Categories
Artikel

Usaha Jus Buah Dari Rumah Paling Laris di 2020!

Untuk anda yang ingin membuka usaha yang bermodal sedikit dan mudah, mungkin usaha jus buah bisa menjadi jalannya. Selain modal sedikit dan mudah, usaha ini juga menjanjikan.

Kenapa? karna buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang di perlukan untuk tubuh. Tak jarang jus buah ini banyak di cari oleh masyarakat apalagi masyarakat yang sedang menjalani gaya hidup sehat.

Memulai usaha ini tak perlu keahlian khusus, anda tinggal memblender buah lalu meletakkannya di dalam gelas atau cup. Modal yang di perlukan juga hanya modal bahan baku dan investasi. 

Untuk modal bahan baku adalah buah buahan yaitu jambu, mangga, strawberry, nanas, alpukat, jeruk, apel, wortel, buah naga, belimbing, dan lain lain.

Sedangkan untuk modal investasi hanya perlu meja, kursi, etalase buah, blender, gelas atau cup, mesin cup (ini seperlunya), payung lebar jika perlu.

Prospek Usaha Jus Buah

usaha jus buah

Setiap usaha tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi untuk usaha jus buah ini memiliki prospek bisnis yang bagus, mengingat hampir semua orang menyukai jus buah.

Berikut ini adalah beberapa  kekurangan dan kelebihan dalam peluang usaha modal kecil ini.

Kelebihan

Usaha jus buah ini bukan hanya akan laris pada musim buah tertentu, tetapi ini bisa laris pada kapan pun, karna banyak masyarakat yang membutuhkannya.

Mengapa begitu? karna pasti ada yang membutuhkan jus buah untuk menjadi obat. Untuk Jus jambu, bisa digunakan sebagai obat DBD, juga jus pepaya yang bagus untuk kulit, dan masih banyak lagi. Tak heran mengapa toko jus buah selalu ramai.

Berikut adalah beberapa keuntunganya :

1. Modal Kecil

usaha ternak ayam

Sebenarnya, untuk membuka usaha jus buah ini tak memperlukan banyak modal, dengan Rp. 500.000 bahkan kurang, anda sudah bisa memulai untuk membuka usaha.

Modal sebesar itu sudah bisa untuk membeli alat blender, bahan baku buah juga gelas plastik. Jika anda sudah memiliki kursi dan meja, juga barang lainnya, anda tak perlu membeli barang, juga bisa lebih menghemat.

2.Untung Besar

usaha jus buah

Meskipun bisnis ini termasuk usaha yanng kecil, tetapi keuntungannya isa mencapai jutaan rupiah perbulannya, Kamu bisa mendapatkan sekitar 3juta perbulannya.

Bahkan anda bisa lebih dari itu, jika nda mau membuka cabang di tempat lain. Jika anda membuka 3 cabang saja, maka hasil yang akan anda dapatkan sudah cukup banyak.

3. Target Konsumen Luas

usaha jus buah

Untuk pangsa pasar usaha jus buah sangat luas. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan lansia sangat menyukai jus buah yang memiliki rasa enak dan lezat serta bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Terutama untuk mereka yang benar-benar menerapkan gaya hidup sehat yang modern. Jus buah menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi. Di tambah saat musim panas tiba, di jamin pendapatan mu akan meningkat drastis.

Kekurangan

usaha jus buah

Walaupun ini adalah satu bisnis yang mudah, tetapi pasti juga ada resikonya. Selain persaingannya yang tinggi, untuk usaha jus buah ini juga sudah banyak di lakukan di rumah atau membuka toko.

Persaingan yang tinggi dan ketat tentu akan membuat bisnis anda kadang menurun juga kadang meningkat, hal ini bisa disebabkan karna terobosan baru yang di keluarkan kompetitor lain.

Misalnya penjual jus buah lain di sekitar Anda memberikan harga lebih murah, kualitas lebih banyak, variasi rasa lebih lengkap dan pelayanan lebih ramah. Inilah resiko bisnis yang mempunyai tingkat persaingan sangat tinggi.

Jika anda hanya fokus menjual jus buah saja, keuntungan yang akan anda raup hanya sedikit. Anda bisa sambil menjual jajanan kue kecil, makana ringan juga keripik.

Meskipun termasuk usaha yang terbilang kecil, anda juga harus memperhatikan daya saing kompetitor di pasar. Pastikan anda membuka usaha di tempat yang sedikit kompetitor namun juga ramai konsumen.

