Peluang Usaha Bakso Ikan dan Potensi Keuntungannya

peluang usaha bakso

Makanan bakso sudah menjadi salah satu menu kesukaan masyarakat Indonesia. Jenis makanan berbentuk bulat ini bisa ditemukan dimana saja, mulai dari pinggir jalan hingga restoran mewah sekalipun. Melihat populernya ini menjadikan peluang usaha bakso begitu menjanjikan.

Bakso sendiri terbuat dari daging halus yang dicampur dengan adonan dan dibentuk bulat. Namun semakin kesini bentuk dari bakso sudah mulai berinovasi, tidak lagi hanya bulat ada yang berbentuk panjang, kerucut, mangkok, dan banyak bentuk unik lainnya.

Semua itu dilakukan para pelaku usaha bakso demi menarik para palanggan agar tertarik dengan baksonya. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa bakso biasanya terbuat dari daging, bisa sapi, ayam, dan daging lainnya.

Namun sekarang banyak ditemukan bakso yang terbuat dari ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Tapi yang paling sering adalah bakso ikan laut, seperti ikan Tuna, ikan Tenggiri, dan ikan Tongkol.

Peluang usaha bakso ikan tidak kalah menjanjinkan dibandingkan bakso daging. Dengan warna bakso putih bersih, tekstur kenyal, dan yang terpenting menyehatkan karena kandungan gizi yang tinggi dalam ikan.

Mulai banyak orang berpindah dari bakso daging ke banyak ikan. Karena tidak semua orang menyukai daging yang tinggi akan kolesterol, maka mereka memilih untuk menikmati bakso ikan yang lebih sehat.

Itu semua menjadikan nilai tambah bagi usaha bakso ikan. Menjadi pengusaha bakso ikan ini akan memberikan peluang keuntungan yang tinggi. Selain itu akan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Peluang Usaha Bakso Ikan dan Potensi Keuntungannya

peluang usaha bakso

Dalam usaha bakso ikan seperti halnya  usaha lainnya, harus ada persiapan yang matang serta analisis yang tepat terhadap usaha yang akan dirintis. berikut kami informasikan analisis terhadap usaha bakso ikan.

1. Bahan Baku yang Digunakan

Bahan ikan yang kita gunakan akan menentukan baik atau tidaknya bakso ikan yanh kita buat. Maka dari itu pilhlah ikan yang masih segar dan mempunyai tekstur kenyal. Ciri ikan segar adalah beberapa bagian kulit bewarna merah kemerahan dan teksturnya kenyal.

Selain itu warna daging ikan yang masih segar tidak pucat. Hindari membeli ikan dalam bentuk potongan, karena rawan akan kandungan bahan kimia.

Jenis ikan yang banyak digunakan sebgai bakso seperti ikan tuna, ikan tenggiri, ikan tongkol, dan ikan kakap. Ikan-ikan tersebut memiliki daging yang tebal dan tidak mudah hancur, sehingga mudah memisahkan daging dengan durinya.

2. Bahan Tambahan yang Diperlukan

Selain bahan baku utama diperlukan juga beberapa bahan tambahan lain yang diperlukan. Bahan tambahan seperti tepung tapioka, bawang merah dan putih, merica, garam, gula, dan penyedap rasa.

Pemilihan bahan tambahan juga penting, walaupun mudah didapatkan tetap gunakan bahan tambahan yang berkualitas baik. Sehingga akan menghasilkan baksi ikan yang enak dan terjamin kualitasnya.

3. Keahliahan dan Langkah Pembuatan Bakso Ikan

Selain bahan utama dan bahan pendukung, peluang usaha bakso ikan harus memiliki keahliahan dalam membuat bakso ikan yang enak dan menarik. Sekarang untuk membuat bakso sangat mudah sekali tinggal menggunakan mesin pembuat bakso yang sudah beredar banyak pasaran.

Namun bagi pemula kami berikan informasi bagaimanan langkah-langkah membuat bakso ikan.

