Categories
Artikel

Jenis Usaha Perkebunan Untuk Pemula di Tahun 2020

Peluang jenis usaha perkebunan ini memiliki pemasokan yang cukup besar di bandingkan dengan usaha yang lain. Sudah pasti di karenakan hasil perkebunan yang menjadi kebutuhan warga, juga tanahnya

Jika anda merencanakan membudi dayakan kebun anda, pastikan anda paham bagaimana cara mengolah tanah dengan baik dan benar. Jangan lupa juga untuk memperhatikan musim saat akan menanam.

Selain itu, anda juga harus banyak belajar tentang cara merawat tanaman yang baik dan benar, agar hasil kebun anda tidak main main hasilnya nanti.

Untuk menemukan potensi tanaman yang sesuai dengan kebun anda, anda perlu riset atau penilitian dan mengikuti perkembangan harga jual tanaman di pasar, ini agar tanaman anda banyak yang meminati.

Untuk daerah yang memiliki potensi tinggi untuk di jadikan perkebunan, area pedesaan lah yang tepat. Ini di karenakan masih banyak tanah yang terhampar luas juga tingkat kesuburan yang relatif tinggi.

Ternyata jenis usaha perkebunan itu macam macam lho. Pastikan sebelum memulai usaha perkebunan ini, tanah yang akan di gunakan sesuai dengan jenis tanamannya. Berikut ini adalah beberapa inspirasi untuk jenis usaha perkebunan.

Macam Macam Perkebunan

1. Kebun Sayur Organik

jenis usaha perkebunan

Untuk sayuran ini memiliki prospek yang baik, di karenakan setiap rumah pasti membutuhkan sayuran untuk asupan makanan mereka sehari hari, jangan lupakan jika mereka juga memiliki hewan peliharaan.

Karena sayuran ini memiliki banyak macamnya, saya sarankan anda memilih jenis usaha perkebunan sayuran organik, Di karenakan apa? sudah di pastikan bahwa sayuran organik ini sendiri banyak mengandung nutrisi juga lebih menyehatkan.

Tak heran jika banyak keluarga yang bahkan rela datang ke kebun sayuran demi mendapatkan sayuran yang masih sangat segar, dan murah, itu sangat lumrah.

2. Kebun Buah-buahan

jenis usaha perkebunan

Buah buahan tak kalah menguntungkan dari sayuran. Karena melihat banyak nya masyarakat Indonesia yang membutuhkan juga menyukai buah buahan, Tak heran jika jenis usaha perkebunan ini memiliki prospek yang cukup menguntungkan.

Tetapi sebelum memulai usaha ini, pastikan anda sudah mengecek harga buah yang cukup tinggi di pasaran, jadi anda bisa menanam buah tersebut. Jangan lupakan juga tanah yang akan anda gunakan, pastikan cocok dengan tanaman anda.

Dengan begitu, buah yang akan di hasilkan oleh kebun anda akan berkualitas. Dan memiliki daya saing yang cukup tinggi di pasaran nanti.

3. Perkebunan Pohon Jati

jenis usaha perkebunan

Untuk jenis usaha perkebunan ini sendiri, pasti anda sudah tau bagaimana omzet yang akan di dapatkan. Ya, hal ini di karenakan kualitas kayu jati jauh lebih baik di bandingkan dari kayu kayu lainnya.

Kayu ini bisa di olah menjadi perkakas dengan kualitas nomor satu, juga di jadikan sebagai perabotan rumah tanga. Tak jarang orang banyak mencari kayu ini untuk membangun rumah idaman mereka.

Harga yang cukup tinggi, juga perlu perawatan yang baik. Anda harus tetap memperhatikan semuanya saat masih mulai menanam bibit pohon jati.

4. Perkebunan Pohon Sengon

jenis usaha perkebunan

Tak hanya kayu jati yang memiliki kualitas kayu yang bagus, kayu pohon sengon ini tak kalah berkualitasnya. Harga nya juga lumayan terjangkau, tak jarang banyak perkebunan pohon sengon ini.

Jika anda memiliki tanah yang cukup luas, tanami saja dengan bibit pohon sengon ini. Untuk waktu panennya tak membutuhkan banyak waktu, anda cukup menanti selama 5 tahun, maka hasil dari pohon sengon ini bisa di nikmati.
Bagaimana? tertarik untuk mencoba jenis usaha perkebunan pohon sengon ini? Lumayan bukan.

