Categories
Artikel

Usaha Makanan Unik Yang Wajib Dicoba Untuk Para Pemula

Usaha makanan unik merupakan usaha yang mengandalkan bebrapa makanan yang divariasi sehingga menimbulkan keunikan tersendiri dan menghasilkan ketertarikan kepada seseorang yang melihatnya.

Usaha makanan emang gak ada matinya. Selalu ada yang baru dan pasti memberi untung. Contohnya aja usaha makanan unik dan kreatif. Usaha makanan yang satu ini udah terbukti sukses bikin banyak orang penasaran.

Cukup banyak lho orang yang menjalankan usaha makanan unik dan kreatif lalu berhasil. Dulu kita sempat dibuat penasaran dengan munculnya keripik Maicih. Lalu, ada minuman es kepal Milo yang sempat jadi viral.

Bisnis makanan unik makin menjanjikan seiring pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Melihat konsumen yang suka “coba-coba”, usaha makanan unik tentu bisa beri kamu benchmark untuk bersaing dengan bisnis makanan yang telah berdiri lebih lama.

Banyak bisnis makanan unik kekinian yang sukses menyambut kebutuhan tinggi masyarakat akan jenis fusion makanan favorit mereka.

Yang perlu kamu lakukan sebelum bikin usaha, lihat tren bisnis makanan unik yang sedang diminati. Ini penting, karena biasanya ketika green tea dan matcha latte sedang populer, begitu banyak waralaba ikut bikin bisnis yang sama.

Nah, kalau sekarang, kira-kira apa ya usaha makanan unik dan kreatif yang bisa menghasilkan untung? Moneysmart punya daftarnya nih. Dicek yuk!

Usaha Makanan Unik Dan Menarik

1. Usaha Makanan Unik Tahu Kribo

Namanya aja udah unik, apalagi bentuknya. Berdagang tahu kribo bisa menjadi pilihan yang bisa kamu ambil buat menjalankan usaha makanan unik dan kreatif lho.

Bedanya tahu kribo dengan jajanan tahu lainnya terletak pada proses pembuatannya. Tahu kribo dibuat dengan menghancurkan tahu terlebih dahulu kemudian dicampur dengan tepung beras, tepung kanji, dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Setelah itu, baru digoreng.

Modal yang dikeluarkannya pun gak besar-besar amat. Kamu bisa bikin tahu kribo dengan dana gak sampai Rp 100 ribu lho.

2. Usaha Makanan Unik Belalang Goreng

Makanan yang satu ini bukan cuma unik, tapi sedikit ekstrem. Walaupun begitu, makanan ini bukan berarti gak ada yang mau makan ya. Cukup banyak kok orang yang pengin tahu rasa dari belalang goreng yang kabarnya nikmat.

Gak cuma bisa menjadi peluang usaha, konon nih mengonsumsi belalang goreng bisa mendapat manfaat, seperti mencerdaskan otak, mempercantik kulit, hingga menjaga kesehatan tulang.

Kabarnya nih usaha berdagang belalang goreng ini bisa menghasilkan omzet dari Rp 400 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Mantap banget, kan!

3. Usaha Makanan Unik Burger Hitam

Usaha makanan unik dan kreatif lainnya yang bisa kamu pilih adalah usaha berjualan burger hitam. Melihat warna burger yang gak biasa bikin orang-orang kepengin tahu rasa dari burger yang satu ini. Buat resepnya, kamu bisa mengetahuinya dari ulasan-ulasan online.

Modal yang perlu disiapkan buat menjalankan usaha burger hitam diperkirakan mencapai Rp 5 jutaan. Omzetnya sendiri bisa tembus Rp 10 jutaan lho per bulan.

4. Usaha Makanan Unik Asinan Rambutan Kiamboy

Pernah mencicipi buah rambutan yang dijadikan asinan? Rupanya buah rambutan yang jadi asinan berhasil menarik minat banyak orang lho. Pastinya makanan ini boleh banget jadi usaha makanan unik dan kreatif.

Cara membuatnya pun terbilang mudah dan modal yang mesti disiapkan pastinya gak besar-besar amat. Pokoknya cocok deh buat kamu yang pengin jalankan usaha tanpa keluar modal banyak.

Tapi berhubung rambutan itu buah musiman, kayaknya kamu bakal lebih leluasa buka usaha ini saat musim rambutan. Soalnya, bakal lebih gampang cari bahan bakunya dan lebih murah pula!

