Categories
Artikel

Usaha Keripik Pisang Modal di Bawah 50K yang Menjanjikan!

Siapa yang tidak tahu tentang buah pisang, pasti tau semua bukan. Ya, buah ini adalah salah satu buah yang di gemari oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Selain di jadikan obat kecantikan, buah pisang ini juga bisa di jadikan usaha keripik pisang.

Karena masyarakat minat terhadap buah pisang, ini bisa anda jadikan sebagai salah satu peluang usaha. Bagaimana caranya? Anda bisa menjual buah pisangnya langsung ataupun dengan di olah.

Tapi disini saya sarankan anda memilih jalan dengan diolah terlebih dahulu. Karna pasti akan bosan jika hanya mengkonsumsi makanan yang sama. Jika di olah terlebih dahulu, konsumen mungkin akan lebih menikmati.

Anda ingin menjual olahan pisang namun masih bingung? Jangan khawatir. Di artikel ini akan saya jelaskan mengenai usaha keripik pisang, juga dengan cara mengolahnya.

Sudah siap untuk membaca? Sebelum ke cara mengolah/resepnya, saya akan menjabarkan tentang apa yang harus anda perhatikan dan lakukan sebelum mengolah pisang dan menjualnya.

Hal Penting dalam Usaha Keripik Pisang

1. Mencari Supplier

usaha keripik pisang

Untuk bahan baku dari usaha ini adalah pisang. Tentunya anda membutuhkan banyak pisang setiap akan mengolah pisang tersebut. Dan hal ini mengharuskan pisang dengan cepat tersedia.

Maka dari itu, betapa pentingnya supplier pisang untuk usaha keripik pisang ini. Anda bisa bekerja sama dari penjual buah di pasar atau membeli dari grosiran.

Pilihan di tangan anda, anda akan memilih supplier dari pasar atau grosiran. Biasanya buah lebih segar jika dari supplier yang di pasar, harganya pun cukup terjangkau. Usahakan supplier anda dapat di percaya, sehingga anda mendapatkan kualitas yang baik.

2. Pengemasan

Untuk pengemasan, usahakan beri yang terbaik. Karna pastinya konsumen melihat dari pengemasannya. Jadi, anda bisa mengemas keripik anda menggunakan plastik tebal dan di beri label.

Jika ingin lebih unik dan berbeda, anda bisa menggunakan kertas dalam pengemasannya. Tapi, tidak sembarang kertas yang di gunakan, anda harus memilih kertas khusus makanan yang steril.

Walaupun menggunakan kertas, tetapi tidak boleh asal asalan dalam pengemasannya. Biasanya, pesaing lain memesan bungkus kertas atau kantong makanan di toko Paperbag atau packaging. Selain harganya murah, ini juga menjadi usaha keripik pisang anda menjadi berbeda.

3. Pemasaran yang Luas

Agar usaha keripik pisang anda laris terjual, anda harus mempromosikan keripik anda kepada masyarakat luas. Dengan begitu, dengan mudah konsumen anda mengetahui usaha anda dan akan membelinya. Bahkan merekomendasikan kepada keluarga dan kerabatnya.

Anda bisa mempromosikannya melalui sosial media ataupun dari mulut ke mulut. Jika melalui sosial media, maka masyarakat yang mengetahui jauh lebih banyak di bandingkan dari mulut ke mulut. Dengan begini usaha keripik pisang anda mungkin akan lebih maju dan melejit.

4. Manajemen Keuangan

Ini juga termasuk hal yang penting untuk usaha anda. Anda harus pandai menghitung pengeluaran dan pemasukan dalam seminggu atau sebulan. Karena apa? ini di karenakan untuk mengetahui apakah bisnis anda mendapatkan keuntungan atau kerugian.

Anda bisa menulisnya dalam buku atau catatan namun jangan sampai hilang. Setiap akhir bulan, anda bisa mengeceknya memastikan apakah usaha anda mengalami kemajuan atau kemunduran.

Jika mendapat kemajuan, bersyukurlah anda dan jangan sombong, dan jika mengalami kemunduran, anda harus lebih semangat lagi dalam berbisnis. Karena kegagalan bukanlah akhir dari semuanya. Semangat!

Dan untuk anda yang belum tau cara membuat kripik yang enak dan renyah, berikut akan kami sajikan beberapa resep untuk embuatan usaha kripik anda. Simak berikut.