Rincian Biaya Modal Usaha Jus Buah

Untuk anda yang ingin menekuni dan serius membuka usaha jus buah ini, di bawah ini adalah beberapa alat yang mesti anda punyai sebelum membuka usaha anda. Berikut daftarnya :

1. Blender

usaha jus buah

Modal yang sangat penting untuk di miliki adalah blender. Alat ini berfungsi untuk menghancurkan buah menjadi minuman yang akan dijual nantinya. Jadi, alat ini lah yang paling penting untuk kesuksesan bisnis anda.

Untuk harga dari blender berbagai macam, tergantung anda akan memilih merk apa. Untuk harga yang paling murah mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp.600.000.

Jika anda memiliki modal yang cukup besar, alangkah baiknya anda memilih blender yang sedikit mahal tapi memliki kualitas yang jauh lebih baik.

2. Mesin Cup Sealer

usaha jus buah

Fungsi dari mesin Cup Sealer ini adalah untuk menutup / mengepress cup jus agar tidak tumpah, selain praktis juga alat ini menjamin agar jus tidak tumpah tumpah.

Untuk harga  Mesin Cup Sealer rata rata Rp. 800.000, namun jangan khawatir, anda bisa membeli yang beli bekas sekitar Rp.300.ooo. Tetapi, jika tidak memungkinkan, anda cukup menggunakan cup gelas biasa yang agak besar.

3. Gelas Plastik dan Sedotan

usaha jus buah

Untuk alat yang satu ini di jamin sangat lah murah. Selain mudah di dapatkan, kualitasnya juga tergolong baik, tergantung bagaimana anda memilihnya.

Untuk harga gelas plastik, anda bisa mendapatkan 50 cup gelas dengan harga Rp. 15.000. Sedangkan sedotan / pipet, anda cukup mengeluarkan modal Rp. 8000 bisa mendapatkan 100 buah sedotan.

4. Buah-Buahan

usaha jus buah

Ini adalah inti paling utama dari usaha jus buah ini, bagaimana tidak? Sedangkan buah ini sendiri adalah bahan baku utama untuk usaha anda. Anda bisa mendapatkan buah yang layak dari pasar tradisional atau grosiran buah, dengan begitu harga lebih murah

Untuk harga buahnya, tergantung musim. Karna tidak semua buah tersedia sepanjang tahun, ada juga beberapa buah yang tergantung musim, semakin sedang musim, akan semakin murah harga buah tersebut.

Jangan lupakan untuk bahan pelengkap, yaitu gula pasir, susu kental manis, bubuk coklat, messes juga yang lainnya.

4. Perlengkapan Pendukung

Anda juga membutuhkan beberapa peralatan pendukung, ini fungsinya sebagai memudahkan anda saat akan berjualan nantinya. Peralatan ini sifatnya permanen, jadi jika barangnya rusak anda bisa menggantinya.

Beberapa peralatan yang mungkin anda butuhkan dan perlu di miliki adalah  estalase, meja, pisau pengupas, tempat air, tempat sampah,wadah es batu, kursi,  dan lain-lain.

Untuk lebih jelas dan rinci nya, mari perhatiak rincian untuk memberi peralatan berikut

Modal Untuk peralatan

  • Blender                                                        @ Rp 600.000            (menyesuaikan)
  • Mesin sealer cup                                     @ Rp 800.000             (menyesuaikan)
  • Estalase                                                       @ Rp 600.000            (menyesuaikan)
  • Meja                                                              @ Rp 300.000            (menyesuaikan)
  • Kursi                                                             @ Rp 100.000            (menyesuaikan)
  • Pisau                                                             @ Rp 20.000              (menyesuaikan)
  • Tempat penyimpanan es batu           @ Rp 100.000            (menyesuaikan)
  • Galon                                                            @ Rp 50.000               (menyesuaikan)
  • Toples                                                          @ Rp 50.000               (menyesuaikan)
  • Tempat sampah                                      @ Rp 20.000               (menyesuaikan)
  • Peralatan tambahan                              @ Rp 100.000            (menyesuaikan)

——————————————————-+

Total Rp 6.340.000

Jadi, untuk anda yang sudah memiliki peralatan sendiri tak perlu membeli, ini lebih bisa menghemat pengeluaran anda nantinya.