5. Usaha Pupuk, Obat dan Bibit Tanaman Perkebunan

Mungkin anda akan tertarik untuk membuka usaha pupuk setelah membaca beberapa jenis usaha perkebunan di atas. Tak perlu khawatir jika anda tak memiliki tanah dan ingin membuka usaha perkebunan.

Untuk jalan keluarnya adalah dengan menjadi agen penyedia pupuk organik juga obat khusus tanaman. Karna pasti banyak pemilik kebun yang membutuhkan pupuk dan obat untuk perkebunannya.

Dengan begini, walau tak ada tanah anda juga bisa mendapatkan uang dari hasil usaha pupuk dan obat khusus tanaman anda. Di tambah jika harganya cukup terjangkau, pasti banyak yang berminat.

6. Usaha Tanaman Hidroponik

jenis usaha perkebunan

Untuk peluang usaha dari tanaman hidroponik ini cukup baik. selain tidak memperlukan lahan, untuk jenis usaha perkebunan ini juga menghasilkan omzet yang lumayan.

Anda hanya memperlukan beberapa media untuk tanaman anda, paling tidak anda mengembiakkannya di belakang rumah atau lahan yang tak cukup luas. Mengapa ia tak perlu lahan? Karena jenis tanaman ini bisa di letakkan di mana pun.

Banyak warga di kota yang memanfaatkan tanaman hidroponik ini. Karena sebagian besar dari mereka tak memiliki tanah untuk di jadikan lahan di kota. Makannya mereka memanfaatkan beberapa lahan yang kecil yang kosong di rumah mereka.

7. Usaha Kebun Cabai Merah Keriting

jenis usaha perkebunan

Indonesia ini tergolong yang masyarakatnya sebagian besar menyukai makanan pedas. Tak jarang jika permintaan cabai merah keriting selalu tinggi. Walau ketersediaannya lumayan terbatas.

Nah, dari sini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha perkebunan anda. Jenis usaha perkebunan ini, tak memperlukan lahan yang luas, anda bisa menggunakan metode hidroponik seperti diatas tadi.

Namun, anda juga harus pandai dalam merawat tanaman cabai anda. Jika tidak, hama akan membumi hanguskan lahan cabai anda. Dan akhirnya anda akan mengalami kerugian.

8. Usaha Kebun Bawang Merah dan Putih

jenis usaha perkebunan

Kita kali ini akan membahas rempah rempah yang harus ada di setiap dapur. Mengapa? salah satu jenis rempah ini banyak digunakan di setiap masakan, bahkan hampir semuanya.

Selain di jadikan bumbu masakan, untuk kedua rempah ini juga bisa di jadikan sebagai obat tradisional. Maka dari itu, tak heran jika rempah ini banyak permintannya.

Untuk itu, ini bisa di jadikan salah satu jenis usaha perkebunan anda. Jika permintaan selalu  tinggi, maka pemasukan yang masuk juga tak akan sedikit, pastinya anda sangat paham.

9. Usaha Kebun Mentimun

jenis usaha perkebunan

Untuk jenis usaha perkebunan yang satu ini, anda tak perlu menunggu lama untuk panennya. Masa panen mentimun hanya memperlukan waktu sekitar satu bulan.

Dan untuk pemasaran mentimun juga tak terlalu sulit, hal ini di karenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang menjadikan mentimun ini sebagai sayuran pendamping makanan mereka.

Mentimun ini juga sangat baik untuk kecantikan. Selain pedagang sayuran yang akan membelinya, tentunya pabrik kecantikan akan mencari produsen mentimun yang segar.

10. Budidaya Rempah-Rempah

Jika tadi kita sudah membahas 2 rempah rempah, disini kita akan membahas semuanya. Rempah rempah ini memiliki permintaan yang selalu tinggi. Mulai dari jahe, lengkuas, kunyit, kunir, dll.

Tak perlu khawatir dengan pemasarannya, karena ini akan sangat mudah. Anda bisa menjualnya kepada siapapun dan dimana pun. Karena rempah rempah ini sendiri juga di sukai oleh masyarakat mancanegara.

Jika anda mampu menjual hingga ke berbagai macam negara, eropa khususnya, maka anda bisa mendapatkan 5-7x kali lipat dari harga yang di jual di Indonesia ini.

11. Bisnis Tanaman Hias

jenis usaha perkebunan

Salah satu jenis usaha perkebunan yang banyak di minati, untuk tanaman hias ini juga banyak peminatnya. Selain cara merawatnya mudah, banyak juga yang membutuhkan tanaman hias ini.