5. Usaha Makanan Unik Semangka Goreng

Biasanya buah semangka dimakan sebagai pencuci mulut. Lain cerita dengan makanan unik yang satu ini. Buah semangka yang bisa langsung dimakan justru malah digoreng dulu.

Sebenarnya, proses pembuatan semangka goreng ini mirip-mirip dengan proses pembuatan pisang goreng. Bisa dibilang pembuatannya simpel dan dana yang dihabiskan juga gak terlalu banyak. Pas nih buat yang pengin jalankan usaha makanan unik dan kreatif bermodal minim.

6. Usaha Makanan Unik Ice Cream Goreng

Berikutnya adalah usaha es krim goreng yang bisa jadi pilihan usaha makanan unik dan kreatif. Kabarnya nih usaha yang satu ini bisa mencetak omzet hingga Rp 20 juta per bulannya lho.

Udah gitu, memulai usaha ini gak ribet. Cukup dengan modal mulai dari Rp 7 jutaan, kamu bisa menjalin kemitraan dengan sejumlah franchise es krim goreng. Dari modal segitu, kamu bakal menerima booth, perlengkapan jualan, pelatihan, dan bahan baku.

7. Dadar Gulung Coklat

Kalau dadar gulung yang berwarna hijau tampak biasa buat kamu, gimana dengan dadar gulung cokelat? Tentu saja warna yang cokelatnya akan membuat sobat berhasrat unutk mencicipi makanan unik yang satu ini.

Dengan bermodalkan Rp 3 jutaan, usaha dadar gulung cokelat berpotensi mencetak omzet hingga Rp 9 jutaan tiap bulannya. Cara membuat dadar gulung cokelat sendiri terbilang mudah dan bisa kamu dapatkan infonya dengan gampang di internet.

8. Cokelat Dodol

Makanan unik selanjutnya dan yang mempunyai peluang yang dapat mendatangkan omzet yang menjanjikan adalah makanan cokelat dodol. Ada beberapa cara untuk membuatnya yang dapat sobat jalankan untuk memperoleh keuntungan dari usaha makanan unik dan kreatif ini, yaitu membuat lalu menjualnya ataupun cuma menjualnya.

Cukup banyak orang juga yang telah sukses dengan berjualan cokelat dodol yang satu ini. Dan salah satunya adalah Kiki Gumer, CEO PT Tama cokelat di Indonesia. Dan seperti yang sudah diberitakan di Liputan 6, Kiki mengaku cokelat dodol yang dujualkanya dapat mendatangkan omzet sampai Rp 4,5 miliar setiap tahunnya.

9. Oreo Goreng

Tidak disangka bahwa sanck makanan oreo yang enak itu dengan diberi variasi akan semakin enak lagi dan dijadikan Oreo goreng lho. Makin mantap lagi kalau mendapatkan omzet dari menjual makanan ini.

Membuat Oreo goreng itu gak sulit. Udah gitu informasi resepnya mudah sekali ditemukan di internet. Infonya nih jualan Oreo goreng dalam sebulan bisa hasilkan omzet hingga Rp 10 juta.

10. Pudding Roti

Jika sobat pernah membayangkan bagaimana jadinya jika puding dan roti dikombinasikan sebagai makanan yang sangat enak? Dan ternyata keduanya dapat menjadi makanan kombinasi yang nikmat lho.

Tidak cuma nikmat, tapi makanan puding roti dapat menjadikan usaha makanan yang akan memberi omzet yang lumayan menjanjikan lho. Dengan proses pembuatannya yang mudah dan dengan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

11. Seblak Seafood

Begitu juga dengan seblak seafood. Pilihan usaha makanan kuliner satu ini dapat dijadikan sebagai peluang untuk meraih keuntung dengan bermodalkan cukup murah. Bikin makanan yang satu ini juga gak ribet-ribet amat kok. Terus bahan-bahannya juga terbilang masih terjangkau.

Satu lagi nih yang perlu kamu tahu. Orang-orang yang suka seblak itu cukup banyak lho. Jadi, gak usah khawatir gak laku deh.

12. Cheese Tea

Mungkin kamu udah pernah dengar sebelumnya kreasi minuman yang satu ini. Namun, bukan berarti menjual minuman ini gak bisa memberi omzet ya. Cukup banyak lho orang yang suka cheese tea. Dengan kata lain, menjual minuman ini berpotensi memberikan untung.