5. Cita Rasa yang Pas

Didalam berbisnis makanan, pastinya cita rasa adalah hal nomor satu yang wajib di perhatikan. Karna cita rasa ini lah yang akan menarik konsumen agar membeli produk anda.

Cita rasa yang pas sangat berpengaruh dalam hal ini. Bayangkan saja jika konsumen harus mencicipi makanan yang kurang lezat dan rasanya amburadul, pasti tak kan minat bukan?

Nah, seperti itulah pentingnya cita rasa dalam berbisnis makanan. Saran saya, ciptakan sendiri rasa yang khas untuk produk anda, agar konsumen merasa tertarik untuk terus membeli produk anda.

6. Tampilan yang Menarik

Selain cita rasa yang nikmat dan pas, anda juga harus pandai dalam membuat produk anda bagus dalam konteks visual. Maksudnya, ketika konsumen melihat produk anda, mereka tertarik.

Mengapa bisa tertarik? ini di karenakan tata letak produk anda yang  buat rapi dan sedap di pandang mata. Andaikan saja keripik pisang anda tidak tertata dan berantakan, pasti sedikit konsumen yang berminat.

Namun rasa yang pas juga di perlukan, agar konsumen tidak kecewa. Tampilannya saja sudah menarik, apalagi rasanya? Pasti begitu yang dipikirkan oleh konsumen.

7. Jasa Pengiriman On Time

Jika anda menawarkan produk anda lewat internet, ini lebih bagus. Pemasukan yang anda dapatkan akan meningkat, apalagi tak sedikit yang berminat untuk membeli produk anda.

Disaat rasa yang enak, tampilan yang bagus dan pengemasan yang unik, pasti akan banyak yang berminat. Dengan begini, jangan anda kecewakan konsumen anda hanya karena jasa pengiriman.

Anda harus memastikan anda memilih jasa pengiriman yang tepat waktu, bisa bekerja sama dan amanah. Jika sudah memenuhi standar tadi, anda tak perlu mencemaskan lagi.

8. Cantumkan Detail Produk Anda

Untuk anda yang membuka usaha keripik pisang ini secara online juga, jangan lupa untuk menambahkan detail produk anda. tak perlu di jelaskan secara runtut, cukup inti dari produk anda.

Dalam hal ini anda harus jujur dalam menuliskannya, agar konsumen tetap percaya dengan usaha keripik pisang yang anda buka ini. Mereka juga tak perlu khawatir apakah anda menggunakan bahan berbahaya ataupun lainnya.

Anda bisa menambahkannya saat mempromosikannya melalui sosial media ataupun menambahkannya di kemasan produk anda.

9. Pemasaran Melalui Sosial Media

Untuk sesi ini sudah kita singgung beberapa kali di sesi yang sebelumnya. Disini akan saya ulangi yang lebih terperinci lagi. Untuk anda yang belum menggunakan sosial media dalam pemasaran anda, saya sarankan anda menggunakannya.

Beberapa sosial media yang bisa digunakan untuk berbisnis adalah WhatsApp, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, dan lain lain. Dan cara penggunaannya pun cukup mudah, anda tinggal memposting foto dari produk anda dengan menambahkan hashtag yang bersangkutan dengan usaha anda.

Dengan begini produk yang anda jual akan tersebar luas, secara otomatis akan banyak konsumen yang akan tertarik membeli produk keripik pisang anda. Dan jangan lupa, pemasukan yang anda dapatkan juga akan jauh lebih banyak dari yang hanya berjualan secara offline.

Jika anda masih bingung bagaimana cara memulainya, anda bisa membaca artikel tentang bisnis online ini.

10. Kualitas yang OK

Terakhir yang kita perlukan adalah Kualitas yang OK, dalam artian kualitas yang bagus dan pantas. Muali dari cita rasa, tampilan, pengemasan, dan lain sebagainya.

Pastikan semua produk anda memiliki kualitas yang bagus, tidak mengecewakan. Jika produk anda memiliki kualitas yang bagus, pasti akan berbondong bondong orang datang untuk membeli produk anda.

Di samping itu, jika produk anda memiliki kualitas yang top markotop, tak segan segan para konsumen untuk merekomendasikannya kepada keluarga, teman dekat, kerabat dan lain sebagainya.