Bahan utama:

  • ½ kg daging ikan tuna
  • 50 gram terigu
  • 1 batang daung bawang
  • 200 gram tapioka atau sagu

Bumbu:

  • 6 butir bawang putih, kupas
  • 2 butir bawang merah, kupas
  • ½ sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk 1 sachet
  • 1 butir telur
  • ½ gelas air es

Cara Membuat:

  1. Pertama bersihkan dari kulitnya dan pisahkan daging dari tulannya. Gunakannlah jenis ikan yang memiliki duri swedikit dan daging yang tebal, misal ikan tuna
  2. Giling daging ikan tuna dengan blender dan masukkan bersama bawang merah dan putih, merica, garam, kaldu bubuk, dan sedikit air es. Blender hingga lembut dan tercampur semua.
  3. Setelah adonan sudah halus pindahkan ke wadah, kemudian tambahkan tepung tapioka, tepung terigu sedikit demi sedikit. Tambahkan air es sedikit lalu uleni hingga adonan merata.
  4. Rebus air hingga panas, kemudian tambahkan i sdm minyak. Matikan api
  5. Bentuk adonan dengan tangan atau sendok berbentuk bulat atau sesuai selera. Masukkan ke dalam panci yang berisi air panas. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Setelah selesai membentuk adonan, nyalakan api kembali, tunggu sampai air mendidih. Bakso yang sudah matang akan mengapung.
  7. Angkat bakso dan tiriskn.

4. Menjaga Kualitas Bakso Ikan

Cita rasa bakso ikan memang berbeda dengan bakso sapi dan bakso ikan masih kalah populer daripada baso daging. Namun walaupun demikian anda tidak perlu kawatir jika usaha bakso ikan anda tidak bisa berjalan lancar.

Hal yang terpenting adalah menjaga kualitas dari bakso ikan anda. Jika bakso ikan anda memiliki cita rasa yang enak dan kualitasnya terjamin maka pelanggan akan datang menikmati bakso ikan anda. Itulah pentingnya menjaga rasa dan kualitas bakso.

Berikut tips menyimpan bakso untuk informasi tanbahan peluang usaha bakso ikan anda. Cara menyimpan produk bakso akan mempengaruhi kualitas bakso ikan itu sendiri. Pastikan melakukan penyimpanan dengan baik.

Masukkan dalam Freezer

Ada bebrapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasukkan bakso ikan ke dalam freezer. Jangan pernah memasukkan bakso dalam keadaan panas karena akan meruasak tekstur dan kualitasnya.

Taruh dalam wadah Kedap Udara

Pemilihan wadah tempat bakso ikan juga penting dan harus teliti. Gunakan wadah yang kedap akan udara, karena bisa menjaga kualitas bakso hingga bertahan lebih dari 1 bulan.

Jangan Membuka Tutup Wadah

Hindari menyimpan bakso ikan dalam wadah yang terlalu besar. Terlebih jika bakso digunakan secara bertahap. Gunakan beberapa wadah yang porsi ukuran sekali makan untuk menjaga kualitas bakso ikan.

5. Pemasaran Bakso Ikan

peluang usaha bakso

Bagi anda yang serius ingin memulai bisnis bakso ikan dan ingin bisnis berkembang. maka strategi promosi peluang usaha bakso dan pemasaran harus dilakukan dengan berbagai cara. Berikut kami informasikan beberapa cara memprosikan bisnis bakso ikan agar penjualan bakso ikan bisa maksimal.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran

  • Dari sudut pandang penjual :
    1. Tempat yang strategis
    2. Produk yang bermutu
    3. Harga yang kompetitif
    4. Promosi yang gencar
  • Dari sudut pandang pelanggan:
    1. Kebutuhan dan keinginan konsumen
    2. Biaya konsumen
    3. Kenyamanan
    4. Komunikasi

Strategi promosi dan pemasaran yang saat ini lebih efektif dan efesien adalah melalui internet atau media digital. Seperti website dan media sosial. Sebuah website penting untuk dimiliki oleh seorang pengusaha dalam pemasaran produknya.

Dengan adanya website trategi promosi usaha bakso ikan bisa dilakukan dengan mudah dan langsung bisa menyasar target pasar yang dinginkan. Calon pelanggan juga mudah mencari informasi tentang  bisnis kita.

Yang mana website tersebut akan besisikan informasi produk, layanan, harga, alamat, testimoni pelanggan dan lain sebagainya. Sebuah website akan mendukung bisnis penjualan bakso ikan jika dikombinasikan antara offline dan online.

Berikut  alasan mengapa pemasaran melalui  website penting dilakukan terhadap sebuah bisnis seprti usaha bakso ikan ini.

Pentingnya Promosi Digital

1. Terhubung ke Konsumen dengan Mudah

Alasan pentingnya promosi digital/digital marketing adalah untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen. Konsumen akan sedang jikan dilayani dengan baik dan cepat oleh pemilik usaha. Begitu juga ketika produsen mengeluarkan produk baru, bisa langsung melakukan promosi ke konsumen.

