Categories
Artikel

5 Usaha Makanan Kekinian yang Menghasilkan Omzet Jutaan

Usaha Makanan Kekinian – Usaha kuliner merupakan salah jenis bisnis yang tidak ada matinya, bahkan terus berkembang dengan segala inovasi. Perkembangan usaha kuliner yang cepat dipicu oleh meningkatnya kegemaran masyarakat yang suka jajan.

Masyarakat sekarang khususnya di perkotaan biasanya membuat budget tersendiri untuk jajan. Rata-rata dalam sebulan bisa menghabiskan 500 ribu hanya untuk jajan makanan. Hal ini membuktikan bahwa bisnis kuliner seperti jajanan atau cemilan akan tetap eksis.

Ini juga berarti peluang usaha dibidang makanan ringan atau cemilan sangat menarik dan menguntungkan. Dengan modal yang secukupnya asalkan anda tidak salah memilih jajanan yang akan dijual, anda bisa mendapatkat omset hingga jutaan.

Dari sekian banyak makanan yang bisa dijadikan ide usaha, beberapa usaha makanan kekinian atau populer patut anda jadikan pilihan bisnis cemilan anda. Dan juga cemilan kekinian tersebut tidak hanya booming sementara, namun bisa terus eksis bertahan kedepannya.

Berikut kami berikan informasi beberapa usaha makanan kekinian yang populer di masyarakat. Selain enak jajanan/cemilan kekinian merupakan hasil inovasi dari jajanan yang sudah ada sebelumnya.

5 Usaha Makanan Kekinian

Berikut beberapa cemilan kekinian dan populer yang bisa anda jadikan referensi usaha jajanan anda. Selain bisa menghasilkan omset yang tinggi, kemungkinan akan tetap eksis kedepannya.

1. Hot Dog Kentang

usaha makanan kekinian

Hot dog kentang atau lebih populer disebut hotang. Hotdog yang biasanya adalah roti yang debelah dan di isi denga sosis, lain hal dengan hotang. Hot dog kentang merupakan sosis yang ditutupi potongan-potongan kentang kemudian digoreng hingga garing.

Hotang aslinya berasal dari Korea. Mulai populer ketika makanan satu ini sering muncul di layar drama korea. Masyarakat Indonesia terutama remaja karena sering menonton drama Korea, menyebabkan jajanan hotang ini mulai dikenal di tanah air.

Sekarang dengan populernya hotang khususnya di kalangan milinial menjadikan hotang menjadi salah satu jajanan yang banyak peminatnya. Sudah banyak ditemukan outlet-outlet penjual hotang di beberapa kota. mengenahi cita rasa hotang Korea dan Indonesia tentu berbeda disesuaikan lidah masing-masing negara.

Bahan dan cara pembuatannya bisa dibilang cukup mudah. Sosis dan kentang yang menjadi bahan pokok jajanan ini sangat mudah didapatkat. Berikut resep sederhana hotang bisa anda pelajari,

Bahan-bahan :
  • Sosis – 6 buah
  • French fries – 500 gram
  • Minyak goreng – secukupnya
  • Tusukan sate – secukupnya
Pencelup :
  • 3 sdm tepung bumbu serbaguna
  • Tepung terigu – 2 sdm.
  • Tepung maizena – 1 sdm
  • Air matang – 60 ml
Pelengkap :
  • Saus Sambal – secukupnya
  • Saus Tomat – secukupnya
  • Mayonaise – secukupnya
Langkah :
  1. Jika sosis baru dari freezer dan beku, maka terlebih dahulu rebus sebentar lalu angkat dan tiriskan. Keringkat sosis dan tusuk dengan tusukan sate.
  2. Potong french fries(kentang goreng berbentuk panjang)kotak-kotak seukuran dadu 1x1cm
  3. Semua bahan pencelup campur dalam wadah, aduk hingga menjadi adonan yang lengket.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  5. Ambil satu tusuk sosis, celupkap dalam adonan kemudian gulung dalam potongan french fries hingga merata dan rapi, pastikan semua permukan tertutup potongan french fries. Ulangi langkah ini pada semua sosis.
  6. Kemudian goreng dalam minyak panas, tunggu sampai sosis berubah warna kecoklatan dan matang.
  7. Angkat dan tiriskan. Hotang siap dimakan.

Anda bisa memulai usaha makanan kekinian ini dirumah atau membuka outlet dipinggir jalan. Jika usaha ini dijalankan dengan tekun dan penuh inovasi pasti akan menghasilkan omset yang memuaskan.