Biaya operasional selama i bulan

Untuk modal buah-buahan, anda mungkin akan menghabiskan sekitar      Rp 5.000.000

  • Gelas plastik cup @ Rp 450.000
  • Gula pasir @ Rp 200.000
  • Sedotan @ Rp 50.000
  • Coklat bubuk @ Rp 100.000
  • Tutup plastik cup @ Rp 50.000
  • Air @ Rp 200.000
  • Es batu @ Rp 150.000
  • Susu kental manis @ Rp 200.000

Untuk total biayanya mencapai sekitar Rp 6.400.000

Omset Pendapatan

Berdasarkan pengalaman para pedagang jus buah, mereka mampu menjual sekitar 35 cup perharinya. Bisa lebih sedikit, tapi bisa juga lebih banyak. Itu tergantung bagaimana strategi anda dalam penjualan

Untuk harga bervariasi tergantung buah apa yang di pesan konsumen. Karena harga setiap buah tentu berbeda-beda. Sehingga Anda bisa menjual jus berkisar harga antara Rp 7.000 – Rp 10.000 disesuaikan dengan jenis buahnya

Kita ambil rata-rata harga jual menjadi Rp 8.000 per gelas. Maka dalam sebulan, omset yang didapat adalah sebagai berikut :

Rp 8.000 x 35 x 30 hari = Rp 8.400.000

Cara Sukses Buka Usaha Jus Buah

Dalam menjalani usaha jus buah ini, pasti anda menginginkan kesuksesan saat pertama hingga kahir. Tapi ini tak cukup mudah, mengingat banyak kompetitor di luar sana. Namun, anda tak perlu berkecil hati, karna pasti usaha tak akan membohongi hasil.

Untuk itu, saya usulkan anda membuat terobosan baru untuk usaha anda agar dapat menarik perhatian konsumen, minimal ada yang berbeda dari menu yang disediakan dari toko anda.

Berikut ini adalah beberapa cara agar bisa sukses membuka usaha jus buah :

1. Memberikan Harga lebih murah

Pasaran umum biasanya menjual buah dengan harga kisaran 7 rb – 10 rb, agar toko jus anda banyak yang berminat, anda bisa memasang harga yang lebih rendah. Jika pesaing memasang harga 10rb an, anda bisa memasang harga 9rb.

Dengan menerapkan harga yang lebih murah walau tak banyak, ini bisa menarik perhatian pelanggan. Karna biasanya, mereka memiliki prinsip mendapatkan harga murah dengan barang yang sama.

Jika anda masih bingung, mungkin membaca 8 strategi pemasaran produk yang efektif adalah solusi yang tepat.

2. Kualitas Rasanya

Pastikan jus anda memiliki tekstur yang lembut untuk di nikmati. Karna ini sangat berpengaruh, cobalah untuk membuat jus yang lembut, jika belum tau caranya anda bisa mencari tutorial di Google atau YouTube.

Perhatikan juga dalam pemilihan Buah yang bagus. Kenapa? coba saja jika anda memilih buah dengan sembarang, misalkan alpukat. Jika anda memilih alpukat dengan asal asal an, bisa jadi anda mendapatkan alpukat dengan rasa yang pahit.

Dengan begitu, otomatis rasa dari jus anda juga kurang sedap untuk di nikmati. Maka dari itu, harus tepat dalam pemilihan bahan baku.

3. Inovasi Rasa

Yang namanya berbisnis, pasti akan ada masa pasang dan surut. Ada masa dimana anda akan ramai di kunjungi pengunjung, ada juga waktu dimana anda akan sepi akan pengunjung. Hal ini terjadi karna mungkin konsumen anda bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Oleh karena itu, anda harus bisa membuat usaha jus buah anda menjadi stabil ramai di kunjungi pelanggan. Anda harus menciptakan inovasi baru. Seperti, jus anda di beri tambahan soda, yoghurt, coklat ataupun lainnya.

Hal ini membuat pelanggan anda tidak mudah bosan, karna rasa yang di hasilkan cukup berbeda dan unik.

4. Buah-Buahan yang Segar

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kualitas jus yang bagus juga berasal dari bahan bakunya. Jika di awal buah masih segar, pasti rasa jus lebih nikmat di bandingkan dengan buah yang sudah layu, pasti rasanya akan sangat berbeda.

Pastinya konsumen akan memilih pedagang jus buah yang menggunakan buah yang segar, selain lebih segar, tekstur buah yang masih segar juga nikmat, bersih dan steril.