Terlepas dari hubungan dengan konsumen melalui email, platform media sosial, hingga telepon. Disamping itu pengusaha juga dapt memadukan digital marketing dengan cara pemasaran konvesional. Dengan kedua cara tersebut diharapakan meninggkatkan keuntungan.

2. Mampu Melacak Perilaku Konsumen

Strategi digital marketing juga mampu melacak perilaku konsumen, anda bisa melihat apa yang paling dibutuhkan konsumen dan apa yang sedang trending.

Berkembangnya teknologi pengusaha biasa memanfaatkan alat/sistem kecerdasan buatan (AI) dalam melacak perilaku konsumen. Sistem kecerdasan buatan (AI) ini mampumengolah data konsumen dalam jumlah besar sehingga mampu menciptakan tren pasar.

Menurut data Forrester’s Global State of Artificial Intelligence Online Survey mengatakan 75% perusahaan menggunakan Sistem AI untuk meningkatkan pelayanan pada konsumen. Dengan memanfaatkat AI mampu meningkatkan penjualan sampai sekitar 44%.

3. Memperluas Pangsa Pasar

Tujuan utama strategi digital marketing adalah memperluas pangsa pasar dan akhirnya manyasar calon konsumen. Ketika konsumen ini tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka akan meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Pemasaran konvesional bisa saja menjangkau pasar tertentu. Namun akan lebih baik membangun digital marketing, baik melalui website, media sosial, dan email.

Digital marketing juga mampu menjangkau pasar luas. tidak hanya di daerah-daerah tertentu tapi seluruh Indonesia bahkan bisa memperluas sampai pangsa dunia. Namun semakin besar pangsa pasar sebaiknya konten yang kita buat menarik dan tidak membosankan calon konsumen.

Kandungan Gizi pada Ikan

peluang usaha bakso
1.  Protein
  • Protein yang ada pada daging ikan lebih tinggi dibandingkan protein pada kacang-kacangan. Sama dengan daging dan lebih rendah sekit dari telur.
  • Sangat baik untuk dikonsumsi oleh balita yang memiliki pencernaan belum sempurna, karena protein daging ikan sifatnya mudah dicerna.
  • Asam amino dalam daging ikan memiliki komposisi yang lebih lengkap dibandingkan bahan makanan lainnya. Salah satunya zat taurin yang berguna menstimulus sel-sel pada baliata. Dan juga asam amino dalam ikan hampir sama dengan asam amino yang ada dalam tubuh manusia.
2.  Lemak
  • Lemak yang ada dalam daging ikan merupakan jenis asam lemak tidak jenuh. Asam lemak tak jenuh mempunyai manfaat bagi sistem kekebalan tubuh manusia dan menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh,
  • Diging ikan banyak mengandung asam lemak omega 3, seperti asam dokosaheksaenoat (DHA) dan eikosapentaenot (EPA). Mempunyai banyak manfaat seperti mejadaga kadar kolesterol dalam darah dan dapat meningkatkan pertumbuhan sel otak pada balita.
3.  Kandungan Vitamin
  • Vitamin A yang ada dalam daging ikan mempunyai manfaat mencegah kebutaan pada anak.
  • Daging ikan juga mengandung Vitamin D yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  • Vitamin B6 dalam daging ikan berguna membantu metabolisme lemak asam amino dam dapat mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  • Kandungan vitamin B12 bermanfaat melindungi jantung, membentuk sel-sel darah merah, mencegah kerusakan syaraf dan membantu metabolisme lemak.
4.  Mineral
  • Daging ikan juga mengandung zat besi. Zat besi mudah diserap oleh tubuh daripada makanan lain seperti kacang-kacangan. Zat besi juga berguna mencegah penyakit anemia.
  • Yodium pada daging ikan dapat membatu meningkatkan kecerdasan, mencegak penyakit gondok, dan mendukung pertumbuhan khususnya bagi anak-anak.
  • Mineral Selenium yang ada dalam ikan dapat mencegah kerusakan DNA karena radiasi misal zat kimia. Silenium juga membantu pembentukan antioksidan.
  • Kandungan Seng dalam daging ikan dapat membantu pembentukan hormon dan enzim.
  • Flour dapat menguatkan dan menyehatkan gigi pada balita.

Jenis Ikan yang Cocok untuk Peluang Bakso Ikan

Dalam Memulai usaha bakso ikan perlu mengatahui jenis-jenis ikan yang mudah digunakan sebagai bahan baku. Sehingga peluang usaha bakso ikan anda akan berjalan seperti yang diharapkan. Berikut beberapa jenis ikan yang cocok dibuat bakso ikan.

1. Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri merupakan jenis ikan laut dengan daging bewarna putih. Penggemar ikan tenggiri sangat banyak di seluruh dunia karena memiliki rasa dan bau yang khas.

Ikan Tenggiri banyak ditemukan di perairan tripis dan beriklim sedang. Namun sebagian tinggal di sepanjang pantai dan laut lepas. Di Indonesia daerag yang terkenal penghasil ikan tenggiri adalah Gorontalo.

Tubuh ikan tenggiri berbentuk besar dan panjang dengan warna kulit abu-abu mengkilat, namun tidak memiliki sisik. Ukuran ikan tenggiri dewasa mencapai panjang 240 cm denagn berat 81-83 cm. Ikan ini memiliki kepala dengan mulut lebar runcing dan gigi yang tajam.

Lautan Indonesia merupa kan tempat ideal bagi habitat ikan dengan moncong runcing ini. Persebarannya mencangkup wilayah Nusa Tenggara, Sumatera, Jawa, Sulawesi dan hampir seluruh wilayah Indonesia.

Habitat ikan tenggiri biasanya pada kedalaman sikitar 10-70 dari permukaan laut. Daging Ikan ini banyak mengandung vitamin B komplek yang sangat bagus bagi pertumbuhan anak-anak

2. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki memiliki badan yang ditutupi sisik kecil dan berbentuk panjang cerutu serta memiliki dua sirip. Tuna terbagi menjadi dua jenis, ikan besar seperti, southern bluefin tuna, bigeye dan jenis ikan mirip tuna seperti marlin, sailfish, dan swordfish.

Dalam usaha bakso jenis ikan tuna besar lebih cocok karena memiliki ciri pada kekebalan daging. Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang sangat melimpah di Indonesia. Dalam artikel Kemetrian Kesehatan pada tahun 2016 Indonesia memasok ikan tuna sebanyak 16% dari total produksi dunia.

Indonesia mampu menhaslalkan lebih dari 1,2 juta ton/tahun ikan tuna. Menduduki urutan ke dua dengan nilai ekspor tertinggi setelah udang berdasarkan data Kementrian KKP tahun 2018.

Harga ikan tuna  di Indonesia cukup terjangkau sehingga ramah di semua kalangan masyarakat. Untuk kandungan giznya, tuna mengandung vitamin A, B6, B12, D, dan kaya akan mineral. Daging tuna juga mengandung omega 3 yang lebih tinggi dari daging sapi dan ayam.

3. Ikan Tongkol

 baksokan tongkol berasak dari kelurga yang sama dengan ikan tuna yaitu Scombridae, sehingga banyak yang menyebut ikan tongkol dan tuna adalah sama tapi sebenarnya berbeda.

Jenis ikan ini  memiliki karakteristik badan padan dan bulat memancang seperti cerutu. Memiliki 8 sirip tambahan di belakang sirip punggung dan terdapat kell pada setiap sisi tubuh.

Punggung ikan tongkol bewarna gelap dengan garis-garis biri kehitaman tidak teratur. Dan warna perut merah. Jenis ikan tongkol yang banyak ditangkap di Indonesia yaitu Euthynnus affinis

Jenis ikan ini hidup di perairan laut lepas dan kadang di pinggir garis pantai. Ikan tongkol usia muda sering masuk ke teluk atau pelabuhan. Termasuk predator oportunistik dengan memakan ikan kecil, cumi-cumi hingga zooplankton.

Nelayan biasanya menangkao ikan tongkol menggunakan Huhate (Pole & Line). Para nelayan melemparkan ikan kecil seperti teri agar ikan tongkol tetap menggerombol di sekitar perahu.

Ikan tongkol juga bisa ditangkap dengan pancing tondo yang diisi dengan umpan bulu. Armada Tondo yang cukup terkenal seperti Bubu Cakalang dan Kedo-Kedo. Penjualan ikan tongkol biasanya dalam bentuk ikan kaleng dan pindang.

Jenis ikan ini merupakan salah satu komoditas penting bagi para nelayan kecil dan menengah. Ikan tongkol dewasa bisa mencapai ukuran 100 cm, lebih sering ditangkap pada ukuran 40-60 cm.

Itulah tadi peluang usaha bakso dan potensi yang bisa didapatkan ketika menjalani bisnis ini. Bisnis bakso bisa dijadikan ide dan peluang usaha. Juga beberapa informasi tentang kandungan nutrisi pada ikan serta bebrapa jenis ikan yang cocok digunakan sebagai bahan baku. Semoga bermanfaat.