5 Tips Sukses Memulai Usaha Makanan Ringan Bagi Pemula

usaha makanan ringan

Usaha makanan ringan semakin banyak diminati oleh masyarakat khususnya bagi ibu rumah tangga yang bisa melakukan usaha ini dari rumah. Usaha ini juga banyak dilakukan oleh para pekerja yang ingin memiliki usaha sampingan.

kebiasaan masyarakat yang cenderung konsumtif membuat permintaan akan makanan ringan semakin kesini semakin meningkat. Penggemar makanan ringan pun beragam mulai dari anak-anak, dewasa bahkan orang tua, sangat gemar ngemil.

Hal tersebut menjadikan bisnis usaha makanan ringan sangat menarik untuk dilakukan. Selain itu beragamnya jenis makanan ringan yang ada di Indonesia menambah nilai positif dalam merintis usaha makanan ringan.

Anda dapat memulainya dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui jenis makanan ringan apa yang sekarang menjadi tren dan diminati masyarakat. Target pasar juga penting untuk menentukan untuk siapa produk anda dijual.

Namun walaupun usaha makanan ringan menjanjikan dan terlihat mudah dilakukan, tapi jika tidak dilakukan persiapan yang matang dan keseriusan bisa tidak mungkin usaha anda tidak akan berjalan dan berkembang.

usaha makanan ringan

 

Karena peluang usaha makanan ini sangat diminati masyarakat, kondisi ini juga mengakibatkan terjadinya persaingan bisnis usaha makan ringan semakin hari semakin ketat dan kompetitif.

Untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif. Perlu mempersiapkan tips-tips dan strategi pemasaran yang efektif agar usaha makanan ringan anda bisa berjalan dan berkembang.

Berikut kami berikan informasi 5 tips memulai usaha makanan ringan anda, supaya bisa bersaing dalam pasar dan tentunya meningkatkan laba.

Tips Usaha Makanan Ringan

usaha makanan ringan

Untuk memdukung bisnis usaha makanan ringan anda, kami berikan beberapa tips mengembangkan usaha anda supaya bisa bersaing dan mendapatkan laba yang baik.

1. Kualitas Produk yang Bagus

Dalam pemulai usaha makanan ringan hal pertama adalah pilihlah bahan baku yang berkualitas baik, karena akan mempengaruhi kualitas rasa yang dihasilkan. Gunakan bahan yang masih segar, higenis, serta tidak mengandung bahan pengawet kimia.

Bahan baku berkualitas yang baik akan menghasilkan makanan dengan cita rasa enak dan berlaku juga sebaliknya. Kualitas cita rasa akan mempengaruhi calon konsumen kita, walaupun ada yang sama menjual makanan ringan seperti kita, tapi rasa tidak akan bohong.

Pelanggan tentu akan memilih makanan yang memiliki cita rasa enak  dan berkualitas bagus. Pelanggan akan datang dengan sendirinya dan tentunya loyalitas pelanggan dengan mudah kita dapatkan.

Agar mendapatkan kualitas produk makanan ringan yang bagus maka pengolahannya juga harus benar. Untuk mempermudah olahan makanan ringan seperti keripik bisa menggunakan mesin vacuum frying. Itulah pentingnya menjaga kualitas produk makanan ringan kita.

2. Inovasi dan Kreasi

Persaingan di usaha makanan ringan tentu tidak bisa terelakkan. Menjual jenis makanan yang sama persis dengan produsen lainya kemungkinan kecil usaha kita akan bisa bertahan. Ciptakan jarak dengan pesaing anda dengan mulai berinovasi.

Buatlah produk yang lebih kreatif dan inovatif serta memberikan nuansa baru pada produk makanan ringan anda agar terlihat kekinian. Makanan ringan kekiniaan biasanya cepat dengan mudah dikenal masyarakat. Inovasi juga membuat makanan terlihat unik, berbeda, dan mudah diingat.

Dapat kita lihat dan rasakan sendiri bahwa makanan ringan yang memiliki keunikan dan kekinian akan mendapat perhatian lebih di masyarakat khususnya kaum milinial. Hal itu akan meghasilakan keuntungan besar.