2. Banana Nugget

usaha makanan kekinian

Inovasi memulai bisnis kuliner bisa datang dari mana saja, mulai dari melihat usaha yang sudah ada sampai membaca artikel tentang bisnis kuliner. Seperti halnya inovasi satu ini yaitu produk nugget dari pisang atau populer dengan sebutan Banana Nugget.

Nugget, pasti hal pertama yang orang pikirkan adalah makanan terbuat dari daging sapi atau ayam. Tetapi berbeda dengan jajanan kekinain satu ini. Nugget berbahan pisang bukan dari daging. Ya jajanan ini sedang hits-hitsnya, banyak digandrungi pemuda pemudi saat ini.

Usaha makanan kekinian banana nugget ini mulai populer di media sosial, menyebabkan banyak orang penasaran ingin mencobanya. Nugget ini dibuat berbahan dasar pisang dilumatkan lalu dicampur dengan tepung, telur, dan dilumuru tepung roti/panir.

Banana nugget bisa menjadi ide usaha makanan kekinian, tidak hanya karena sedang hits. Namun dengan menjaga kualitas dan terus berinovasi akan  mampu bertahan di pasar yang kompetitif.

Seperti kisah seorang memuda yang sukses mejalini binis Nugget Pisang ini. Dikutip dari finance.detik.com ia adalah Novan Nurul Alam pemilik sekaligis pendiri dari Simaduping, sebuah produk jajanan banana nugget yang ramai dan populer di kalangan anak muda.

Kisah Sukses Pemuda Bisnis Banana Nugget

Kata Noval ide mendirikan usaha ini sudah ada sejak dirinnya masih berprofesi sebagai jurnalis ekonomi. Setelah meninggalkan profesi jurnalis pada 2017, Novan pun memutuskan terjun ke dunia bisnis.

Keputusan Noval jualan banana nugget semenjak tertarik pada dunia bisnis. Waktu masih menjadi jurnalis ekonomi Novan melihat langsung ke lapangan. Sampai akhirnya pada 2017 memutuskan terjun langsung ke dunia bisnis kuliner banana nugget ini.

Alasan Novan memilih usaha tersebut karena cara produksinya mudah dan bisa dilakukan di rumah. Ia mengajak ibu-ibu tetanggannya untuk merintis usaha berbahan pisang tersebut.

Novan bercerita awalnya ia melihat banana nugget yang lagi viral kebanyakan hanya buah pisang berbalut tepung roti/panir. Akhirnya ia membuat menu olahan pisang jadi nugget, hal itu juga menambah masa kadaluarsa lebih lama.

Modal awal hanya Rp 800 ribu, Novan kemudian mencoba bisnis tersebut dibantu oleh tiga ibu-ibu tetangganya. Ia berkata peralatan yang digunakan hanya seadanya, biaya produksi ditekan seminimal mungkin.

Tenyata racikan olahan pisang darinya mendapat tanggapan positif dari konsumen. Usaha banana nuggetnya banyak disukai serta diminati masyarakat.

Padahal menurut Noval dalam promosi usahanya hanya memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram. Novan juga mempromosikan banana nuggetnya lewat Whatsapp dan Ojek online. Sekarang usahanya juga ikut di plarform Madhannya Kaesang. Katanya tidak ada biaya tempat hanya biaya produksi

Omzet yang didapatkan dari usahanya rata-rata mencapai Rp 15 juta/bulan. Harga dari banana nuggetnya, Novan menjual dengan harga kisaran Rp 20.000 – Rp 25.000/bungkus.

Walaupun mendapatkan omzet yang cukup besar dalam waktu singkat. Namun Novan mengatakan bukan tanpa hambatan dalam menjalankan bisnisnya. Sekarang ini banyak bermunculan tren makanan baru di masyarakat.

Untuk itu novan menggunakan berbagai strategi dalam bisnisnya  agar tetap mendapat tempat di hati penggan. Mulai dari menciptakan inovasi baru sampai menawarkan promo.

Namun Novan berkata intinya tujuan utama dalam bisnisnya adalah mengajak banyak orang untuk memulai bisnis walaupun dengan modal pas-pasan.

3. Usaha Makanan kekinian Dorayakiusaha makanan kekinian

Ide usaha makanan kekinian lain yang patut dicoba adalah Dorayaki. Dorayaki merupakan salah satu jenis kue berasal dari Jepang, tokoh kartun Doraemon sangat menyukai kue satu ini. Kue Dorayaki berbentuk bundar agak tembem, berisikan bebrbagai ragam seperti coklat dan kacang.