Mulai dari pribadi, perusahaan, wedding organizer, jasa dekor, dan lain sebagainya. Hal ini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Tak memperlukan lahan, tapi juga omzet yang di dapatkan tak kalah besar nya dari beberapa jenis usaha perkebunan diatas tadi.

12. Usaha Perkebunan Coklat

jenis usaha perkebunan

Untuk anda pecinta coklat, anda bisa memanfaatkan itu untuk dijadikan usaha perkebunan kakao. Coklat ini sendiri sangat banyak peminatnya, mulai dari yang di dalam negri, juga yang di luar negri.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari perkebunan ini adalah, kakao nya bisa di panen setiap saat dan tidak tergantung pada musim. Anda bisa menyetorkan hasil perkebunan anda kepada pabrik coklat, maka anda akan meraup omzet yang cukup besar.

Anda juga bisa mengolahnya sendiri lalu di pasarkan ke masyarakat luas, maka anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari olahan tersebut.

13. Usaha Perkebunan Tebu

jenis usaha perkebunan

Tebu merupakan bahan baku dari gula, tak heran jika banyak petani yang menggunakan ladangnya sebagai ladang tebu. Tebu ini juga mampu bertahan hidup di iklim tropis.

Untuk anda yang masih bingung akan di tanami apa lahan anda, mungkin jenis usaha perkebunan tebu ini menjadi jalan keluar dari kebingungan anda.

Selain cara merawatnya mudah, untuk menikmati hasilnya juga tak cukup lama. Anda juga bisa sambil menjual olahan minuman dari tebu ini langsung.

14. Perkebunan Kelapa

Air kelapa hijau ini menjadi minuman favorit saat bersantai di negara Indonesia. Biasanya akan banyak di temui di tempat wisata. Selain menyegarkan, manfaat dari air kelapa ini juga menyehatkan badan dan mengeluakan racun tubuh.

Selain buah dari kelapa yang di manfaatkan, bagian tubuh lain dari pohon kelapa ini juga bisa di manfaatkan. Daunnya sebagai bahan bakar masak di pedesaan, kayu nya yang cukup bagus untuk di jadikan perabotan, juga bathok kelapa yang bisa di jadikan mainan.

Hal ini menyebab kan banyak petani yang memilih jenis usaha perkebunan kelapa ini. Selain omzet yang di hasilkan cukup banyak, pemilik kebun ini juga bisa memanfaatkan hasil kebunnya sendiri.

15. Perkebunan Cengkeh

Selain coklat dan kelapa, ada juga tanaman cengkeh yang banyak di minati oleh masyarakat Indonesia juga warga mancanegara. Tanaman ini biasanya di jadikan sebagai obat tradisional yang di seduh.

Tak heran jika banyak yang mulai menjadikan lahan mereka menjadi perkebunan cengkeh. Selain banyak manfaat nya, banyak peminatnya, cara merawatnya pun tak cukup sulit.

Bisa juga anda promosikan ke luar negri, sudah pasti akan laku keras. Karena kebanyakan di negara lain tidak ada tanaman cengkeh, atau bisa di bilang jarang.

Itu tadi adalah beberapa jenis usaha perkebunan yang mugkin akan mengisnpirasi anda jika akan membuka usaha perkebunan. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara merawat tanaman.

8 Teknik Merawat Tanaman

1. Teknik Penyiraman yang Tepat

Pasa dasarnya, ketika anda akan merawat sebuah tanaman pastikan anda telah mempelajari tentang tanaman tersebut. Berjenis apakah tanaman tersebut, apakah termasuk ke kategori perlu banyak air atau sedikit.

Untuk penyiraman tanaman yang menggunakan terlalu sedikit air, akan menyebabkan tanaman kekeringan dan mati. Pun sebaliknya, jika tanaman di siram terlalu banyak air, maka akar dari tanaman tersebut akan membusuk dan mati.

Jadi harus tepat kadar air nya ketika menyiram tanaman anda.

2. Memberikan Sinar Matahari Secara Merata

Cara merawat tanaman setelah pemberian air yang tepat adalah tanaman harus mendapatkan cukup sinar matahari. Ini agar tanaman nanti bisa melalui proses fotosintesis. Bahkan tanaman indoor pun juga sesekali harus mendapatkan sinar matahari.