Cara Membuat Kripik Pisang yang Enak dan Gurih

1. Kripik Pisang yang Manis dan Renyah

usaha keripik pisang

Bahan bahan:

  • 1 sdt garam halus  (secukupnya)
  • 200 gram gula pasir (sesuai selera)
  • 2 liter air
  •  1 sdt kapur sirih
  • 10 buah pisang ambon/ seadanya
  • minyak goreng (secukupnya)

Cara membuat: 

  •  Pisang yang sudah di kupas, kemudian di iris tipis
  •  Tuang 1 liter air ke dalam baskom/wadah, tambahkan kapur sirih lalu aduk
  • Masukkan pisang ke dalam baskom tunggu hingga 1 jam, lalu tiriskan
  • Pisang di taburi garam, kemudian aduk rata
  • Panaskan minyak, tunggu panas lalu masukkan pisang ke dalam wajan.
  • Tunggu hingga kuning kecoklatan lalu angkat
  • Panaskan gula dengan 1 liter air, aduk hingga larut
  • Rebus hingga gula menjadi lebih kental
  • Masukkan keripik pisang yang sudah di goreng, lumuri hingga rata.
  • Angkat dan tiriskan
2.  Keripik Pisang Aneka Rasa

usaha keripik pisang

Bahan bahan :

  • 1 sdt kapur sirih
  • 1 sdm garam halus
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 liter air bersih
  • 10 buah pisang ambon

Cara membuat :

  •  Pisang yang sudah di kupas kemudian di iris tipis
  • Campurkan kapur sirih dengan air di sebuah wadah
  •  Masukkan pisang dan tunggu hingga 1 jam
  • Letakkan pisang yang sudah di tiriskan di wadah yang kering
  • Lalu taburi garam hingga rata
  • Goreng pisang di minyak panas, tunggu hingga warna berubah menjadi ke coklatan
  • Tiriskan, dan taburi sesuai selera bumbu untuk menjadi campuran pisang.
3. Keripik Pisang Keju

usaha keripik pisang

Bahan bahan:

  • 10 buah pisang ambon
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 liter air bersih
  • keju parut secukupnya
  • 1 sdt kapur sirih
  • bumbu bubuk rasa keju secukupnya

Cara membuat :
a. Pisang di kupas lalu di iris sesuai selera
b. Masukkan kapur sirih kedalam baskom berisi air, aduk rata
c. Masukkan pisang ke baskom dan tunggu hingga 1 jam, kemudian tiriskan ke wadah yang kering.
d. Kemudian taburi garam hingga rata.
e. Masukkan pisang ke dalam minyak yang sudah panas, tunggu hingga kecoklatan.. Angkat dan tiriskan
f. Letakkan pisang ke wadah, lalu taburi bubuk keju
g. Wadah di tutup, kemudian kocok hingga rata
h. Kerpik pisang siap di sajikan, jangan lupa taburi parutan keju agar lebih nikmat.

4. Keripik Pisang Coklat

Bahan bahan :

  • Pisang ambon/ seadanya
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 liter air bersih
  • 1 sdt kapur sirih
  • 50 gram gula halus
  • 30 gram cokelat bubuk (secukupnya)

Cara membuat :
a. Kupas pisang, kemudian di iris tipis
b. Masukkan air ke wadah lalu campurkan dengan kapur sirih, Tunggu sekitar 1 jam
c. Letakkan di wadah yang kering, lalu taburi garam dan aduk rata
d. Goreng pisang di api sedang, tunggu hingga kuning kecoklatan
e. Tiriskan dan masukkan ke wadah, masukkan gula juga bubuk coklat. Ketika tercampur, pisang bisa di sajikan.

5. Keripik Pisang Pedas/Balado

usaha keripik pisang

Bahan bahan :

  • minyak goreng
  • 1 sdt kapur sirih
  • 2 sdm bumbu bubuk balado
  • 1 liter air bersih
  • 10 buah pisang ambon
  • 1 sdt garam halus

Cara membuat :

  • Pisang yang sudah di kupas, langsung di iris tipis
  • Masukkan air ke dalam wadah, tambahkan kapur sirih
  •  Rendam pisang ke dalam wadah, dan tunggu selama 1 jam
  • Jika sudah, tiriskan ke wadah yang kering dan taburkan garam
  • Panaskan minyak, kemudian goreng pisang hingga warnanya kuning kecoklatan
  • Jika sudah matang, tiriskan dan beri bubuk balado dan garam
  • tutup wadah dan kocok sampai tercampur rata
  • Keripik pisang siap di sajikan.
6. Keripik Pisang Caramel

usaha keripik pisang

Bahan bahan :

  • 1 buah jeruk nipis
  •  200 gram gula pasir
  • minyak goreng
  •  500 ml air
  • 1/2 sisir pisang kepok mentah