Dengan bentuk yang unik dengan cita rasa yang nikmat tidak heran dorayaki memiliki banyak penggemar. Memiliki rasa manis dengan tekstur yang empuk cocok dinikmati saat bersantai dengan keluarga.

Penikmat kue ini dari hari ke hari semakin meningkat. Menjadikan kue kekinian ini banyak penggemar mulai anak, dewasa, hingga orang tua. Untuk mendapatkan kue dorayaki ini sekarangat sangat mudah. Banyak penjual yang menjajakannya, dari penjual pinggir jalan, cafe, hingga restoran.

Dengan meningkatnya permintaan pasar menjadikan usaha kue dorayaki semakin menggiurkan. Peluang usaha ini masih terbuka lebar walaupun sudah banyak orang yang menjualnya. Yang perlu dilakukan adalah menciptakan nilai lebih terhadap produk kita seperti inovasi produk.

Jika anda berminat memulai bisnis kue dorayaki ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis dorayaki bisa berjalan dan berkembang. berikut hal-hal yang harus diperhatikan

1. Rencanakan dengan Matang

Semua bisnis yang dimulai dengan perencanaan yang matang, termasuk dalam bisnis kue dorayaki. Pastikan anda benar- benar merencanakan bisnis dengan matang. Hal tersebut akan membantun dalam menyelesaikan masalah jika kemudian hari ada.

2. Tentukan Target Pasar dengan Tepat

Carilah calon konsumen yang sesuai dengan bisnis kue dorayaki yang anda bangun. Anda harus yakin bahwa bisnis anda dapat bejalan dan berkembang. Fokuslah pada target pasar yang ingin anda raih. Berikan produk yang berkualitas, maka anda akan mendapatkan pelanggan yang loyal.

3. Siapkan Modal dan Konsep yang Jelas

Modal dan konsep yang jelas menjadi hal yang penting. Walaupun kedua hal tersebut tidak menjadi poin utama, namun dalam membangun sebuah bisnis keberadaanya diperlukan. Konsep yang baik dan tepat akan melancarkan membangun bisnis kue dorayaki dan keuntunganpun akan datang.

4. Pasarkan dengan Cerdas

Pemasaran produk merupakan hal paling krusial dalam berbisnis. Sukses tidaknya pemasaran akan berpengaruh pada jalannya bisnis. Meski mempunyai sebuah produk dalam hal ini kue dorayaki yang enak, namun pemasarnya kurang , itu akan sia-sia.

Di era digital saat ini manfaatkanlah media digital dalam melakukan pemasaran atau promosi kue anda. Pemasaran lewat media digital seperti facebook, instagram, dan whatsapp lebih efektif dan dapat mengurangi biaya operasional.

5. Selalu Berinovasi

Inovasi produk merupakn salah satu hal yang wajib dilakukan, jika ingin bisnis anda mampu bertahan. Sebuah inovasi terutama dalam bisnis ini yang memiliki pesaing banyak harus terus dilakukan agar mampu bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif.

Ciptakan produk yang beda dan unik dari yang lain. Buatlah pelanggan tertarik dan bertahan pada produk kue anda. Namun selain unik, kualitas produk kue anda harus tetap dijaga.

4. Kentang Super Panjang

usaha

Jajanan yang belakangan menjadi hits adalah kentang goreng ekstra panjang atau bahasa kerennya Extra-Long French Fries. Tren jajanan berbahan utama kentang ini bermula dari Jepang. Bisanya kentang goreng panjangnya cuma 5 cm, kentang versi ekstra ini dapat mencapai 30 cm.

Kentang ekstra panjang disajikan dalam keadaan hangat. Pelangkapnya bermacam-macam seperti saus gurih, manis, pedas dan yang paling diminati adalah toping keju dan mayones.

Jika anda berniat memulai bisnis kentang goreng ekstra panjang. Berikut kami berikan resep mudah yang bisa dicoba, tidak lupa siapkan sausnya sebagai pelengkap ataupun bisa menyiramnya dengan mayoneas atau keju panas.

Bahan:

  • 500 gram kentang
  • 150 gram tepung meizena
  • 50 gram keju parut
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 1 tangkai daun seledri, cincang halus (opsional)

Cara membuat:

  1. Pertama kupas kentang kemudian potong, lalu cuci bersih. kemudian kukus sampai matang dan sisihkan menunggu dingin.
  2. Setelah kentang dingin haluskan dengan sendok atau food processor.
  3. Uleni dengan garam, keju, merica, seledri. Lalu masukkan tepung meizena, uleni lagi hingga semua tercampur rata.
  4. Pipihkan adonan dengan alat rolling pin. lalu iris memanjang. Jika ingin mudah dan praktis gunakan alat press khusus.
  5. Siapkan wajan tuang minyak yang banyak, tunggu hingga panas. Kemudian goreng adonan kentang yang sudah diiris panjang. Goreng hingga matang bewarna keemasan.