Tanaman sama halnya dengan manusia. Jika terlalu banyak maka tanaman akan kekeringan, layu dan juga mati. Prinsipnya, harus mengetahui kebutuhan sinar matahari tanaman.

Untuk kebun sayur-sayuran dan buah buahan, mereka membuthkan waktu sekitar 6 jam untuk sinar matahari. Jika tanaman biasa, cukup 3-4 jam saja, tak usah berlebih.

3. Kontrol Suhu dan Kelembapan yang Pas

Apapun jenis tanamanmu, entah kebun sayuran, buah buahan, atau tanaman hias. Tanamanmu juga membutuhkan kontrol suhu dan kelembapan yang pas.

Sebagai rutinitas merawat tanaman yang baik, anda juga perlu memperhatikan suhu nya, agar tanaman anda tidak tumbuh di tempat yang salah, maka akan sia sia usaha anda.

Memilih tanaman juga penting, ini harus anda sesuaikan dengan kondisi tanah juga iklim di daerah anda. Bayangkan saja jika tanaman dengah iklim dingin harus bertahan hidup di iklim yang panas, maka dalam waktu dekat ia akan mati.

4. Antisipasi Hama Sejak Dini

Ada berbagai cara merawat tanaman yang efektif agar tanaman tidak mudah terserang hama sejak dini. Berikut beberapa strategi untuk melindungi tanaman anda dari hama pengganggu :

  • Menjaga Kualitas Tanah
  • Rutin Merotasi Tanaman
  • Mengoptimalkan Lokasi dan Kondisi Tanaman
  • Memangkas Rumput Liar
5. Hindari Pupuk Kimia

Untuk perawatan yang baik terhadap tanaman, dari perawatan yang paling dasar harus lah sehat. Maksudnya adalah dengan menggunakan bahan organik bukan kimia, pupuk misalkan.

Untuk pupuk yang di rekomendasikan oleh ahli kebun adalah mulai dari  pupuk kompos, campuran nutrisi mikro, kotoran hewan, hingga pupuk daur ulang. Beberapa pupuk diatas tadi memang bagus untuk tanaman.

Mengapa harus menggunakan pupuk organik? Alasannya adalah, semakin murni atau organik pupuk anda, maka tanaman akan semakin bagus dan segar. Tanaman akan jarang mengalami layu, selain itu, tanaman juga akan lebih sehat untuk di konsumsi.

6. Potong Bagian yang Kering

Apabila beberapa bagian tanamanmu yang sudah layu dan mati, maka cepat cepatlah potong dan bersihkan tanaman tersebut. Mengapa demikian? ini terjadi agar penyakit pada tanaman tidak menyebar ke bagian lain.

Untuk penyebaran virus dan penyakit pada tanaman sangat lah epat, maka anda harus cepat tanggap dalam mengurusinya. Oleh karena itu, anda harus rutin mengecek tanamanan. Jika ada yang layu, dan mati, segeralah potong tanaman tersebut.

Melalu cara tersebut, tanaman anda yang masih sehat dan segar akan tetap tumbuh semestinya. Jadi anda tak perlu khawatir untuk tanaman yang masih tergolong sehat.\

7. Memberi Nutrisi Vital Pertumbuhan

Alangkah baiknya jika anda menambahkan beberapa nutrisi pada tanaman, hal ini agar tanaman anda tetap tumbuh sehat dan segar. Untuk vitamin pada tanaman yang di butuhkan adalah magnesium, fosfor, potassium, sulfur ,nitrogen dan terakhir kalsium.

Jangan hanya satu atau dua saja yang di berikan. Karena masing masing dari nutrisi tersebut memiliki nutrisi yang berbeda untuk tanaman mu agar tetap segar dan sehat.

Dengan tambahan kombinasi ke 6 nutrisi tersebut, maka anda akan mendapatkan hasil terbaik dari tanaman anda. Lagi pun, ke-6 nutrisi tadi tidak sulit untuk di cari, biasanya sudah terkandung di dalam beberapa tanah.

Maka dari itu, anda harus mengganti tanah anda secara berkala sebagai bentuk usaha merawat tanaman yang baik. Banyak pengalaman ketika rajin mengganti tanah, maka hasil yang di dapat tidak lah main main.

Mungkin cukup sekian ilmu yang bisa saya bagikan. Dan untuk anda yang mungkin ingin menjadikan lahan anda sebagai peternakan, silahkan saja. Semoga bermanfaat untuk yang membacanya, jangan lupa sebarkan. Terima kasih.