah satu dari seribu kue yang populer di Jakarta. Kue ini memiliki ukuran kecil sekitar 4cm. makanan ini biasa di temui di pedagang kaki lima, tempat umum, bahkan festival.

Saat ini, kue ini sudah mulai tersedia dimana mana.  Rasanya pun enak dan manis, sehingga membuat banyak orang menyukai jajanan ini.

15.  Martabak Manis

martabak manis ini sangat di gemari di Indonesia, selain rasanya yang lezat dan harga yang terjangkau, makanan ini sangat lezat di lidah.

Kita bisa menemukan penjual martabak saat malam hari menggunakan gerobak atau toko di pinggir jalan dengan harga dan varian rasa yang berbeda.

Tapi apakah anda sadar? kebanyakan martabak hanya monoton saja rasanya. Maka dari itu, kita harus menemukan inovasi baru. 1 loyang diisi dengan 8 rasa yang berbeda.

Terdengar unik kan? Selain unik, martabak juga tidak membosankan saat mencoba potongan satu dengan yang lainnya.

Tertarik mencoba? Selamat bereksperimen .

16. Tahu Kribo

Unik bukan namanya? Namanya saja sudah unik, bagaimana bentuknya? dan bagaimana rasanya? pasti itu yang akan terbesit di pikiran kita jika mendengar tahu kribo.

Proses pembuatan tahu kribo ini sangat unik, tidak seperti dengan tahu lainnya, kalau tahu kribo ini tahu di hancurkan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan tepung kanji, tepung beras, dan bahan-bahan lain.

Untuk Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, tidak lebih dari 100k saja. Maka dari itu, usaha tahu kribo ini bisa menjadi peluang usaha. Selain membutuhkan modal sedikit, proses pembuatannya pun mudah.

17.  Black Burger

Ide usaha kuliner

Usaha makanan yang ini sangat antimeanstream, karna dari namanya saja kita sudah penasaran dengan bentuknya dan rasanya kan? ya, karna roti dari burger ini berwarna hitam.

Sebenarnya makanan ini sudah ada sejak lama, tapi belum banyak yang membuka usaha black burger ini. Black burger ini bisa menjadi Ide usaha kuliner untuk anda.

Untuk modal awal black burger ini memang membutuhkan biaya yang agak besar sekitar 5 juta, tetapi jangan lupakan omzet perbulannya, omzetnya bisa mencapai 10 juta perbulan.

banyakkan? Tertarik ingin mencoba?

18. Dadar Gulung Coklat

Dadar gulung apa yang sering kamu jumpai? yang berwarna hijau kan, itu pasti sudah sangat familiar di penglihatan kita. Tapi bagaimana dengan dadar gulung berwarna coklat? Unik bukan.

Ya, sebagai pebisnis yang professional, kita juga harus menemukan inovasi dari makanan apa yang akan kita pasarkan. seperti dadar gulung coklat ini.

walau membutuhkan modal sekitar 7 juta perbulannya, tapi anda bisa meraih omzet dengan jumlah 25 juta perbulannya. Keren kan.

Untuk pembuatannya cukup mudah, tinggal mencari di Internet dan anda akan menemukannya.

Elemen-elemen Bisnis Ide Usaha Kuliner

1. Dekorasi yang Instagramable

Untuk design dekorasi ini sangat penting untuk menarik perhatian pelanggan. Tak hanya menikmati hidangan saja, pelanggan pasti akan berswafoto sebelum pulang.

Coba anda lihat kedai yang ramai di kunjungi, pasti dekorasi dan design interiornya sangan instagramable. Maka dari itu, banyak pelanggan yang mampir, mengambil foto dan mengabadikannya di feed instagram masing masing.

Tapi juga harus di sesuaikan dengan kedai anda. Misalkan anda membuka kedai kopi, maka sesuaikan tema, design interior juga warna untuk kedai anda. mungkin anda bisa memilih warna dan design yang aesthetic.

2. Open Kitchen

ide usaha kuliner
Apa itu open kitchen? open kitchen adalah dapur yang di tata terbuka. Artinya pelanggan dapat melihat dapur dan proses pembuatan makanan atau minuman. dengan begitu, pelanggan dapat menyaksikan pembuatan makanan yang di pesannya.

Hal ini juga membuat pelanggan merasa tenang dan tidak tertipu oleh proses pembuatan. Untuk makanan yang pembuatannya tingkat rumit, contohnya pizza, mereka juga bisa melihat proses pembuatan roti pizza yang dikenal di putar putar di udara.

3. Free Wifi

ide usaha kuliner

Untuk elemen ini, sangatlah mengundang banyak pelanggan. Entah pelajar, mahasiswa, pekerja, bahkan ibu rumah tangga. Mereka mungkin akan mengerjakan tugas atau sekedar update media sosial, dan akan bertanya “apakah tersedia wifi?”

Hal ini tentu berpengaruh kepada kenyamanan mereka. Di tambah jika kecepatan jaringan wifi kedai anda tergolong cepat, maka tak segan segan mereka datang berulang kali ke kedai anda

4. Manajemen Bisnis yang Baik ide usaha kuliner

Jangan berbangga diri saat bisnis anda sudah memenuhi kriteria bisnis kekinian. Tapi ada elemen yang sangat penting yang tak bisa anda lupakan, yaitu Manajemen bisnis yang baik.

Disini anda harus bisa mengendalikan pengeluaran dalam seminggu bahkan sebulan. Anda harus mempunyai target dan daftar pendapatan setiap bulan atau tahunnya.

Dengan begitu, anda bisa mengetahuinya, apakah bisnis anda berkembang atau malah menciut.

Maka dari itu jangan lupakan hal ini, mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan agar tidak terjadi hal yang di inginkan.

5. Live Music

ide usaha kuliner

Walau tujuan utama sebuah kafe atau kedai di bangun untuk menyediakan makanan atau tempat bersinggah, tapi apa salahnya jika dari pihak kafe menyediakan live music.

Jika sebelumnya hanya ponsel yang di sambungkan ke speaker, di trend 2020 kali ini biasanya menyediakan live music akustik. Disamping itu, anda bisa mengundang beberapa artis yang sedang hangat dan mempromosikannya.

dengan begitu, banyak pelanggan yang akan datang ke kedai anda, untuk mendengarkan artis/ penyanyi favorit mereka. Dan pastinya, mereka akan memesan makanan atau minuman dari kedai anda.

6. 24 Jam

ide usaha kuliner

Untuk mengobati rasa lapar hanya lah makan, dan lapar bisa datang kapan saja, malam sekalipun. Dan untuk masyarakat yang ingin makan diluar, mereka biasanya menyerah ketika lapar di jam 1-2 malam

Karna kebanyakan restoran dan kedai makanan akan tutup di jam 10. Maka dari itu, ini bisa menjadi peluang kedai anda

Anda bisa membuka 24 jam tak selalu setiap hari, anda bisa membukanya beberapa hari. Senin-jumat misalkan.

Nah, jadi itulah 15 ide usaha kuliner kekinian yang bisa anda coba dirumah. anda juga bisa mencoba Bisnis ayam bakar