Cukup mudah kan? usaha cemilan kentang goreng ekstra panjang ini bisa anda mulai. Bisnis bisa anda mulai dengan skala rumahan dahulu, kemudian jika sudah berkembang anda bisa menyewa tempat.

5. Takoyaki

 ringan

Satu lagi jajanan berasal dari Jepang, namun hits di Indonesia. Namanya adalah takoyaki bentuknya seperti bola-bola kecil bediameter 5 cm. Terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian potongan gurita. Tapi di Inodonesia takoyaki memiliki isian bervariasi mulai dai sosis, bakso, keju, daging dan ayam.

Cemilan bulat ini banyak digemari orang Indonesia karena cita rasanya yang gurih. Takoyaki mulai populer di Indonesia sejak sekitar tahun 2017 an. Waktu itu media sosial viral dengan makanan berbentuk bulat ini. Para pecinta kuliner pun mulai berburu jajanan takoyaki ini.

Namun walaupun sudah populer sejak tiga tahun lalu. Masih banyak permintaan dari konsumen, membuat usaha makanan kekinian satu ini patut diperhitungkan. Berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum memulai usaha makanan kekinian takoyaki.

Bahan Baku Takoyaki

Bahan pembuatan takoyaki cukup sederhana dan mudah didapatkan. Anda bisa membuat takoyaki persis asli ala jepang atau juga takoyaki dengan kreasi sendiri. Di Indonesia kebanyakan takoyaki dibuat dengan beraneka ragam pilihan variasi.

Mulai dari tambahan sosis, keju, udang, bakso, daging, ayam, hingga macam-macam sayuran. Anda bisa membuat takoyaki dengan kreasi sendiri yang memiliki ciri khas.

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat takoyaki diantaranya tepung, terigu, kaldu, telur ayam, baking powder, garam, air, cumi, daun bawang, kol, saus takoyaki, dan mayones. Pilihlah bahan yang berkualitas dan masih segar agar cita rasa takoyaki terjamin lezat.

Peralatan Bisnis

Peralatan dalam membuat takoyaki harus bagus dan tepat agar mendapatkan takoyaki yang pantas dijual. Alat utama dalam membuat takoyaki ini adalah mesin takoyaki atau cetakan. Pilihlah cetakan takoyaki yang anti lengket untuk memudahkan dalam produksi.

Satu cetakan takoyaki biasanya terdiri dari 16 lubang, sehingga sekali masak menghasilkan 16 buah takoyaki sekaligus. Selain cetakan peralatan yang dibutuhkan yaitu baskom, gelas ukur, pengaduk, pisau, telenan, dan sebagainya.

Harga Takoyaki

Jajanan takoyaki ini menjadi salah satu jajanan pinngir jalan yang banyak disukai orang karena rasanya enak dan harga yang terjangkau. Harga takoyaki pada umumnya berkisaran antara Rp 10.000 – Rp 20.000/porsi. Harga sesuai dengan jenis isi dan jumlah takoyaki.

Lokasi Bisnis Takoyaki

Supaya bisnis takoyaki cepat laku terjual maka pilihlah tempat usaha yang strategis dan ramai. Tempat yang ramai akan memberikan peluang usaha takoyaki akan laku besar. Selain itu usaha takoyaki anda akan cepat dikenal konsumen.

Strategi Bisnis Takoyaki

Dalam menjalankan usaha takoyaki diperlukan strategi yang tepat dan matang agar bisnis bisa berjalan lancar dan berkembang. Buatlah takoyaki yang enak, dan menarik serta berikan ciri khas. Hal tersebut  dilakukan agar usaha anda bisa diterima calon konsumen.

Selaim itu buatlah strategi promosi yang tepat, misalnya promosi lewat media sosial. Karena sekarang semua orang menggunakan media sosial, maka strategi ini akan lebih efektif dan efisien. Manfaatkan juga platform pesan makanan online yang ada sekarang untuk menjangkau pelanggan anda.

Itulah tadi 5 jenis usaha makanan kekinian yang berpotensi meraup untung jutaan rupiah. Jika anda tertari dengan salah satu bisnis jajanan tersebut maka lakukanlah dengan serius dan kesabaran.