Supaya tidak susah dalam memulainya, sobat dapat menjalin kemitraan kerja dengan franchise alias waralaba yang telah ada. Modal investasi yang disiapkan mulai dari Rp 10 jutaan. Sementara omzetnya per bulan nih bisa mencapai Rp 13 juta.

13. Steak Tempe

Jika sobat pernah nyobain makanan steak tempe? Nah, makanan yang unik satu ini tidak kalah enak dari steak dengan daging lho. Dan bahan – bahan yang digunakan cukup terjangkau dan mudah untuk didapatkan.

Dan pastinya, dapat membuka peluang usaha makanan yang unik dan kreatif dan dapat berpeluang untuk mencetak keuntung yang lumayan lho. Apalagi namanya yang membuat orang akan penasaran, seperti apa rasa dari makanan steak tempe ini apakah enak atau malah enak banget.

14. Ramen Burger

Jika sobat suka makan ramen dan burger? Kedua jenis makanan dari budaya Timur dan Barat ini kini rupanya ada fusion tersendiri dan menjadi satu, lho, oleh para pebisnis usaha ini satu ini!

Ramen kering biasa dijadikan untuk pengganti roti bun burger sebagai pengapit daging hamnya. Usaha ramen burger ini umumnya membutuhkan modal Rp5 juta per bulan dengan omzet hingga dua kali lipatnya!

15. Peach Gum Desert

Makanan penutup ini sedang hits belakangan ini. Peach gum ini terbuat dari bahan resin alami yang dikeluarkan dari pohon persik dan menghasilkan bentuk kristal mempunyai warna kuning.

Getah persik dengan tekstur lembut dan halus ini kaya akan kolagen, asam amino, dan serat. Dengan khasiat untuk mengencangkan dan melembutkan kulit, kandungan kolagen dalam jenis makanan unik ini tentu jadi daya tarik jenis makanan unik ini. Tertarik jadi pebisnisnya?

16. Dadar Gulung Cokelat

Dadar gulung biasanya berwarna hijau. Tapi, ini saatnya untuk tidak jadi biasa-biasa saja. Dadar gulung cokelat jadi salah satu makanan unik yang jadi tren di kalangan milenial hari ini.

Dengan modal hanya Rp3 juta saja, kamu sudah bisa bikin usaha ini dan cetak omzet hingga Rp9 juta setiap bulannya.

17. Croquette sandwich

Kroket yang berasal dari Jepang, dibuat dengan kentang yang dihaluskan dan dicampur daging, mayonaise, dan parsley biasanya berbentuk bulat.

Tapi, kini kamu bisa temukan kroket dalam bentuk sandwich, dipadukan dengan jenis makanan khas Eropa ini.

Dengan peluang usaha makanan unik ini dapat sobat coba dengan bermodalkan saos mayonaise, keju dan saus tomat, roti sandwich, dan isian kroket dengan bahan – bahan itu sobat dapat membuatnya. Modalnya sekitar Rp3-10 juta saja per bulannya!

18. Ice Cream Pisang

Usaha makanan unik yang dapat menjadi alternatif bisnis sobat selanjutnya adalah es krim buah pisang. Seperti yang sudah kita ketahui, pisang merupakan buah yang sudah banyak dikonsumsi oleh para masyarakat di Indonesia.

Dan keberadaan stok buah pisang sangat melimpah ruah, dalam hal ini berdampak harganya menjadi tetap stabil di pasaran. Dan ini dapat menjadi peluang besar bagi sobat untuk memulai usaha es krim pisang.

Cara membuat es krim pisang sangat mudah, yang perlu sobat persiapkan adalah pisang 1 batang, tusuk es krim, coklat batangan, dan freezer. Pertama pisang dipotong menjadi 2 bagian, kemudian tusuk dengan tusuk es krim yang sudah disiapkan. Kedua, masukan pisang yang sudah ditusuk ke dalam freezer hingga membeku.

Ketiga, lelehkan cokelat batangan. Setelah pisang di dalam freezer membeku, masukan pisang tersebut kedalam lelehan cokelat sampai merata tertutup semua. Kemudian tambahkan toping beraneka rasa agar rasanya lebih enak dan menarik bagi pembeli.

19. Kentang Tornado

Tidak kalah menarik dengan Lumpia Boom. Makanan kentang tornado ini merupakan ide usaha makanan unik yang dapat menjadi pilihan usaha sobat. Cemilan lezat ini disebut juga Kentang Ulir atau Kentang Spilar. Cara membuatnya mudah, kentang diiris-iris tipis, lalu ditusuk menggunakan lidi atau tusukan lain yang terbuat dari bambu.