Cara membuat:

  •  Pisang di kupas lalu di iris
  • Masukkan air ke dalam wadah dan tambahkan perasan jeruk nipis
  • Rendam pisang sekitar 5 menit
  • Panaskan minyak, dan goreng hingga kecoklatan

Untuk pembuatan caramelnya sebagai berikut :

  • Campurkan gula pasir dengan air 100 ml
  • Tambahkan minyak, sedikit saja. Panaskan hingga mengental
  • terakhir masukkan pisang dan aduk rata.
7. Keripik Pisang Asin

usaha keiripik pisang

Bahan bahan :

  • 1 sisir buah pisang
  • 1 sdt kapur sirih
  • minyak goreng
  • 1 liter air

Bumbu Halus :

  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm garam dapur
  • 5 siung bawang putih
  •  1,5 sdm ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • vetsin secukupnya

Cara membuat :

  • Haluskan dan campurkan semua bumbu halus.
  • Larutkan kapur sirih ke dalam air
  • Masukkan pisang yang sudah di iris tipis dan tunggu sekitar 1 jam
  • Tiriskan dan cuci bersih pisang
  • Masukkan pisang ke wadah, campurkan bumbu halus, lalu tunggu sekitar 5 menit
  • panaskan minyak dan masukkan pisang
  • Pisang siap di sajikan
8. Keripik Pisang Sarang Lebah

usaha keripik pisang

Bahan bahan :

  • pisang kepok atau raja
  • minyak goreng
  • garam secukupnya
  • air

Cara membuat:

  • Kupas pisang kemudian masukkan ke dalam air
  • angkat, dan parut pisang menggunakan parutan yang berbentuk sarang lebah
  • Masukkan air ke dalam wadah dan beri garam, masukkan pisang
  • Goreng pisang hingga matang dan tiriskan
  • Pisang siap di santap
9. Keripik Pisang Bumbu Soto

usaha keripik pisang

Bahan bahan :
– 3 sisir pisang kepok mentah

Bumbu :

  • 300 ml air matang
  • 1 sdm kaldu jamur
  • 2 sdm garam
  • 2 sdm bumbu soto, siap pakai
  • 1 sdt gula pasir
  • minyak goreng

Cara membuat:

  • Pisang di iris tipis tipis
  • Masukkan semua bahan bumbu
  • Tuang 3-4 sdm ke dalam wadah, dan lumuri pisang dengan bumbu
  • Panaskan minyak dan goreng pisang
  • Angkat dan sajikan
10. Keripik Pisang Pandan

usaha keripik pisang

Bahan bahan :

  • 7 lembar daun pandan, potong jadi 3 tiap lembarnya
  • bubuk vanila secukupnya
  • pisang
  • gula
  • minyak goreng
  • air

Cara membuat:

  •  Masukkan pandan ke dalam air yang di rebus dan tambahkan gula
  • Aduk hingga gula larut
  • Kemudian tunggu hingga dingin
  • Iris pisang sesuai selera
  • Tuang air gula ke pisang hingga rata
  • Panaskan minyak, lalu masukkan pisang
  • Pisang siap di santap
Hal yang paling penting dari berbisnis :
  • Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan, agar di berikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan bisnis yang sedang anda kerjakan.
  • Jangan putus dalam beribadah, karna ini mendekatkan diri kepada Tuhan. Jika kita dekat dengan Tuhan, maka apapun yang kita minta, pastilah Tuhan berikan.
  • Minta restu orang tua, istri/suami (jika sudah menikah), keluarga. Jika usaha anda di restui mereka, pastilah mereka akan mendoakan yang baik dan selalu mensupport usaha keripik pisang anda agar semakin maju.
  • Berusaha. Sesuatu yang di lakukan tanpa usaha hanya akan menjadi hal yang sia sia. Yang di maksud sia sia adalah, tak akan berguna juga apa yang akan kita lakukan. Jika kita membuka bisnis, dan kita hanya diam tak mau berusaha, maka sama saja.
  • Berpasrah diri kepada Tuhan. Jika hal diatas tadi sudah di lakukan semua, hal yang harus di lakukan selanjutnya adalah pasrah diri kepada Tuhan. Apapun yang Tuhan hendaki, pastilah itu yang terbaik untuk kita. Manusia bisa berencana, tapi Tuhan yang menentukan.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, bila terjadi kesalahan kata saya memohon maaf yang sebesar besarnya.

Untuk ide usaha lain : Ide Bisnis Makanan Online