Untuk bisa mendapatkan ide masakan yang kekinian dan unik tentunya anda harus sering-sering berburu makanan ringan. Dimanapun anda bisa hunting makanan, seperti rumah makan tradisional, pasar-pasar baik tradisional maupun modern. Sehingga anda bisa mendapatkan ide usaha makanan ringan kreatif dan tentu meguntungkan.

Namun perlu diingat menciptakan makanan yang kreatif dan unik harus juga diimbangi dengan cita rasa yang enak. Tidak bisa hanya mementingkan bentuk saja yang unik tapi cita rasa tidak jelas. Kombinasi antara rasa yang enak dan bentuk yang unik bisa membuat usaha makanan yang menguntungkan.

3. Kemasan Usaha Makanan Ringan

Pelaku usaha makanan ringan pasti menginginkan produk mereka memiliki citra bagus di mata konsumen. Cinta produk yang baik akan menjaring para pelanggan sebanyak mungkin, hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan produk kita. Dan pada pada akhirnya akan mengangkat peforma usaha makanan kita.

usaha makanan ringan

Terus bagaimana caranya menciptakan citra produk yang baik bagi pelanggan?. Selain dengan melakukan public relation, citra produk juga bisa dibangun dengan dari tampilan produk yang mereka jual. Tampilan produk berarti adalah kemasan produk, produsen harus mampu menciptakan kemasan produk yang bisa menarik pelanggan.

Tapi banyak produsen tidak menyadari bahwa kemasan produk mempengaruh angka keberhasilan penjualan. Apalagi para pelaku usaha baru yang hanya menciptakan suatu produk namun tidak memperhatikan kemasan yang digunakan.

Konsumen memiliki kecenderungan ketika akan membeli sesuatu, yang diperhatikan pertama kali adalah kemasan produk. Kesan pertama akan sangat penting untuk membuat pelanggan loyal terhadap produk kita.

Tips Sukses Membuat Kemasan Produk

Dalam membuat kemasan produk perlu diperhatikan desain dan bentuk kemasan yang diminati para pelanggan. Berikut tips yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan produk usaha makanan ringan.

makanan

1. Ciptakan Kemasan Produk yang Menarik dan Unik

Usahakan membuat kemasan produk yang berbeda dan belum pernah digunakan orang lain. Sehingga bisa menciptakan kemasan yang unik dan mempunyai ciri khas sendiri dibandingkan kemasan produk lain yang sejenis.

2. Sesuaikan Kemasan dengan Isi Produk

Buatlah desain kemasan yang mendripsikan produk makanan ringan anda. Misalnya menawarkan keripik singkong, maka kemasan dapat didesain dengan gambar atau animasi singkong. Sehingga konsumen tidak akan salah pilih dengan produk yang mereka inginkan.

3. Ciptakan Kemasan dalam Berbagai Ukuran

Tujuan dari dibuatya kemasan berbagai ukuran dari kecil sampai besar adalah memudahkan konsumen dalam memilih produk kita. Karena tidak semua konsumen membutuhkan produk kita dalam jumlah besar. Konsumen cenderung ingin membeli produk dengan ukuran kecil dengan alasan harga yang murah.

4. Pilihlah Kemasan yang Sesuai Karakter Konsumen

Buatlah sebuah kemasan produk yang sesuai dengan karakter calon pelanggan atau konsumen. Misalnya kemasan produk sesuai target pasar yang ingin diperoleh, dapat dibedakan berdasarkan umur dan jenis kelamin konsumen.

4. Strategi Pemasaran yang Efektif

Pemasaran terhadap sebuah produk merupakan hal yang sangat penting. Tanpa pemasaran yang tepat sebuah produk tidak akan mendapatkan nilai, sebagus apapun suatu produk itu. Apalagi dalam merintis usaha makanan ringan, pemasaran merupakan hal yang wajib dilakukan.

Dalam pemasaran produk dulu dan sekarang sangat berbeda. Sekarang dengan berkembangnya teknologi anda bisa memanfaatkanya agar biaya oprerasional lebih efisien. Sedangkan dulu produsen masih menggunakan cara konvesional dalam pemasaran produk.

Setiap produsen atau perusahaan tentu memiliki karateristik masing-masing. Karena hal itu dalam menentukan strategi pemasaran memiliki cara yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang cocok dengan strategi A namun tidak dengan perusahaan lain.