Untuk jalan keluar masalah ini, anda jangan langsung membeli buah dalam jumlah yang banyak. Anda mungkin bisa membeli buah untuk 3 hari kedepan, sehingga kualitas dari buahnya masih segar.

Nah, diatas tadi adalah beberapa hal yang harus di perhatikan dalam membuka usaha jus buah. Untuk anda yang masih bingung dalam pembuatan jus yang enak dan layak jual, berikut adalah beberapa resep jus buah :

Resep Usaha Jus Buah yang Layak Jual

1. Menggunakan Soda

Bahan bahan :

  • 100 ml air matang
  • Es batu secukupnya
  • Buah yang akan di Jus
  • 1 botol soda plain
  • SKM secukupnya

Cara Pembuatan :

  1. Masukkan buah yang sudah di cuci ataupun di kupas, air matang, juga es batu.
  2. Saat sudah halus, cicipi. Jika kurang manis, anda bisa menambahkan SKM sesuai selera.
  3. Kemudian tambahkan soda.
  4. Untuk rasa yang lebih semriwing, anda bisa menambahkan agak banyak soda nya.
  5. Soda yang sudah di tambahkan, aduk menggunakan sendok saja
  6. Jus sudah siap di nikmati.
2. Menggunakan Yoghurt

Bahan bahan :

  • 50 ml Air Minum (sesuai selera)
  • Buah yang akan di jus
  • Es Batu (secukupnya)
  • 1 sdt Gula secukupnya
  • 1 pack Greek Yogurt Plain

Cara Pembuatan :

  1. Kupas dan cuci buah yang akan di jus
  2. Masukkan ke dalam blender
  3. Tambahkan Yoghurt, air, gula dan es batu
  4. Blender hingga halus
  5. cicipi, jika kurang manis tambahkan SKM sesuai selea
  6. Jus buah yoghurt siap di sajikan.
3. Menggunakan Coklat

  • 3 sdt coklat bubuk
  • 2 sdm gula
  • 1 sachet SKM
  • 3 buahjambu biji (Menyesuaikan)
  • 450 ml air

Cara Pembuatan :

  1. Buah yang sudah di cuci dan di kupas, masukkan ke dalam blender, kemudian nyalakan blender dan tunggu hingga halus.
  2. Saring terlebih dahulu, agar tekstur lebih halus
  3. Jus yang sudah di sarin, bisa di tambahkan SKM sesuai selera
  4. Larutkan bubuk coklat dengan air dan gula.
  5. Air yang di gunakan tidak usah terlalu banyak, agar menjadi kental
  6. Tuangkan jus ke dalam gelas, dan jangan lupa tambahkan choco lava diatas jus juga di pinggiran gelas
  7. Jus siap di nikmati.
4. Mix Juice

untuk resep yang ini adalah menggunakan 2 buah atau lebih, ini membuat rasa yang di hasilkan lebih nikmat. Biasanya usaha jus buah yang memiliki menu Mix juice, akan cenderung ramai di kunjungi.

Bahan bahan :

  • Buah yang akan di jus
  • gula (secukupnya)
  • air matang (sesuai selera)
  • Es batu (sesuai selera)
  • SKM (Secukupnya)

Cara Pembuatan :

  1. Untuk buah yang sudah di kupas dan di cuci, bisa di masukkan ke blender.
  2. Tambahkan air, gula dan SKM sesuai selera masing masing
  3. Tunggu hingga halus, kemudian di saring
  4. Mix Juice siap di nikmati

Untuk anda yang masih bingung buah apa saja yang bisa di jadikan  mix juice, berikut beberapa daftar buah mix juice :

  1. Buah naga – apel
  2. Apel – jeruk nipis
  3. Wortel – tomat
  4. Jambu – apel
  5. Apel – sawi
  6. Pepaya – wortel
  7. Wortel – jeruk nipis
  8. Jambu biji – buah naga
  9. dll

Itu tadi adalah beberapa daftar buah yang bisa anda jadikan sebagai menu mix juice anda nantinya.

Bagaimana? Apakah anda sudah siap untuk mulai membuka usaha jus buah? Tak cukup sulit bukan. Sebenarnya, kunci dari sebuah usaha hanyalah tekad yang kuat, keyakinan dan usaha.

Jika anda benar benar bertekad membuka usaha, pastilah akan berjalan sendiri usaha anda. Juga keyakinan terhadap kemampuan anda. Dan yang terakhir, usaha pastinya.

Untuk resep lainnya : Bisnis Kuliner

Selamat Mencoba!