Irisan kentang yang ditusuk kemudian disusun rapi, mirip dengan tornado. Langkah selanjutnya tinggal digoreng, tapi sebelumnya telah dicampuri resep khusus sehingga rasanya berbeda dari yang lain.

20. Keripik Kering Dari Buah – Buahan

Usaha makanan unik selanjutnya yaitu keripik dari bahan buah -buahan segar. Keripik merupakan salah satu makanan cemilan yang wajib bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Dengan adanya ide untuk membuat keripik dari bahan buah merupakan sebuah inovasi baru supaya lebih menarik minat bagi para pembeli.

Jenis keripik dari buah-buahan juga sudah banyak ditemukan di beberapa toko penjual oleh-oleh khas, khususnya di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Ide usaha kreatif ini dapat Anda tiru dan lakukan juga menjadi bisnis yang akan Anda tekuni dengan serius.

Keberadaan bahan dari buah banyak tersedia di pasaran, namun tidak semua buah bisa dijadikan keripik. Setelah menemukan buah yang dirasa tepat dan cocok, tinggal anda mencari resep untuk membuatnya. Setelah jadi, buatlah kemasan se-menarik mungkin agar memiliki nilai jual yang tinggi.

21. Klepon Warna – Warni

Klepon warna warni merupakan makanan khas pasar tradisional yang sangat dicari oleh para masyarakat. Dengan rasanya yang manis dan kenyal dimulut. Kemudian gurih dan nikmat, seolah-olah dibuat dengan bahan dengan zat tertentu sehingga membuat si pemakan merasa ketagihan untuk memakanya lagi.

Kebanyakan makanan klepon berwarna hijau muda, dengan balutan parutan kelapa. Dengan ide membuat klepon warna – warni ini dapat menjadikan salah satu peluang usaha yang dapat sobat coba dan tekuni. Buatlah warna klepon yang bervariasi, seperti kuning, merah, biru, ungu dan lainnya.

Selain contoh usaha kuliner kreatif yang sudah disebutkan diatas, beberapa ide bisnis inovatif lain yang dapat Anda coba seperti Bento (makanan untuk bekal anak dengan bentuk lucu), Burger Mie, Es Pelangi, Cokelat Stick, Oreo Goreng, Tahu Brintik, Tahu Gejrot, Tahu Bulat, Tahu Pletok, Salad Goreng, Pastel Keong, Pizza Mini, Es Krim Goreang, dan lain sebagainya.

22. Kue Cubit

Tidak jauh berbeda dengan makanan martabak manis, makanan yang satu ini telah banyak digemari oleh masyarakat, terutama dengan harganya yang cukup murah meriah sehingga banyak orang yang minat dengan makanan satu ini. Saking populernya, kue cubit ini tidak hanya bisa anda temui pada pedagang kaki lima di pinggir jalan, tetapi juga di supermarket besar.

Sama dengan martabak manis, kue cubit ini juga memerlukan tambahan topping. Untuk jenis toppingnya sendiri juga sama, yakni seperti cokelat, meses, keju, kacang, dan masih banyak lagi. Sediakan juga minuman seperti teh dan kopi, dan satu hal yang penting yakni sediakan juga wifi.

23. Keripik Tempe

contoh usaha makanan keripik tempe, kalau makanan ini, saya sering menkomsumsinya, dan rasanya sungguh gurih dan sangat cocok di pergunakan untuk lauk makanan jikalau sobat tidak ada kerupuk dirumah. Dan bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini juga sangatlah mudah, yitu tempe.

Mungkin usaha kuliner ini sudah banyak peminatnya, dan usahakan sobat memberikan sesuatu yang berbeda supaya pengunjung sobat tetap betah dan ingin kembali untuk membeli keripik tempe yang sobat buat.

Atau sobat juga dapat mengemas dan menjualnya berbagai toko semisal di indomaret, alfamart, dan supermarket yang berada dekat rumah sobat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk sobat yang sedang membuka usaha kecil – kecilan. Dan terimakasih juga karena sudah mengunjugi artikel ini.

Dan saya juga mohon maaf jika ada salah dalam pengejaan kata yang mungkin membuat sobat menjadi kurang untuk memahami kata – kata yang saya buat ini, sekian dan terima kasih.