Sekarang dengan kemajuan teknologi, semua perusahaan melakukan pemasaran produknya menggunakan media online. Seperti halnya usahan makanan ringan, harus bisa memanfaatkan strategi ini dalam merintis dan mengembangkan produknya.

Stategi Efektif Dalam Pemasaran Produk

Berikut ini kami berikan beberapa strategi yang dapat anda terapkan dalam melakukan pemasaran suatu produk, seperti dalam usaha makanan ringan anda.

makanan

1. Kenali Pasar atau Pelanggan Anda (Riset Pasar)

Melakukan riset pasar adalah hal terpenting pertama yang harus dilakukan. Karena pasarlah yang menggnakan produk anda. Anda menciptakan produk karena pasar membutuhkan. Jika anda tidak bisa mengenali pasar yang akan anda kuasai, bisa dikatakan produk anda telah gagal sejak awal.

Lalu apakah yang harus dilakukan untuk mengenali pasar anda? Caranya yaitu teliti terlebih dahulu siapa atau kalangan mana yang akan menggunakan produk anda. Contohnya, misalkan produk usaha makanan ringan anda adalah Stik Coklat.

Untuk itu anda bisa memulai membidik pasar yang sesuai dengan produk anda, seperti anak-anak dan remaja usia 5-20 tahun. Dengan demikain pasar yang anda kuasai semakin kecil, ini adalah hal yang bisa sangat menguntungkan anda.

Karena semakin kecil target pasar yang anda kuasai semakin besar pula peluang anda untuk sukses di pasar tersebut. Selain itu anda bisa lebih fokus dalam menciptakan produk dan memberikan pelayanan yang maksimal bagi pelanggan anda.

2. Gencarkan Promosi

Kemudian setelah melakukan strategi mengenali pasar, selanjutnya adalah melakukan promosi yang terus menerus terhadap produk usaha makanan ringan anda. Lakukanlah promosi yang inovatif dan sekreatif mungkin agar bisa menarik pelanggan.

Anda bisa melakukan promosi secara terus menerus dan konsisten supaya pasar mengingat produk anda. Promosi produk bisa dilakukan dengan menyebar brosur ke calon pelanggan, namun di era digital ini manfaatkanlah media digital seperti media sosial untuk mengenalkan produk anda ke pelanggan.

Selain itu ada teknik promosi yang disebut mouth to mouth atau word to mouth. Promosoi ini seperti jka ada pelanggan yang suka atau kurang suka terhadap produk kita, mereka akan menceritakan kepada orang lain. Ketika mereka merasa sangat suka, itu adalah hal bagus.

Tapi kalau mereka kurang suka, anda bisa tetap konsisten menciptakan produk yang berkualitas. Terus ciptakan usaha makan ringan anda yang memiliki kualitas rasa yang enak, sehingga pelanggan tidak akan kecewa.

3. Pilih Tempat Usaha yang Strategis

Selanjutnya strategi pemasaran usaha makanan ringan anda yaitu pilihlah tempat usaha yang stategis. Dalam memulai usaha makanan anda bisa memilih tempat atau mendirikan gerai di tempat yang trategis.

Lakukanlah survei tempat dahulu sebelum menentukannya. Pilih tempat yang banyak terdapat target pasar anda stategis. Tempat yang trategis harus mudah dijangkau dan di akses oleh pelanggan. Pemilihan tempat yang mudah dijangkau dan di akses ini akan menambah peluang gerai anda ramai pelanggan.

4. Gunakan  Online Marketing

Manfaatkan perkembangan teknologi sekarang ini. Anda harus bisa memaksimalkan teknologi untuk membangun dan mengembangkan usaha makanan ringan. Pemanfaatan teknologi juga akan meminimalkan biaya operasional lain.

Salah satunya anda bisa menggunakan Search Engine Optimization (SEO) dan Sosial Media Optimizatian sebagai online marketing. Kedua cara tersebut sangat efektif dalam memasarkan produk seperti usaha makanan ini.

Produk makanan ringan anda dapat dengan mudah ditemukan oleh pelanggan. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media selain sebagai pemasaran juga sebagai penjualan. pelanggan bisa melakukan pembelian lewat media sosial.

Online marketing akan meminimalisirkan pengeluarkan anda. Tidak perlu untuk melakukan pemasaran kovesional seperti memasang baliho atau spanduk. Karena sudah digantikan dengan online marketing.

5. Pengelolaan Keuangan yang Cerdas

Tips selanjutnya dalam memulai bisnis usaha makanan ringan adalah pengelolaan keuangan yang baik. Ketika usaha makanan anda sudah berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat serta memperoleh keuntungan yang tinggi, pengelolaan keuangan merupakan hal yang krusial dan penting.

Pengelolaan keuangan yang cerdas sangat penting. Milikilah catatan keuangan yang baik, pisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Keuntungan yang anda dapatkan bisa digunakan untuk mengembangkan usaha dan pastikan tidak ada kebocoran keuangan.

Di era digital ini sudah banyak menyediakan software akuntansi online yang memiliki banyak keunggulan. Gunakanlah teknologi tersebut untuk mengelola keuangan anda, karena jika dilakukan secara manual rentan akan kesalahan dan juga memakan waktu lama.

Software akuntansi online bisa melakukan berbagai pengelolaan keuangan seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran, mengecek ketersediaan barang secara reltime, melihat laba rugi perusahaan, hingga membuat laporan keuangan kapan dan dimanapun.

Demikian Beberapa tips untuk anda yang ingin merintis usaha makanan ringan. Sebenarnya banyak faktor lainya yang menentukan sukses tidaknya bisnis anda. Terpenting anda harus siap jatuh bangun dalam membangun usaha anda.

Jenis Makanan Ringan di Indonesia

Berikut kami tambahkan informasi mengenahi jenis-jenis makanan ringan yang ada di Indonesia. Di Indonesia memiliki cukup banyak makanan ringan yang tersebar di seluruh wilayah mulai makanan tradisional hingga yang kekinian.

usaha makanan ringan

1. Cireng Jawa Barat

Cireng adalah makanan yang sangat populer. Walaupun cireng berasal dari jawa barat namun sekarang sudah terdapat dimana-mana. Cireng yang berbentuk bulat panjang lalu digoreng merupakan makanan pinggir jalan yang enak dan mengenyangkan.

Semua kalangan menyukai makanan berbahan aci ini. Oleh karena itu banyak penjual mulai berinovasi dengan jajanan ini, baik produk maupun cara menjualya. Inovasi seperti cireng isi sosis, telur, bakso, daging, dan lainya.

Cara menjualnya pun juga berinovasi tidak lagi melulu dipinggir jalan, namun sudah merambah pasar online. Misalnya penikmat cireng bisa membeli cireng langsung dari Bandung jika menginginkannya. Ide usaha makanan ringan yang menjanjikan.

2. Stik Talas

Makanan ringan satu ini sekarang cukup populer dengan bentuk kecil panjang dengan rasa gurih. Awalnya stik talas belum banyak orang yang tau, tapi makin kesini makin banyak penggemarnya.

Talas sendiri merupakan jenis imbi-umbian yang tumbuh subur di daerah tropis seperti indonesia. Stik talas yang cukup terkenal adalah stik talas Pontianak. Stik talas khas Pontianak memiliki rasa yang enak dan bumbu yang berbeda dari stik talas lainya.

Cara pembuatannya terbialang mudah, cukup memilih talas yang bagus mengupasnya dan potong kecil panjang berbentuk stik, kemudian goreng dan memberi bumbu.

3. Keripik Pisang Khas Lampung

usaha makanan ringan

Pisang merupakan buah paling populer di Lampung. Hasil bumi yang melimpah ini menjadikan Lampung dikenal sebagai penghasil keripik pisang berbagai rasa. Rasa yang ditawarkan seperti manis, asin, keju, susu, coklat, kopi, mokha, balado, sapi panggang hingga rasa duren tersedia.

Banyak dijumpai toko/gerai yang khusus menyediakan kripik berbagai rasa. Usaha ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lampung. Selain banyak tersedianya pisang, cara membuatnya sangat mudah. Pisang dipotong tipis-tipis kemudian digoreng dan diberi rasa sesuai keinginan.

Ya itulah beberapa usaha makanan ringan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam memulai bisnis di bidang makanan ringan. Selain itu, masih ada banyak ide dan peluang usaha menarik di era yang semakin cangguh ini